Rekomendasi Novel Karya Tere Liye

Rekomendasi Novel Karya Tere Liye 1

Bagi pecinta novel pasti tidak asing dengan penulis dengan nama pena Tere Liye. Laki-laki bernama asli Darwis ini sudah memiliki puluhan karya tulis, beberapa diantaranya adalah Novel dengan kisah super romantis dan dramatis.

Nah, disini akan disajikan rekomendasi novel karya Tere Liye yang semoga setelah kalian membaca ini langsung menuju toko buku untuk membelinya.

Hujan

Hujan
Hujan

Melupakan. Selalu menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan. Tapi bagaimana dengan menerima? Apakah sama sulitnya? Kisah ini bermula ketika rintik hujan mulai membasuh tanah tepat di pengungsian akibat dari bencana alam yang dahsyat di kota itu.

Lail menjadi yatim piatu, bertemu dengan Esok si jenius. Kebersamaan membuat ikatan tersendiri diantara mereka. Hingga kemudian Esok lebih sibuk dari apapun karena kejeniusannya dibutuhkan untuk menata ulang iklim yang rusak akibat bencana dahsyat tadi dan memastikan manusia tidak punah.

Lail selalu merindukan kehadiran dan kepulangannya di kota mereka. Tapi tiba pada suatu masa dimana Lail mendapati sebuah kenyataan pahit, hingga pada akhirnya dia memutuskan untuk menghapus seluruh memori yang ada di otaknya. Atau tidak?

Tentang Kamu

Tentang Kamu
Tentang Kamu

Kita tidak akan menyangka bahwa hal yang sedang kita cari sejatinya sangatlah dekat. Namun Sri Ningsih membuatnya sedikit rumit hingga Zaman harus mencari jejaknya dari awal. 

Sri Ningsih, sosok wanita mandiri, kuat dan bersahaja yang selalu pucat seperti mayat ketika melihat hantu masa lalunya. Dia selalu berlari dan bersembunyi, namun bagai bayangan, hantu itu selalu menemukan keberadaannya. 

Zaman Zulkarnaen, berbekal buku harian milik Sri Ningsih, memulai perjalanan pencarian sesuatu yang sangat epic.

Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin
Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

Apakah salah jika seorang Tania jatuh cinta dengan malaikat pelindungnya yang memiliki usia terpaut jauh? Pertemuan sederhana diantara mereka, sangat klise, kebaikan hati Om Danar untuk membantu Tania, Ibu, dan adiknya dalam kemiskinan hingga pada akhirnya kehidupan lebih baik dirasakan oleh keluarga Tania. 

Sejujurnya sejak masih belia, Tania sudah jatuh hati dengan Om Danar, namun dia hanya bisa diam, senang ketika berjumpa, dan merindu jika tidak bertemu. Tania kecil tumbuh menjadi remaja, perasaan itu juga tumbuh sama lebatnya.

Hadiah dari Om Danar saat ulang tahun Tania ke 17 membuatnya merasa spesial. Tapi ternyata itu hanyalah perasaan sesaat hingga akhirnya Om Danar menikah dengan Tante Ratna. Tetapi apakah mereka bahagia? 

Rindu

Rindu
Rindu

Novel islami ini berkisah tentang masa lalu dimana perjalanan haji menjadi sangat panjang dikarenakan masih menggunakan kapal laut dengan waktu yang ditempuh adalah sembilan bulan. Ibarat kehidupan yang biasanya di darat, kini dipindah di atas laut. Sepanjang perjalanan, lima pertanyaan besar akhirnya terpecahkan jawabannya. Apa saja lima pertanyaan itu? Bagaimana jawabannya? 

Rembulan Tenggelam di Wajahmu

Rembulan Tenggelam di Wajahmu
Rembulan Tenggelam di Wajahmu

Ini adalah salah satu karya Tere Liye yang sudah difilmkan, namun saya rasa film ini tidak menghadirkan antusias penonton seperti film-film Tere Liye lainnya. 

Sebagai manusia kita memilki pertanyaan-pertanyaan yang sulit sekali ditemukan jawabannya bahkan sampai ujung hidup pun tidak terpecahkan. Namun Rey diberi kesempatan untuk tahu jawaban atas perjalanan hidupnya yang tidak pernah mulus. 

Kisahnya bermula di panti asuhan dimana sang pemilik panti yang serakah selalu menyuruh anak-anaknya untuk mengamen dan mencari uang. Hanya Rey yang tidak terima dengan perlakuan pemilik panti. Ini adalah awal dari pertanyaan-pertanyaannya yang terus muncul seiring berjalannya waktu. Rey yang bandel tidak pernah tahu dampak dari apa yang dia lakukan sejak itu, hingga akhirnya kini dipenghujung usia dia akhirnya temukan jawabannya. 

Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah

Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah
Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah

Kisah kasih dari seorang pemuda Kalimantan bernama Borno dengan wanita keturunan Cina bernama Mei. Borno kehilangan ayahnya ketika dia masih kecil, di sebuah rumah sakit di Kalimantan, sebelum meninggal, sang ayah menyetujui untuk mendonorkan jantungnya kepada pasien lain. Hal ini menimbulkan sebuah pertanyaan, apakah sakit atau donor jantung lah yang membuat ayahnya pergi untuk selama-lamanya? 

Seiring berjalannya waktu, Borno tumbuh menjadi pemuda yang lurus dan bekerja sebagai pengemudi sepit (sebutan untuk kapal menyebrangi sungai Kapuas) tidak sengaja bertemu seseorang yang membuatnya jatuh hati. Selalu memperhatikan jam keberangkatannya supaya dia menaiki sepit milik Borno.

Sampai pada sebuah angpau tertinggal di sepitnya membuat dia kegirangan. Padahal hanya angpau biasa untuk dibagikan pada hari Imlek. 

Apakah Borno kecewa? Tidak. Ada hal lain yang lebih mengecewakan. 

Sunset Bersama Rosie

Sunset Bersama Rosie
Sunset Bersama Rosie

Percayakah bahwa laki-laki dan perempuan tidak bisa hanya saling berteman? Itulah yang dialami Tegar. Pendakian bersama Rosie sahabatnya dari kecil dan Nathan teman yang dia kenalkan kepada Rosie, menjadi tragedi yang menyakiti hatinya. Dua puluh tahun bersamanya kalah dengan dua bulan bersama Nathan.

Tegar menghilang dari kehidupan Rosie dan Nathan, hingga bertahun-tahun kemudian mereka bertiga kembali bertemu, dengan anak-anak Rosie dan Nathan. 

Permulaan kedua dari kisah ini adalah ketika peristiwa bom Bali berhasil merenggut nyawa Nathan dan kondisi kejiwaan Rosie menjadi bencana baru, mengembalikan Tegar ke kampung halaman untuk merawat Rosie dan anak-anaknya.

Rasa itu apakah kembali muncul? Mengapa kini disaat Tegar sudah memiliki tunangan dan akan segera menikah? 

Dari seluruh novel karya Tere Liye yang pernah saya baca, buku inilah yang paling mengaduk-aduk hati saya. Bagi saya, buku ini tidak sepenuhnya berakhir bahagia.

Akhir kata, itulah beberapa rekomendasi novel karya penulis terkenal Tere Liye. Tentu saja tidak semuanya bisa saya tulis tetapi semoga berhasil membuat penasaran dan ingin segera membaca. Sampai jumpa!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.