Review Saham HMSP Selama Tahun 2020 – “Pelan Namun Pasti”


Review Saham HMSP Selama Tahun 2020 – “Pelan Namun Pasti” 1
Gambar 1. Charting Bulanan Saham HMSP
Gambar 1. Charting Bulanan Saham HMSP

Gambar 1 bagian B – MACD; Pasar HMSP dalam trend bearish. Saham diperdagangkan harga turun dalam jangka waktu yang cukup lama (lihat gambar 1 bagian A di atas, dimulai Februari 2019). Batang histogram menunjukkan gejala kenaikan harga di setiap bulannya. Bahkan di bulan Desember 2020 lalu, harga berhasil bangkit dari daerah minus alias masuk zona harga naik. Kedua garis MACD juga sudah menunjukkan goldencross di bulan November 2020. Namun perlu kita perhatikan lebih jauh, posisi kedua garis MACD ini berada jauh di bawah garis nol, yaitu posisi di sekitar -493,34 point. Untuk berbalik dan naik kembali ke garis nol kemungkinan akan membutuhkan beberapa masa yang belum berani penulis prediksikan. Bila pertimbangannya adalah investasi jangka panjang, saham ini menjadi salah satu rekomendasi penulis, sebab harga saham HMSP berada dalam posisi diskon (harga murah).

Gambar 1 bagian C – Stochastic; “Pelan Namun Pasti”, mungkin istilah ini tepat untuk HMSP 2020. Triwulan pertama tahun 2020, kondisi pasar berada di titik terendah jenuh jual. Memasuki bulan – bulan berikutnya, pasar memutuskan untuk mulai mengkoleksi saham ini kembali. Terlihat garis – garis stochastic bergerak di luar area 20%. Namun pergerakan garis ini cenderung mendatar, definisi sederhananya adalah walaupun pasar berhasil keluar dari zona jenuh jual namun kekuatan beli masih sama dengan kekuatan jual atau istilah lainnya pasar bergerak sideways.

Gambar 1 bagian A – Candlestick & MA (10, 20, 50); Kondisi trend yang sedang dihadapi oleh saham ini sudah penulis paparkan di atas. Pada bagian ini, penulis ingin membahas pola candlestick yang memiliki kecenderungan bergerak di bawah dan atau menyinggung di garis MA 10. Garis merah ini  merupakan garis penghalang naiknya harga di pasar. Bilapun terjadi kenaikan, maka harga tersebut akan kembali terdorong untuk bergerak di bawah si garis merah. Dengan pola gerak yang sudah lama seperti ini, bisa menjadi alat bagi traders jangka pendek (misalnya harian atau mingguan) dengan modal kecil untuk trading pada saham ini. Nikmati saja pola gerak ombak naik dan turunnya saham ini pada range yang sudah terbaca di grafik.   Ada kabar yang cukup menggembirakan, lebar jarak garis MA 10 (garis merah) dan garis MA 20 (garis hijau) tampak semakin mendekat atau mengecil. Hal ini menandakan potensi kenaikan harga pasar menunjukkan tanda perbaikan. Namun bila mengingat kembali dan memadukan dengan alat analisis MACD, yaitu jarak dua garis MACD yang masih jauh di bawah garis nol, maka kenaikan harga ini bersifat “Pelan namun Pasti” 😀

PENUTUP

HMSP merupakan investasi saham jangka panjang dengan kondisi harga terkini di posisi diskon. Bagi investor adalah baik untuk menambah koleksinya dengan membagi pembelian saham dalam beberapa bulan alias tidak borong habis dalam satu kali pembelian. Januari 2021 ini, HMSP masih melanjutkan harga downtrend.   

Akhir kata, penulis mengingatkan kembali, bahwa tulisan di atas ini hanyalah sebuah analisa teknikal yang didasarkan pada informasi yang disajikan pada sebuah grafik saja, sedangkan pada realitasnya harga saham sangat dipengaruhi banyak faktor. Jadi Keputusan yang tepat tetap ada di tangan Anda. Terima kasih.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Paulus Hary

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments