Rekomendasi Buku Parenting Cocok Dibaca Para Orang Tua, Calon Orang Tua, & Jomblo

Rekomendasi Buku Parenting Cocok Dibaca Para Orang Tua, Calon Orang Tua, & Jomblo

Saat kita sudah dan memikirkan untuk menikah (membuat keluarga), akan ada banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari dalam kita sendiri.

Mulai dari Bagaimana memilih pasangan yang baik? Bagaimana menjalankan setiap hari? Apakah nanti akan ada rasa ? Apa yang perlu dipelajari sebelum menjadi istri? Apa yang perlu dipelajari sebelum menjadi suami? Akan memiliki anak berapa nanti? Akan tinggal dimana kalau sudah menikah? Semua pertanyaan tersebut pasti muncul pada saat kita ingin memasuki sebuah chapter baru yaitu dunia “pernikahan”.

Dimana pada dunia tersebut semua keputusan akan diambil berdua, semua akan diselekaikan berdua, dan segala sesuatu yang harus dikerjakan berdua.

Dari keputusan-keputusan tersebutlah masing-masing pasangan harus tau ilmunya, harus tau landasannya, agar tidak menjadi pasangan yang ikut-ikutan dengan segala hal yang terjadi di luar rumah tangganya.

Salah satu ilmu yang masih sangat relevan digunakan sampai sekarang yakni buku. Sebuah buku bisa memuat banyak sekali informasi dan pastinya dibutuhkan oleh pembaca yang nantinya akan memilih buku tersebut untuk dibeli, dibaca, dan diaplikasikan dalam kehidupan berkeluarga.

Baca juga  Sosok Orangtua Yang Membuat Anak Menjadi Keras Kepala, Apa Kamu Termasuk?

Apalagi di era sekarang sudah banyak sekali buku-buku bagus yang membahas tentang rumah tangga, keluarga, pasangan dan lainnya. Sehingga akan sangat memudahkan kita dalam memilih buku yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Pilihan penulisnya juga banyak sekali.

Ada yang memang sudah bergelut dengan dunia rumah tangga, , dan lain-lain. Selain itu bentuk bukunya juga bisa kita pilih sesuai yang kita mau, ada buku elektronik yang bisa diakses lewat handphone atau buku fisik agar lebih meresapi saat membacanya langsung. Semua itu bisa kita pilih sesuai yang kita butuhkan.

Untuk menjawab kegalauan tentang mengasuh anak, ada beberapa yang harus banget kamu punya.

1. Saatnya Mengasuh (SAM)

Instagram.com
Instagram.com

Hah? Ayah mengasuh? Kalian tim mana nih? Tim yang setuju kalau peran ayah dalam pengasuhan anak itu sangat , atau tim yang ga setuju karena tugas pengasuhan anak tuh harusnya tugas seorang Ibu aja. Ayo pilih!

Buku yang ditulis oleh Kang Ulum A. Saif ini punya jawabannya loh. Buku setebal 199 halaman ini mengupas tuntas peran ayah dalam pengasuhan anak.

Baca juga  Mengapa Ayah? – Segalanya Tentang Ayah dan Ibu

Ketika kita membuka lembar-lembar awal, kita akan dikejutkan dengan hasil tentang Fatherless Country dimana menduduki peringkat ketiga setelah Amerika dan .

Tentu sangat miris bukan? Ditengah kemirisan ini, penulis masih tetap meyakinkan bahwa Indonesia bisa menurunkan ranking tersebut dengan syarat setiap keluarga harus mau belajar dengan baik tentang pengasuhan anak.

 Di awal bab kita akan menemukan seorang anak yang tidak mendapatkan pengasuhan dari Ayah dan Ibunya. Dari pengasuhan yang tidak didapatkan itulah, anak tersebut memiliki gangguan dalam menyampaikan dan mengatur emosinya.

Selanjutnya pembaca akan disuguhkan 4 bab besar yang membahas mengenai Pentingnya Ayah Dalam Pengasuhan, Apa Yang Semestinya Ayah Yakini, Belajar Jadi Ayah, dan Lika-Liku Para Ayah Mengasuh Anak.

2. Saatnya Ibu Menjadi Ibu

Instagram.com
Instagram.com

Kalau buku di atas membahas tentang ayah, kali ini dari sudut pandang seorang Ibu. Ya benar, buku ini membahas tentang Ibu mengasuh. Mungkin sudah lumrah dan seolah-olah jadi biasa saja ketika buku ini ada, sebab sudah dari nenek moyang kita tugas seorang Ibu menjadi pengasuh anak-anaknya.

Baca juga  Tips Mengatur Penggunaan Gadget Pada Anak

Buku setebal 203 halaman dan ditulis oleh Teh Febrianti Almeera ini merupakan buku untuk menjadi panduan bagaimana seorang Ibu mengasuh anak-anaknya.

Di awal-awal halaman, penulis menyuguhkan permasalahan yang seolah-olah tiada habis dibicarakan yakni “ Vs Ibu Bekerja”, dijelaskan dengan detail sehingga mendapatkan sebuah kesimpulan bahwa tidak masalah Ibu Bekerja asal tugas sebagai Ibu Rumah Tangga sudah di tunaikan dengan baik.

Selain pembahasan di atas, banyak pembahasan-pembahasan lain yang penulis sajikan untuk pembaca. Teh Febri juga berpesan dalam bukunya bahwa buku SIMI ini ditulis untuk para Ibu bersikap bagaimana seharusnya menjadi Ibu yang baik dalam pengasuhan anak-anaknya.

Artinya dalam buku SIMI tidak ada paksaan harus menggunakan ini dan itu, tetapi dijelaskan dengan detail sebab akibat yang terjadi jika para Ibu mengambil sebuah keputusan dalam kehidupan keluarganya.

Lalu apa saja garis besar yang dibahas di buku SIMI? Diantaranya Strong From Home, Fitrah Ibu, Home Based Education, Fitrah Based Education, Dan Indikator Sukses Home Education Berbasis Fitrah.

Itu dia 2 buku parenting yang bisa dijadikan bahan bacaan bulanan. Perlu digaris bawahi lagi, bahwa tugas pengasuhan anak harus dilakukan oleh Ayah dan Ibu.

Keduanya saling bersinergi untuk menciptakan generasi-generasi yang fitrah nya tetap terjaga sehingga yang berikan untuk orang banyak semakin luas dan maksimal.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nurul Hidayah

   

Si Perasa