Quora: Aplikasi Menarik untuk pembaca

Quora: Aplikasi Menarik untuk pembaca 1

Sebelumnya, ada yang udah kenal dengan aplikasi ciptaan bekas karyawan facebook ini belum?

Setelah hengkang  di tahun 2008 adam D’angelo bingung nih, mau bikin apa. berbekal kejeniusannya, ia  Bersama temannya charlie cheever yang juga mantan karyawan facebook membuat quora di tahun 2009. Ia sebagai pembuat dan charlie sebagai managemen serta pemasarannya.  Hanya butuh waktu satu tahun, akhirnya quora  release.

Untuk pembangunan quora pada awalnya, adam rela merogoh koceknya sebesar US$ 50 juta. Jumlah yang tidak sedikit, namun sepadan dengan hasilnya sekarang. Total kekayaan bersih adam D’angelo saat ini adalah US$ 600 juta .

Adam menciptakan quora dengan tujuan menciptakan platform yang berbasis ilmu pengetahuan, bukan semata eksistensi. Karena itu banyak hal yang dapat di pelajari dari berbagai hal dan berbagai orang dalam aplikasi ini.

Quora sendiri adalah aplikasi tanya jawab berbasis pengetahuan asli, biasanya disertai bukti, sumber dan foto. Meskipun belum sepopuler facebook dan twitter, quora punya tempat sendiri bagi pembaca.

Berikut keunggulan quora :

  • Minim remaja, karena quora kebanyakan hanya tanya jawab dengan topik yang tak jarang cukup berat untuk di bahas, Quora tidak terlalu menarik oleh remaja kebanyakan.
  • Open minded, pembahasan tentang agama, adat konflik yang sedang panas-panasnya atau pembahasan yang lumayan tabu juga di bahas di sini. Respon para pembaca cenderung lebih baik dibandingkan platform lain.
  • Adanya slogan BNBR, Be Nice Be Respectfull. Adalah slogan yang harus dipegang teguh oleh pengguna quora, artinya kita harus menjaga bahasa. Tulisan cukup baku dan menarik serta tanpa kata-kata kasar. Tidak menyudutkan penanya atau jawaban oleh penulis.
  •  Banyak ilmu pengetahuan, mulai dari hal-hal seperti pertanian, theknologi, IT, wawasan luar negri bahkan kehidupan pedesaan ada di sana.
  • Penulis berkualitas, tak jarang penulis Quora adalah orang-orang hebat dari berbagai profesi. Dosen, Guru, Dokter,Supir, Perawat,Petani, Peneliti,Mahasiswa,Ibu rumah tangga dan banyak profesi lainnya.
  • Ada fitur DM/direct mesage untuk berkirim pesan secara pribadi. Fitur ini dapat aktif ketika penulis membuat akunnya secara publik.
  • Banyak kisah yang patut di baca, Mulai dari urusan rumah tangga, urusan pekerjaan, hubungan dengan mertua, bahkan hubungan dengan tetangga.
  • Banyak hal-hal unik dari berbagai daerah, entah itu kebudayaan, suku, makanan serta ritual-ritual dibahas dengan menarik.
  • EYD yang sangat di perhatikan. Banyak sekali penulis yang menciptakan suasana seperti sedang membaca novel, Meskipun ada beberapa juga yang memakai bahasa gaul. Tapi masih sangat nyaman untuk di baca.
  • Bisa bertanya banyak hal, kita bisa bertanya apa saja, kepada siapa saja.
  • Adanya upvote (mirip like pada facebook) downvote (untuk tidak mendukung jawaban) serta adanya task untuk memberikan feedback (ucapan terimakasih) kepada penulis untuk jawaban yang sudah di berikan. Jumlah pembaca yang melihat postinganmu juga akan terlihat pada postingan, seluruh pembaca yang pernah membaca tulisanmu juga di akumulasikan dan di tampilkan pada profil.
  • Adanya ruang, ruang adalah tempat perkumpulan berbagai orang dengan berbagai hobi. Ruang memancing, menulis atau bahkan ruang pencari jodoh.

Selain itu, quora juga tersedia dalam berbagai bahasa. Akun yang kita miliki bisa langsung memasuki home akun berbahasa inggris tanpa harus membuat akun baru.

Jadi, buat yang suka baca, yuk pindah ke  Quora!!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.