Relief Ditanam di Tembok Puluhan Tahun di Mal Sarinah

Relief Ditanam di Tembok Puluhan Tahun di Mal Sarinah

Relief ini di temukan tidak sengaja, saat dilakukan renovasi secara besar-besaran di tahun 2020 tepatnya di bulan Mei 2020.

Saat itu perusahaan pemenang tender yang bertugas untuk melakukan renovasi sesuai dengan denah gambar yang ada, terdapat sebuah tembok besar yang akan di hancurkan, untungnya para pekerja membongkar tembok itu tidak menggunakan alat berat, saat tembok sedikit-demi sedikit di bersihkan, terdapat semacam tembaga awalnya, oleh para pekerja selanjutnya dibersihkan tembok tersebut secara perlahan dan ditemukanlah sebuah karya yang spektakuler, yang sampai saat ini para peneliti masih mengira-ngira siapa pembuat relief ini.

Terlepas dari pergolakan politik saat itu, tentu ini merupakan temuan yang luar biasa, hasil karya seni yang luar biasa, dan sekarang menjadi primadona .

Baca juga  Namdua, Sebuah Oase ditengah Kota Jakarta!

Sejarah

dokpri, 9 April 2022
dokpri, 9 April 2022

adalah mal yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang pengelolaanya diserahkan kepada PT. (Persero) yang bergerak di bidang ritel.

didirikan pada tanggal 17 Agustus 1962. Pada saat pendiriannya Mal ini bukan bernama tapi PT. Departemen Store Indonesia, pada tanggal 10 April 1978 mal ini berubah nama menjadi PT. (Persero).

merupakan mal pertama di Indonesia, mal ini gagasan dari Presiden Soekarno yang berkeinginan mal

Baca juga  6 Tempat Hangout Bergaya Jadul di Jakarta
ini sebagai pusat perbelanjaan sekaligus sebagai tempat untuk mewadahi kegiatan perdagangan produk dalam negeri.

Escalator pertama di Indonesia

dokpri, 9 April 2022
dokpri, 9 April 2022

baru dibuka kembali setelah dilakukan renovasi besar-besaran pada tanggal 21 Maret 2022, dengan ikon patung relief yang tersembunyi dan yang masih di pertahankan tetapi tidak difungsikan adalah adanya escalator yang pertama dimiliki Indonesia dan merupakan juga escalator pertama di Asean, ini menurut penjelasan dua orang yang selalu stand by di depan escalator tersebut untuk menjawab pertanyaan dari pengunjung terkait dengan ini.

Arti

dokpri, 9 April 2022
dokpri, 9 April 2022

adalah seorang perempuan desa biasa, beliau adalah pengasuh Presiden Soekarno saat Soekarno masih kanak-kanak, menurut Soekarno, dari Sarinahlah ia belanjar mencintai orang kecil, dimana sendiri merupakan orang kecil yang memiliki budi besar.

Baca juga  6 Tempat Liburan di Jakarta yang Menarik untuk Dijelajahi

baru mengusung tema Community , sebuah gerakan yang membangun semangat lokalitas dan memberikan panggung bagi karya unggulan khas Nusantara.

Saat kami berkunjung kesini, kami menyempatkan berfoto di depan relief, dan melihat foto-foto perkembangan dimulai tahun 1962, 1970, 1990 sampai tahun 2000 an.

Ajang Pameran

dokpri, 9 April 2022
dokpri, 9 April 2022

Di lantai 6 di sediakan satu ruangan penuh untuk pameran, saat kami ke sini tanggal 9 April 2022, tidak ada pameran, hanya ada satu karya seni dari anak bangsa, sebuah karya seni yang sangat spectakuler, sebuah seni dari jaring ikan yang menghasilkan sebuah lukisan yang sangat indah. Sebuah karya Iwan Yusuf, seorang kelahiran Gorontalo tahun 1982.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Misbah Murad