Reshuffle Kabinet Menguat, Apakah yang Terpilih Terbaik?

Reshuffle Kabinet Menguat, Apakah yang Terpilih Terbaik? 1

Isu Reshuffle kabinet makin menguat di bulan ini. Sepertinya Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle untuk menyegarkan kabinetnya dan menguatkan kinerja kabinetnya. Dalam postingan Instagram Presiden Jokowi memasang gambar rel kereta api berlatar belakang sinar matahari. Tidak lupa disertakan tulisan “yang baru harus lebih baik”.

Kalau berbicara reshuffle, memang menjadi hak prerogatif Presiden, Cuma belum tentu juga kalau menteri baru hasil reshuffle akan lebih baik dari sebelumnya. Sekarang yang paling penting, menjadi seorang pejabat perlu namanya integritas. Kalau integritas dan keseriusan bekerja hanya untuk rakyat, tentu dampaknya akan baik kedepannya.

Cuma, kita harus melihat juga kedepannya, bagaimana gebrakan menteri baru jika Presiden Jokowi melakukan reshuffle, apakah lebih baik atau sama saja. Sekarang, hal tersulit itu mencari menteri berintegritas tadi dan siap untuk bekerja dan mengeksekusi gagasannya.

Eksekusi itu sebenarnya paling sulit sekali, sebab itu sulit mendapat perubahan bangsa dan negara ini. Banyak orang bagus gagasannya, namun dalam eksekusinya lemah sekali.

Oleh karena itu, kita dukung pilihan Presiden Jokowi adalah yang benar. Jika nanti sama saja maka lakukan kembali reshuffle kabinet untuk mencari yang tepat lagi. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang sangat sulit untuk dihentikan ini, kita butuh menteri yang punya sense of crisis yang baik.

Paling penting, Presiden Jokowi tetap berpegang teguh pada hati nuraninya dalam memilih menteri yang baru bukan berdasarkan kata-kata partai politik koalisi. Memilih menteri sebagai hak prerogatif harus bisa dijalankan Presiden Jokowi tanpa ada intervensi dari siapapun.

Kalau ada intervensi, penulis rasa akan seperti biasa saja kinerja para menteri itu atau begitu-begitu saja atau stagnan. Karena itu, pilihan Jokowi adalah terbaik untuk bangsa dan negeri ini.

Jangan salah, kalau sudah diintervensi oleh oknum dari luar maupun dalam soal reshuffle ini, maka percayalah bahwa mneteri yang baru tidak akan lebih baik dari yang lama. Reshuffle akan sia-sia saja dan reshuffle akan semakin sering dilakukan.

Saatnya, kita menunjukkan reshuffle kabinet itu benar-benar memilih menteri yang paling baik dan bisa bekerja sesuai ekspektasi pimpinannya dan rakyat pada umumnya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Juandi M