Rambut Rusak? 5 Jenis Makanan yang Sehatkan Rambut


Rambut Rusak? 5 Jenis Makanan yang Sehatkan Rambut 1

Rambut adalah mahkota manusia, terlabih pada wanita. Dengan rambut yang indah maka wanita akan punya rasa percaya diri yang lebih dan terlihat sehat. Setiap wanita melakukan perawatan pada mahkotanya dengan melakukan perawatan dari tradisional sampai perawatan modern dan dari perawatan murah sampai kepada perawatan malah sekalipun, demi mendapatkan rambut yang sehat dan kuat.

Salah satu zat yang diperlukan oleh rambut dan kulit adalah biotin. Yaitu vitamin yang berperan untuk meningkatkan metabolism protein, karbohidrat dan lemak didalam tubuh. Biotin juga dipercaya berkhasiat menjaga kesehatan kulit, rambut dan mata serta hati dan sistem saraf manusia. Biotin juga diperlukan oleh ibu hamil dan janin yang dikenal sebagai vitamin B7 dan vitamin H.

Pada sasarnya Biotin dapat ditemukan pada makanan kita sehari-hari. Dengan pengolalahan yang tepat maka tubuh kita akan mendapatkan biotin yang cukup dari makanan harian kita. Berikut ini adalah jenis maknan yang mengandung biotin:

1. Telur ayam

Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari telur. Telur ayam merupakan sumber biotin yang baik dan mudah ditemukan. Nutrisinya pun banyak. Satu butir telur matang mengandung 10mcg biotin. Jika pada usia anak sampai 8 tahun membutuhkan 5-12mcg biotin, maka sebutir telur dalam sehari mampu memenuhi kebutuhan biotin anak.

2. Hati sapi

Hati sapi mengandung kandungan biotin yang sangat tinggi. Dalam 100gram hati sapi, mengandung lebih dari 30.8 mcg biotin. Dengan mengkonsumsi 100 gram hati sapi sudah mampu memenuhi kecukupan biotin orang dewasa. Hati sapi juga mengandung zat besi yang tinggi, jadi bagi anda yang mengalami anemia juga bisa memasukkan jenis makanan ini dalam menu harian anda.

3. Sayuran

Bayam dan brokoli juga mengandung biotin yang cukup baik untuk tubuh. Pastikan mengolahnya dengan baik sebelum dikonsumsi. Pengolahan terbaik adalah dengan mengukus selama 5 menit, atau ditumis jangan terlalu lama.

4. Biji-bijian

Biji-bijian termasuk kacang-kacangan juga merupakan sumber biotin yang diperlukan oleh tubuh. Anda bisa menjadikannya menjadi camilan atau memasukkannya dalam menu seimbang harian anda. Selain itu biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat diperlukan oleh tubuh.

5. Umbi-umbian

Jenis umbi-umbian juga merupakan makanan yang mengandung biotin. Sepotong besar ubi dapat mengandung 2.4 mcg biotin. Umbi-umbian misalnya ubi juga mengandung vitamin A yang berguna untuk kesehatan kulit.

Penghambat biotin dalam tubuh.

Biotin memang diperlukan oleh tubuh dan mudah ditemukan dalam asupan nutrisi harian kita. Namun kondisi berikut akan menghambat proses metabolism biotin didalam tubuh manusia. Seperti, merokok, kekurangan gizi, serta konsumsi alcohol berlebihan.

Akibat kekurangan biotin dalam tubuh

Kekurangan biotin dalam tubuh akan menyebabkan rambut menipis, adanya ruam disekitar hidung, mulut, mata atau kadang terjadi kesemutan. Oleh karena itu apabila terjadi kondisi ini, maka segera konsumsisuplemen biotin untuk mencegah kondisi yang lebih buruk. Apabila anda mengkonsumsi suplememen biotin, sebaiknya  sesuaikan penggunaanya dengan usia anda dan berdasarkan konsultasi dari dokter kesayangan anda. Berbeda usia berbeda pula batas asupan yang diperlukan.

Mengkonsumsi suplemen bisa saja. Namun apabila masih dapat diperoleh melalui asupan makanan, lebih baik penuhi di nutrisi seimbang harian anda. Karena kekurangan biotin jarang ditemukan pada orang dengan konsumsi gizi seimbang. Keseimbangan asupan makanan harian kita mempengaruhi kesehatan kita dalam berbagai aspek. Oleh karena itu amati bagaimana anda makan, pastikan segala yang masuk kedalam tubuh sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Bawang Merah

   

Seorang yang menumpahkan kekesalan, sedih, amarah, bahagia dan rasa syukur dengan menulis. Menulis adalah teman suka duka. Juga seorang Konselor Menyusui, Pegiat Anak, dan peduli dengan seputar anak.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap