Rapper-Line BTS Libas Habis Hinaan Haters Lewat Lagu Berjudul “DDAENG”


Rapper-Line BTS Libas Habis Hinaan Haters Lewat Lagu Berjudul “DDAENG”

Kim Namjoon! Kim Seokjin! Min Yoongi! Jung Hoseok! Park Jimin! Kim Taehyung! Jeon Jungkook! BTS! Begitulah Army menyorakkan nama member BTS secara berurutan. Sebuah budaya seperti yel-yel yang disuarakan ketika idola mereka yakni BTS membutuhkan dukungan dari penggemar setianya siapa lagi kalau bukan pasukan ARMY.

Boyband papan atas asal Korea Selatan besutan Bighit Entertainment ini telah mengepakkan sayapnya dengan menggemparkan musik Internasional, kesuksesan mereka di akui di pertengahan tahun 2016, dengan album trilogi yang sukses menundukkan Billboard secara berturut-turut sampai sekarang. Setelah itu penghargaan demi penghargaan sukses menghujani mereka karena salah satunya faktor konsisten mereka memproduksi album musik dengan berbagai konsep yang nyentrik dengan ciri khas mereka sendiri.

Eits! Namun kali ini kita fokus pada Hyung-Line atau biasa disebut Rapper-Line andalan BTS. RM, SUGA, dan J-HOPE mereka berkolaborasi apik dengan melahirkan sebuah lagu berjudul “Ddaeng” pada tahun 2018 sebagai bagian dari BTS Festa (peringatan hari debut BTS) yang ke-5, yaitu tepatnya tanggal 11 Juni. Lirik lagunya diciptakan kepada para haters yang terhormat, dimana pada awal debutnya BTS terlihat merangkak berdarah-darah memulai segalanya dari nol dan disitulah banyak pengamat musik bahkan teman permusikan sealirannya yakni hiphop mentertawakan dan mengolok bahwa mereka tidak akan pernah sukses.

Terutama gaya rap yang dilakukan para Rapper-Line, begitu juga dengan gaya outfit RM di awal debut yang suka memakai kaca mata hitam banyak jejeran musisi yang menyindir gayanya tidak enak dipandang dan terkesan norak. Tapi disini, dalam lagu bertajuk “Ddaeng” leader BTS tersebut membalas hinaan para haters dengan skill rap yang tak mampu ditandingi.

Yuk simak, berikut penggalan lirik dari BTS yang menampar banyak haters, arti liriknya ngena banget!!

캐셔 계산 소리 땡

어릴 적 좋아함 얼음땡

난 딩동, 넌 땡

넌 7끗, 난 땡

라면 먹고 잔 얼굴 땡

떨거지들 두욜땡 날 봐 난 니 errthang

니가 쩔어? 멋져? 개얼탱

너무 어 얼 탱이가 없어 말을 더 더 더 듬어도

양해르 조 좀 바랄게 내가 말주 벼 변이 좀 부족해

 그래도 도 말은 바로 로 로 하려는데 입이 자꾸 비뚤 어 어 어 지네 너무 조 조 조 좋아서 서 너무 좋아서 서

헤이러도 없는 랩퍼들은 좀 닥쳐 너의 헤이러가 어딨어    

눈씻고 세수한 뒤 거울을 봐 거기 숨쉬는 바로 너의 헤이러 우린 셀럽보단 celebrate    

오직 엑셀 no break 니가 뭔데 날 인정해 이름값 하는 개구리들 우물 안에 죽기를 간절히 기도할게 땡

Lirik terjemahan

Bunyi kalkulator kasir ddang

Aku menyukainya saat masih muda, ddang

aku benar, kau salah, ddang

Kau kalah, dan aku ddang

Wajahmu saat tidur setelah makan ramyeon, ddang

Hey sampah urusi saja urusanmu!

Lihatlah aku! Aku segalanya bagimu Kau keren? Kau terbaik? Wow benarkah?

Sangat membingungkan! Bahkan ucapanmu saja gagap

Aku akan mi-minta maaf Aku bi-bicara tidak sopan

Tapi aku ha-hanya menco-coba bicara dengan jelas tapi mulutku masih gagap

A-aku menyukainya, aku menyukai ini

Hey rapper yang tidak punya haters, diamlah! Dimana hatersmu?

Cuci muka dan lihatlah cermin disitulah hatersmu hidup dan bernafas!

Kami merayakan lebih baik dari seleb

Hanya mengungguli tanpa istirahat

Kau pikir kau siapa? Berani mengenalku? Dasar katak panjat sosial!

Aku doakan kau mati dalam sumurmu, ddang

Bagaimana? Bukankah BTS adalah yang terbaik, berdiam menulis lirik lagu tanpa menghiraukan ejekan haters adalah pilihan terbaik, kemudian diam-diam menciptakan karya untuk para pembenci agar mereka berkaca dan introspeksi diri. Hal ini juga bisa memberi pesan mendalam bahwa merendahkan orang lain adalah hal yang pantas dibilang pengecut maka menghargai orang lain adalah sebuah pilihan untuk menjalani hidup lebih baik. Bukankah hidup dengan saling membenci tidaklah bagus? BTS mengingatkan kita jika kita tak perlu jadi orang yang suka membual, karena semua orang pasti akan berubah. Entah itu semakin sukses, atau bahkan lebih sukses dan BTS membuktikan dengan segala penghargaan yang mereka terima secara beruntun, menunjukkan bahwa mereka terbang semakin sukses dan amat sukses.