Rekomendasi 5 K-Drama tentang Psikologi, Buat Kita Peduli pada Kesehatan Mental


Rekomendasi 5 K-Drama tentang Psikologi, Buat Kita Peduli pada Kesehatan Mental 1

Banyak orang yang beranggapan bahwa kesehatan mental adalah sesuatu yang sangat menakutkan sehingga tanpa disadari menjadi hal yang tabu. Kurangnya pengetahuan pada dunia psikologi membuat kita kurang peduli pada kesehatan mental, namun kita bisa membaca buku-buku psikologi atau menonton film bahkan drama Korea yang berhubungan dengan psikologi untuk memperluas pengetahuan kita pada psikologi dan pentingnya kesehatan mental.

Nah, di bawah ini ada beberapa drama Korea yang bercerita tentang psikologi sehingga kita bisa belajar dan peduli pada kesehatan mental, langsung simak aja yuk!

1. It’s Okay to not be Okay

Rekomendasi 5 K-Drama tentang Psikologi, Buat Kita Peduli pada Kesehatan Mental 3

Drama Korea yang dibintangi Kim Soo Hyun ini bercerita tentang seorang perawat yang memiliki empati yang tinggi namun antipati pada cinta bernama Moon Kang Tae yang bekerja di salah satu rumah sakit jiwa, dirinya tanpa sengaja bertemu dan terlibat dengan seorang penulis muda yang menawan bernama Koo Moon Young yang memiliki sifat egois dan anti sosial karena memiliki kenangan yang buruk di masa lalu. Meskipun mereka  kerap kali bertengkar ketika bertemu namun tanpa sadar mereka saling menyembuhkan luka satu sama lain.

2. Fix You

Rekomendasi 5 K-Drama tentang Psikologi, Buat Kita Peduli pada Kesehatan Mental 4

Drama ini bercerita tentang seorang aktris musikal bernama Han Woo Joo yang memiliki gangguan kepribadian ambang, tanpa sengaja dirinya bertemu dengan seorang dokter psikiater yang memiliki kepribadian yang sangat baik bernama Lee Shi Joon melalui insiden kecil yang melibatkan pasiennya. Karena insiden itu Woo Joo dipecat dari panggung musikal dan dirinya menerima tawaran Lee Shi Joon untuk menjadi pekerja sosial di rumah sakitnya dengan melakukan terapi panggung. Interasksi yang intens membuat Woo Joo merasa nyaman bahkan jatuh hati dengan Shi Joon, namun tanpa disadari Shi Joon yang baru mengetahui bahwa Woo Joo adalah pasien dengan kepribadian ambang, dirinya tiba-tiba menjauhi Woo Joo karena Shi Joon memiliki PTSD terhadap pasien gangguan kepribadian ambang.

3. Extracurricular

Rekomendasi 5 K-Drama tentang Psikologi, Buat Kita Peduli pada Kesehatan Mental 5

Meskipun drama Korea ini mengusung tema thriller, namun drama ini juga memiliki sisi psikologisnya juga. Bercerita tentang seorang siswa teladan yang tidak pernah memiliki masalah di sekolahnya bernama Ji Soo. Saking baiknya, wali kelasnya sempat bercanda dengan meminta Ji Soo untuk membuat sedikit masalah. Padahal sebenarnya di luar sekolah Ji Soo memiliki bisnis prostitusi dengan mengirim gadis-gadis di bawah umur untuk diberikan kepada para lelaki hidung belang. Namun, Ji Soo juga memiliki kenangan yang buruk di masa lalu yang membuatnya akhirnya menjadi seorang villain.

4. Dinner Mate

Rekomendasi 5 K-Drama tentang Psikologi, Buat Kita Peduli pada Kesehatan Mental 6

Drama Korea yang dibintangi oleh aktor Song Seung Hoon ini bercerita tentang seorang wanita bernama Do Hee yang melihat kekasihnya berselingkuh dengan seorang pramugari. Pengegerebekan itu dilihat Hae Kyung yang merupakan seorang psikiater, pada awalnya Hae Kyung tidak ingin terlibat dengan masalah orang lain, namun karena dirinya seorang psikiater yang tidak boleh mengabaikan seseorang yang pikirannya kacau, akhirnya dirinya terpaksa harus ikut campur.

Hae Kyung sebenarnya juga memiliki kejadian patah hati yang hampir sama kasusnya dengan yang Do Hee alami, hingga akhirnya dirinya menawarkan diri untuk menjadi teman mengobrolnya, mereka pun makan malam bersama sambil menceritakan kisah hidupnya tanpa tahu nama masing-masing. Terkadang ada kalanya seseorang hanya membutuhkan teman untuk mendengarkan dirinya bercerita, agar dirinya merasa lebih baik.

5. Hospital Playlist

Rekomendasi 5 K-Drama tentang Psikologi, Buat Kita Peduli pada Kesehatan Mental 7

Drama yang dibintangi oleh para aktor papan atas ini bercerita tentang lima orang sahabat yang sama-sama berprofesi sebagai dokter di rumah sakit yang sama. Ik Joon yang memiliki karakter yang ceria, Song Hwa yang merupakan satu-satunya wanita namun dirinya merupakan sosok yang mandiri dan tidak bergantung pada siapapun, Ah Jeon Won yang kebapakkan dan selalu menjadi tempat curhat keempat sahabatnya, Kim Joon Wan yang egois dan terkesan cuek serta Seok Hyeon yang agak pendiam dan cenderung introvert, persahabatan mereka juga sudah terjalin hingga 20 tahun lamanya. Meski drama ini kebanyakan menampilkan sisi medisnya, namun masing-masing karakternya memiliki sisi psikologis dalam menghadapi setiap permasalahannya masing-masing.

Itu dia kelima drama Korea yang bercerita tentang psikologi agar kita lebih aware pada kesehatan mental, selamat menonton.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Purwanti

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap