Review Aplikasi Let’s Read: Bantu Anak Membangun Kebiasaan Membaca


Review Aplikasi Let's Read: Bantu Anak Membangun Kebiasaan Membaca

Apakah di sini ada yang sudah mempunyai anak? Atau masih berencana dan sedang belajar ilmu parenting? 

Kali ini aku akan me-review salah satu aplikasi yang sangat bermanfaat dan bisa membantu para orangtua untuk membangun kebiasaan membaca bagi anak-anaknya.

Kita pasti menyadari akan pentingnya membaca, karena dengan membaca hati dan pikiran akan terbuka, menambah wawasan ilmu pengetahuan, dan memberikan berbagai makna kehidupan agar menjadikan pribadi lebih bijaksana.

Oke, langsung saja pada review-nya.

Aku punya anak yang masih berusia dua bulan saat ini, tapi aku sudah membiasakan diri sejak hamil untuk memperdengarkan berbagai bacaan untuk anakku.

Nah, aplikasi Let’s Read ini sangat membantu proses parenting-ku. 

Let’s Read ini adalah aplikasi membaca cerita yang dilengkapi dengan gambar ilustrasi, sehingga lebih menyenangkan dan mudah diakses agar membangun kebiasaan membaca bagi anak-anak.

Aplikasinya bisa didapatkan secara gratis di Play Store ataupun App Store. Aplikasi Let’s Read telah di-download sebanyak lebih dari 100 ribu kali dan mendapatkan ulasan bintang 4,6 dari 5 bintang. 

Berikut fitur-fitur yang disediakan aplikasi Let’s Read:

  • Ini adalah tampilan ketika loading membuka aplikasi. Lucu, kan, gambarnya?
  • Di bawah ini adalah tampilan profil anak yang akan membaca, artinya aplikasi ini bisa digunakan oleh lebih dari satu profil, misal jika memiliki anak lebih dari satu, jadi progres membaca anak akan terpantau.
  • Ini adalah tampilan profil anakku. Ada nama anakku dan kemajuan membacanya, berupa jumlah waktu membaca dan target harian. Parents juga dapat mengganti foto profilnya dengan gambar-gambar lucu.
  • Di bawah ini adalah tampilan jika kita memilih satu buku yang akan dibaca, lebih jelasnya bisa lihat tulisan berwarna kuning di gambar ini.
  • Parents, kategori yang disediakan Let’s Read ini sangat beragam, lho, mulai dari cerita yang ber-genre petualangan hingga cerita yang mengajak anak berpikir kritis juga ada. Parents tinggal pilih saja.
  • Gambar di bawah ini adalah tampilan berandanya. Terdapat informasi event yang tengah berlangsung dan cerita pilihan pada hari itu. Di bagian pojok kanan atas, parents dapat mengatur pilihan bahasanya.
  • Di bagian ini parents dapat melihat riwayat buku cerita yang sudah dibaca, disukai, atau di-download untuk dibaca secara offline.

Nah, itulah review aplikasi untuk membantu membangun kebiasaan membaca untuk anak-anak kita. Aplikasi Let’s Read ini sangat bermanfaat sekali.

Namun, meskipun begitu buku fisik konvensional tetap lebih baik, ya, Parents. 

Usahakan di samping kemudahan digitalisasi buku bacaan, kita juga tetap harus menyediakan buku bacaan fisik.

Bagaimanapun juga penggunaan gadget bagi anak-anak harus diatur waktunya sedemikian rupa dan dalam pengawasan orangtua.

Terima kasih telah berkunjung. Stay healthy and happy.