Ramadhan di Tengah Pandemi


Ramadhan di Tengah Pandemi 1

Bulan Ramadhan memiliki banyak keistimewaan, sehingga bulan ramadhan harus dijadikan momentum untuk beribadah, berdoa, dan dzikir. Wabah bukan alasan untuk tidak beribadah, karena seharusnya dengan adanya cobaan kita harus semakin mendekatkan diri kepada Allah. 3 Keistimewaan bulan ramadhan adalah: a) rahmat, b) maghfirah (keampunan), c)  dan itqun minan nar (pembebasan dari api neraka).

Ramadhan di Tengah Pandemi 3

Keistimewaan Bulan Ramadhan. Terdapat beberapa keistimewaan bulan ramadhan di antaranya adalah:

a) Malam diturunkannya Al-Qur’an

Bulan ramadhan merupakan bulan turunnya Al-qur’an. Setiap 17 Ramadhan diperingati sebagai nuzulul qur’an. Al-qur’an diturunkan sebagai petunjuk dan penerang bagi umat muslim.

b) Malam seribu malam

Malam lailatul qadar merupakan salah satu keistimewaan dalam bulan ramadhan. Dalam Al-qur’an, malam laillatur qadar diibaratkan lebih baik daripada seribu bulan. Setiap muslim yang beribadah pada malam lailatur qadar akan mendapatkan keutamaan bagaikan sudah beribadah selama seribu bulan.

c) Terkabulnya doa

Bulan ramadhan merupakan bulan keampunan dan juga bulan terkabulnya doa. Jadikanlah keutamaan bulan ramadahhan sebagai momentum untuk berdoa dan menyerahkan diri kepada Allah, Mintalah doa dengan keikhlasan hati dan berharaplah hanya kepada Allah.

d) Pahala dilipatgandakan

Pada bulan ramadhan, setiap amal ibadah akan dilipatgandakan pahalanya. Oleh karena itu, berlomba-lomba dalam melaksanakan ibadah, dan jangan jadikan wabah corona sebagai alasan untuk tidak beribadah.

Corona Virus Desease (Covid-19) merupakan salah satu wabah yang saat ini meresahkan umat seluruh dunia. Ikhtiar, Dzikir, dan Doa merupakan cara untuk melawan wabah corona. Kita tidak dapat melawan dan mendahului kehendak Allah, setiap cobaan yang Allah uji merupakan hal yang harus kita lewati. Oleh sebab itu, kita harus bersabar, beribadah, dan berdoa semoga wabah ini segera diangkat oleh Allah Swt. Dengan keistimewaannya, jadikanlah bulan ramadhan sebagai momentum untuk melawan wabah corona.

Selain Puasa, Ini Amalan Pada Bulan Ramadhan

Selain berpuasa terdapat beberapa amalan yang harus dilaksanakan untuk menganggungkan bulan ramadahan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Tadarrus

Sebagai bulan nuzulul qur’an, tadarrus Al-qur’an merupakan amalan yang sangat sering dilakukan dalam bulan ramadhan. Biasanya, setiap muslim akan mengkhatam Al-qur’an minimal satu kali selama bulan ramadhan. Terlebih lagi pada masa pandemi corona ini dengan slogan “di rumah saja”, dapat dimanfaatkan sebagai upaya membaca, memahami, dan mengkhatam kalamullah, serta dijadikan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Shalat Tarawih

Shalat tarawih merupakan amalan sunnah yang hanya dilakukan pada bulan ramadhan. Shalat tarawih dapat dilakukan baik secara berjamaah maupun individu. Oleh sebab itu, jangan jadikan alasan “di rumah saja” untuk tidak melaksanakan ibadah shalat tarawih, karena shalat tarawih dapat dilakukan meskipun tidak berjamaah.

Bersedekah

Bersedakah pada bulan ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya. Sebagaimana kita tahu bahwa selama masa pandemi corona ini banyak aktifitas masyarakat yang terganggu, sehingga penghasilan yang diterima juga menurun. Hal ini dapat dijadikan sebagai motivasi untuk saling membantu dengan cara member sedekah, dan lain sebagainya. Adapun bersedakah yang paling utama dalam bulan ramadhan adalah memberikah ifthar (hidangan berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa.

Dzikir

Agungkanlah bulan ramadhan dengan alunan dzikir. Dzikir merupakan amalan yang dapat kita lakukan dimanapun dan kapanpun, misalnya, di tengah kesibukan pun kita tetap bisa mengalunkan dzikir. Berdzikir akan memberikan ketenangan jiwa. Adapun dzikir yang paling utama ialah istigfar, karena bulan ramadhan merupakan keampunan, dan waktu yang paling utama untuk bedzikir ialah setelah shalat.

Berdoa

Berdoa merupakan amalan yang sangat dianjurkan, doa adalah inti dari ibadah. Doa memiliki makna permintaan atau permohonan. Jadi, berdoa merupakan amalan yang dilakukan untuk meminta dan memohon kepada Allah Swt. karena kita adalah hamba hina yang tidak bisa berbuat kecuali dengan kehendak-Nya. Salah waktu yang ijabah doa dalam bulan ramadhan adalah saat berbuka, karena karena Allah Swt. tidak akan menolak doa dari orang yang berpuasa.

Sebagai bulan penuh keistimewaan, umat muslim harus mengagungkan bulan Ramadhan, tidak peduli di tengah pandemi corona ataupun tidak. Selain itu, sebagai bulan ijabah doa, umat muslim harus menjadikan ini sebagai momentum dan waktu yang tepat untuk meminta dan memohon kepada Allah agar pandemi dan wabah ini segera diangkat oleh Allah Swt.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nurmaya Sari

   

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap