Resep Lumpia Rumahan Isi Tahu. Gampang dan Enak

Resep Lumpia Rumahan Isi Tahu. Gampang dan Enak 1

Lumpia menjadi salah satu jenis camilan gorengan yang banyak digemari orang. Selain karena rasanya yang enak dan pas di lidah masyarakat Indonesia, lumpia juga memiliki isian yang bervariasi. Selain itu, cara membuat lumpia pun sangat mudah dan sederhana. Lumpia dapat dengan mudah kita temui di toko oleh-oleh, warung makan, hingga penjual gorengan di pinggiran jalan.

Lumpia atau lun pia merupakan sejenis makanan tradisional khas Tionghoa. Lumpia merupakan camilan yang dibuat dari adonan tepung dan telur yang didadar dan diisi dengan berbagai isian. Di Indonesia, lumpia lebih dikenal sebagai jajanan khas Semarang yang biasanya diisi dengan rebung, telur, sayuran segar, ataupun daging. Secara umum, terdapat dua macam lumpia, yaitu lumpia basah dan lumpia kering. Yang biasa kita temukan di penjual gorengan itu adalah lumpia kering atau lumpia goreng, sedangkan lumpia basah merupakan salah satu makanan khas bandung dengan isian seperti bengkuang, taoge, telur, saus kental, dan sebagainya yang kini ditambah juga dengan beragam toping seperti suwiran daging ayam, potongan sosis, hingga bakso.

Sekarang ini, lumpia banyak dikreasikan dengan berbagai isian. Terutama kalau kamu mau membuatnya sendiri. Isian lumpia dapat kamu sesuaikan dengan selera kamu. Nah, buat kamu yang suka makan lumpia, yuk coba buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan seadanya di rumah. Mudah, nggak ribet, dan pastinya dijamin enak. Berikut merupakan resep lumpia rumahan dengan isian tahu putih.

Bahan:

1 bungkus kulit lumpia

5 buah tahu putih

3 batang daun bawang

3 siung bawang putih

Sejumput garam

1 butir telur ayam

1 bungkus penyedap

Minyak untuk menggoreng lumpia

Cara membuat:

1.      Hancurkan tahu putih hingga benar-benar hancur (sampai tidak tahu yang masih menggumpal).

2.      Haluskan bawang putih dan garam, campur ke dalam tahu yang sudah dihancurkan.

3.      Tambahkan satu bungkus penyedap.

4.      Iris daun bawang, campurkan ke dalam tahu.

5.      Tambahkan satu butir telur ayam (bagian putih dan kuning telur dimasukkan semua).

6.      Aduk semua bahan hingga bumbu-bumbunya tercampur dengan tahu.

7.      Siapkan kulit lumpia.

8.      Bentangkan kulit lumpia, kemudian isi dengan adonan tahu yang sudah dibuat tadi.

9.      Lipat lumpia menjadi kotak atau bisa juga digulung.

10.  Lakukan hingga kulit lumpia atau isian habis.

11.  Setelah semua lumpia selesai diberi isian, goreng lumpia dengan api sedang.

12.  Saat menggoreng lumpia lebih baik tidak ditinggal karena lumpia mudah gosong, sehingga harus sering dibalik.

13.  Angkat lumpia dari penggorengan saat warnanya sudah mulai kuning keemasan. Tiriskan hingga minyak yang menempel pada lumpia berkurang.

14.  Lumpia rumahan isi tahu selesai dibuat dan siap dinikmati.

Selain resep di atas, kamu juga bisa menambahkan isian lumpia dengan sosis, udang, dan sebagainya sesuai dengan selera kamu. Kalaupun tidak, lumpia isi tahu juga sudah enak untuk dinikmati. Rasa isiannya yang gurih berpadu dengan kulit lumpia yang renyah terasa sangat nikmat. Kalau kamu pecinta pedas, kamu bisa memakan lumpia dengan cabai hijau lalapan atau juga bisa dicocol  dengan saus sambal. Lumpia rumahan isi tahu ini cocok untuk camilan sore hari bersama keluarga. Selamat mencoba.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh