Review Korean Movie: Alive (2020)


Review Korean Movie: Alive (2020) 1

Menonton film atau movie merupakan kegiatan yang menjadi hobi banyak orang. Lagi-lagi, dengan alasan Covid19 yang masih memenjarakan banyak orang dirumah, menonton merupakan salah satu pilihan terbaik untuk membunuh waktu.

Alive (2020) adalah movie dari Korea lainnya dengan tema zombie. Film ini dibuat oleh seorang penulis asal Amerika, Matt Naylor dan di garap oleh Cho Il Hyung dengan pemeran utama Park Shin Hye dan Yoo Ah In. Setelah terpukau dengan Train To Busan, dapatkah film Alive membuat kita terpukau sekali lagi dengan film zombie dari Korea?

Sinopsis

Poster Movie Alive
Poster Movie Alive

Movie ini mengambil latar di Korea, tepatnya di sebuah kompleks apartemen dimana pemeran utama kita, Oh Joon Woo yang merupakan seorang gamer yang lebih sering tinggal di rumah dibanding bepergian.

Pagi itu, Joon Woo mendapat berita bahwa sebuah virus aneh membuat warga menjadi buas dan menyerang warga lain. Dikabarkan juga bahwa virus menyebar lebih cepat di daerah yang pada penduduk. 

Tidak percaya, Joon Woo melihat keluar melalui balkon apartemennya, dan mendapati semua orang berlarian keluar dari gedung, juga menyaksikan secara langsung bagaimana warga yang terinfeksi menyerang orang-orang yang belum terinfeksi.

Terkejut, panik, Joon Woo terjatuh di lantai ketika ia mendengar seseorang mengetuk pintu apartemennya. Tetangga sebelah masuk dan menceritakan bahwa kakaknya yang baru saja pulang dari suatu tempat bersikap aneh, dan bahkan menyerangnya. Joon Woo tampak tidak perduli dan meminta tetangganya itu pulang. Akhirnya tetangga setuju untuk pulang setelah ia selesai memakai kamar mandi.

Joon Woo mengambil sebilah pisau untuk mengancam tetangganya agar ia pergi setelah ia keluar dari kamar mandi. Dan benar saja, ia lihat tetangganya itu memegang sapu tangan dengan darah. Sekali lagi, dengan jarak yang sangat dekat, Joon Woo menyaksikan seseorang berubah menjadi zombie didepan matanya.

Review

Poster Movie Alive
Poster Movie Alive

Untuk kalian yang tidak terbiasa menonton film horor, atau bahkan penakut, film ini akan menguras habis energi kalian untuk berteriak (saya menonton dengan adik saya yang terus teriak selama film diputar). 

Film ini menceritakan kisah Joon Woo yang mencoba untuk bertahan hidup di tengah serangan para zombie, bukan merupakan ide yang jarang digunakan, namun memberikan efek yang luar biasa ketika kita melihat ia dan Kim Yu Bin yang diperankan oleh Park Shin Hye berhasil diselamatkan oleh tim penyelamat.

Dibanding dengan sekuel dari Train To Busan, movie yang sama-sama bertema survival ini jauh lebih baik dari berbagai sudut pandang. Alur yang cukup santai dan lambat, namun cukup menegangkan. Alive (2020) memberikan cukup banyak waktu bagi kedua pemeran utama untuk saling mengenal dan perduli satu sama lain hingga mereka pun tidak ingin siapapun mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan yang lainnya.

Adegan kejar-kejaran yang menegangkan merupakan salah satu bagian paling menarik dalam film dengan tema zombie. Adegan yang akan membuat kita berteriak “cepetan cepetan cepetaaaannnn” karena mereka berulang kali hampir tertangkap para zombie.

Scene yang mungkin akan paling membuat kalian putus asa di akhir film, ketika mereka berdua dibius dan Yu Bin dimasukkan ke dalam sebuah kamar dengan seorang zombie di dalamnya. Parahnya, adegan ini tidak di shoot dari dalam kamar yang membuat kita tidak tau apa yang terjadi di dalam.

Secara keseluruhan, film ini mendapat rating 88% dari Rotten Tomatoes, 6,1 di IMDb, dan 7,09 di  On Korean review aggregator Naver Movie Database. Saya sendiri akan memberikan rating 8,5. Setelah kecewa dengan Peninsula, Alive (2020) merupakan movie yang amat-sangat jauh lebih menyenangkan dan memuaskan untuk di tonton.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lauren

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap