Ramalan Bintang & Tes Keprbadian bisa meramal kepribadian?

Ramalan Bintang & Tes Keprbadian bisa meramal kepribadian? 1

Kamu pasti pernahkan atau bahkan suka membaca ramalan bintang (zodiak) dan tes kepribadian. Sekarang ini kita sudah bisa menemukan dengan mudah ramalan-ramalan seperti ini baik itu di internet maupun di media sosial. Jadi, apakah ramalan seperti itu asli? atau apakah ramalan itu benar-benar bisa menebak kepribadian atau yang terjadi pada kita di masa depan?

Singkatnya, ya, itu benar-benar nyata. Tapi benar atau tidaknya itu itu perkara lain. Ada sebuah effect psikologi yang bisa menjelaskan fenomena ini, yaitu Barnum effect.

Jadi, Apa Itu Barnum Effect (efek semu)?

Ramalan Bintang & Tes Keprbadian bisa meramal kepribadian? 3

Barnum effect atau biasa disebut juga efek forer adalah fenomena psikologis dimana suatu individu menganggap akurat bahwa deskripsi tentang kepribadian yang dibuat seolah dibuat khusus untuknya padahal deskripsi itu sangat umum atau berlaku untuk semua orang. Karena efek inilah banyak diantara kita yang percaya pada praktik-praktik yang belum jelas kebenarannya.

Ramalan seperti ramalan bintang, golongan darah, kartu tarot, bahkan sulap memanfaatkan efek ini.

Ramalan Bintang & Tes Keprbadian bisa meramal kepribadian? 4

Efek barnum biasanya terjadi karena ramalan-ramalan yang diberikan menggunakan kata-kata yang positif. Karena manusia cenderung menerima kata-kata umpan balik yang positif daripada kata-kata umpan balik yang negatif.

Baiklah, saya akan berikan sebuah contoh yang sederhana misalnya

Sagitarius : Antusias, tegas, atletis, unik, setia

Jadi, apakah hanya orang yang berzodiak sagitarius yang memiliki sifat tegas? atau setia? atau hanya sagitarius yang atletis? tentu saja tidak.

Efek barnum juga bisa terjadi karena pernyataan yang diberikan itu bersifat umum dan semua orang pasti mengalaminya misalnya

zodiak : Sagitarius

Karir : minggu ini tidak mudah untukmu karena akan ada masalah, tapi semuanya tampak baik-baik saja.

Cinta : Minggu ini, si dia ingin membuka hatinya untuk kamu lho…,,,

Pertemanan : Pada dasarnya kamu bersifat setia kawan dan akan selalu sedia membantu. hanya saja, tidak semua kawan mengembalikan barang yang kamu pinjamkan, jadi berhati-hatilah, pinjam apa yang kamu siap kehilang saja (yang jelas bukan doi).

Nah, ramalan zodiak biasanya menggunkan kalimat seperti ini. Pernyataan yang digunakan adalah pernyataan umum yang mayoritas orang pasti mengalaminya. Karir, setiap hari selalu ada saja masalahnya, itu sudah pasti terjadi. lalu pertemanan, semua orang juga tau itu. Jadi, ramalannya itu dibuat seolah-olah khusus untuk kamu padahal hal itu lumrah terjadi dan bisa dialami setiap orang.

 

Jadi, apakah ramalan-ramalan tersebut benar?

Ramalan Bintang & Tes Keprbadian bisa meramal kepribadian? 5

Mau percaya atau tidak, Ini kembali kepada diri kamu sendiri. Untuk hiburan juga bisa.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.