Qualcomm dan Mediatek, mana yang lebih bagus?

Qualcomm dan Mediatek, mana yang lebih bagus? 1

Dunia teknologi gak rame ya tanpa yang namanya Handphone. Ada teknologi, pasti juga ada pertimbangan untuk membelinya bukan ? Salah satunya adalah performa prosesor, yuk ikutin penjelasannya!

Mediatek & Snapdragon
Mediatek & Snapdragon

Umumnya hanya ada 2 merk prosesor yang banyak diketahui soal persaingan dan performanya yang baik. Yaitu, Qualcomm (Snapdragon) dan Mediatek (Helio & Dimensity). Lalu, yang mana yang lebih baik?

Qualcomm (Snapdragon)

Prosesor Snapdragon kelas mid-range
Prosesor Snapdragon kelas mid-range

Prosesor ini sangat terkenal dengan kinerjanya yang stabil dan hemat daya. Prosesor terbarunya Snapdragon 888 yaitu kasta tertinggi prosesor Snapdragon sejauh ini, sudah mendukung jaringan 5G yang disebut sangat jauh lebih cepat dibandingkan 4G. Jelas dengan kekuatan CPU yang tinggi, serta dukungan GPU milik Qualcomm yaitu Adreno 660, sudah pasti segala game berat bisa dijalankannya dengan lancar.

Namun, harga dari handphone dengan prosesor snapdragon memiliki harga yang relatif tinggi sehingga kita harus mengeluarkan uang lebih banyak ya untuk performanya yang sepadan ini. RAM yang digunakan untuk prosesor Qualcomm Snapdragon ini juga tergolong harus besar, umumnya RAM yang digunakan diatas 4GB karena GPU Adreno membutuhkan RAM besar untuk bekerja dengan optimal.

Untuk harganya yang relatif mahal tetapi memiliki performa gaming yang lancar, prosesor dari Qualcomm ini hemat dalam penggunaan baterai loh! Meskipun performa yang baik hanya bisa ditemukan di 600 series keatas.

Bagaimana dengan pesaing beratnya Mediatek?

Mediatek (Helio)

Mediatek Helio G series
Mediatek Helio G series

Mediatek menciptakan cukup banyak seri untuk jenis Helio yaitu, seri A, P, X, dan G dengan kelas tertinggi ada di seri G yang memiliki performa yang cukup bisa menyaingi beberapa jenis prosesor snapdragon. Prosesor terbaru di seri Helio ini adalah G95 yang memiliki performa yang baik pada game berat seperti PUBG Mobile. Dengan GPU Mali yang dibawanya, beberapa gameplay dibilang sangat lancar. Namun sangat banyak mengkonsumsi baterai. Sehingga baterai yang digunakan pada handphone yang menggunakan prosesor Helio milik mediatek harus cukup besar. Selain mengkonsumsi baterai cukup banyak, prosesor mediatek ini terbilang cukup cepat panas.

Berbeda dengan rivalnya, prosesor Mediatek Helio tidak terlalu banyak memakan RAM, sehingga ukuran RAM yang digunakan tidak perlu terlalu besar namun tidak juga terlalu kecil. Handphone dengan prosesor ini juga memiliki harga yang cukup terjaungkau sampai relatif murah. Dengan performa yang dibawanya, beberapa orang sudah pasti membeli handphone dengan prosesor ini.

Pasti cocok banget ya sama kaum mendang mending!

Gak kalah keren, Mediatek masih punya satu jenis prosesor lagi loh, dan sudah mendukung 5G! (Serta pastinya dengan harga yang terjangkau)

Mediatek (Dimensity)

Mediatek Dimensity 700 5G
Mediatek Dimensity 700 5G

Baru-baru ini Mediatek mengusung SoC High-end miliknya yaitu Dimensity. Dengan seri terendah Dimensity 700 dan tertinggi Dimensity 1200 yang pastinya sudah mendukung jaringan 5G. Game berat? jelas bisa dijalankan dengan lancar tanpa hambatan, dengan Hyperengine 3.0 gameplay akan berjalan lebih mulus dan stabil. Mediatek juga menyatakan bahwa Dimensity cukup menghemat baterai walau penggunaan game dengan FPS cukup tinggi. Wah, mulai menggoda nih ya Mediatek. Dengan performa tinggi ini harga handphone yang dipasarkan relatif terjangkau, karena CPU high-end dengan performa yang baik milik snapdragon memiliki harga yang sangat tinggi.

Gimana nih kaum mendang mending?, udah tau kan pilihan kalian yang mana. Jika ingin mendapatkan kinerja dan gameplay stabil serta hemat baterai, pilihlah snapdragon.  Jika ingin mendapatkan performa yang cukup baik namun dengan harga terjangkau, pilih Mediatek ya.

Sekian untuk kali ini terimakasih, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ElHazVa