Rawat Kaki Mulai dari Sekarang, Yuk!

Rawat Kaki Mulai dari Sekarang, Yuk! 1

Selain wajah, ada banyak bagian dari tubuh kamu yang juga harus kamu perhatikan dan kamu rawat. Bagian tubuh yang biasa luput dari perhatian dan perawatan yang kita lakukan adalah kaki. Padahal, kaki adalah bagian tubuh yang juga perlu dirawat kesehatannya karena kondisi kaki juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Masalah yang sering timbul apabila jarang merawat kaki ialah kulit kaki dapat mengering, pecah-pecah hingga mengelupas, muncul bau tidak sedap, bahkan juga dapat berpengaruh terhadap masalah kesehatan.

Berikut merupakan hal mudah yang dapat kamu lakukan untuk merawat kaki kamu agar tetap sehat dan tampak ternutrisi.

1. Menjaga kebersihan kaki

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Hal yang paling mudah untuk menjaga kesehatan kaki ialah dengan membersihkan kaki secara rutin. Untuk sekadar membersihkan kaki setelah beraktivitas, kamu cukup membersihkan kaki menggunakan air dan sabun. Pastikan kamu membersihkan kaki hingga ke sela-sela jari kaki agar tidak ada kotoran atau debu yang tertinggal. Setelah dibersihkan, keringkan kaki dengan mengelapnya menggunakan handuk yang lembut.

2. Rajin memakai pelembap kaki

Kulit kaki rentan menjadi kering, pecah-pecah, bahkan mengelupas karena kaki sering bergesekan dengan benda-benda lain, alas kaki misalnya. Untuk merawatnya, kamu bisa mengaplikasikan pelembap kaki secara rutin dan sesuai dengan kebutuhan kaki kamu. Agar tidak lupa, kamu dapat mulai membuat jadwal untuk memakai pelembap setelah mandi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun untuk merawat kulit kamu agar kaki tidak kering, tetap sehat, dan tetap terhidrasi.

3. Rutin melakukan eksfoliasi

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Meski sudah rutin membersihkan kaki dan memakai pelembap, kaki kamu tetap membutuhkan eksfoliasi. Apabila tidak dieksfoliasi, sel-sel kulit mati pada kaki kamu akan terus menumpuk yang dapat membuat kaki terlihat kusam dan bertekstur. Eksfoliasi akan membantu mengangkat kulit mati agar kulit beregenerasi, sehingga kulit kaki akan terasa lebih bersih, lebih lembap, lebih halus, dan lebih sehat.

4. Merendam kaki

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Merendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan garam khusus secara rutin dapat membantu melembapkan kulit kaki. Selain itu, perawatan ini juga dapat membantu tubuh dan pikiran kamu menjadi lebih rileks. Kamu dapat melakukan perawatan ini satu minggu sekali atau sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

5. Perhatikan kondisi kaki saat memakai sepatu

Saat hendak memakai sepatu, pastikan kaki tidak dalam keadaan basah. Kaki yang basah dapat membuat udara dalam sepatu menjadi lebih lembap yang memungkinkan dapat mempercepat jamur berkembang biak. Jamur ini dapat membuat kaki menjadi bau, gatal, hingga masalah-masalah kulit kaki lain. Selain kondisi kaki yang tidak basah, pastikan juga sepatu yang kamu pakai memiliki sirkulasi udara yang baik. Apabila kamu memakai kaus kaki, kamu juga harus rajin menggantinya.

6. Memakai masker kaki

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Jika membutuhkannya, kamu juga dapat memakai masker kaki untuk merawat kulit kaki kamu. Masker kaki dapat membantu menutrisi dan melembapkan kulit kaki. Kamu dapat memakainya pada punggung dan telapak kaki. Terdapat beragam jenis masker kaki, mulai dari yang berbentuk pasta atau krim hingga sarung kaki yang mengandung essence yang bahannya hampir mirip dengan sheet mask yang biasa dipakai di wajah.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh