Review Sword Art Online Progressive – Aria of a Starless Night

Review Sword Art Online Progressive - Aria of a Starless Night

Film Sword Art Online The Movie: Progressive – Aria of a Starless Night  sudah tayang di bioskop Indonesia sejak 5 Januari 2022. Film yang sudah ditunggu-tunggu oleh penggemar anime khususnya anime Sword Art Online akhirnya tiba juga setelah perubahan jam tayang dari 12 Januari menjadi 5 Januari.

Sebelum dilanjutkan, mungkin ada sedikit peringatan untuk teman-teman semua yang belum menonton filmnya.

WARNING SPOILER!!

Cerita pada film ini akan berfokus pada karakter Asuna, Asuna sendiri merupakan salah satu pemain yang terjebak dalam game VRMMORPG Sword Art Online. Pada film ini akan menceritakan bagaimana perjalanan Asuna ketika dia mulai berpetualang di dunia game SAO.

Tidak seperti pada serial utamanya yang diperlihatkan bahwa Asuna sudah menjadi pemain yang hebat ketika bertemu kirito. Namun, pada film ini kita akan diperlihatkan bagaimana Asuna yang awalnya tidak mengetahui atau tidak pandai bermain game hingga menjadi player yang hebat seperti yang kita kenal sekarang. 

Asuna pada awalnya hanya gadis biasa yang tidak pandai bermain game, dia hanya gadis yang pandai dalam belajar dan atletis dalam hal olahraga. Hal ini kita dapat lihat pada permulaan film. Tentunya semua itu Asuna lakukan tidak lepas dari tuntutan dari keluarganya yaitu ibu nya sendiri yang menginginkan Asuna selalu berprestasi dan masuk ke sekolah unggulan.

Baca juga  5 Karakter dengan Bounty Tertinggi di Anime One Piece

Tuntutan dari ibu Asuna, dapat kita lihat pada series anime Sword Art Online season 2 pada arc Mother Rosario. Akan tetapi meski dia telah berusahan dalam belajar, Asuna tetap kalah dalam hal peringkat oleh teman sekelasnya yang bernama Misumi Tozawa.

Pada film ini sosok Misumi Tozawa menjadi sosok yang merubah Asuna baik sebelum game SAO dan ketika mereka mulai berpetualang. Karena ketidaksengajaan, akhirnya mereka bertemu dan berteman dengan sering bermain game bersama setelah pulang sekolah.

Ketika peluncuran Game Sword Art Online dimulai, Asuna tanpa sengaja meminjam Nerve Gear milik kakaknya dan masuk kedalam game Sword Art Online untuk mengikuti Misumi bermain game tersebut.

Hal yang menjadi manarik ketika Asuna masuk kedalam game ialah dia menggunakan nama aslinya, hal tersebut telah kita ketahui bersama pada series utamanya. Akan tetapi, tidak hanya menggunakan nama asli, Asuna juga menggunakan tampilan karakter yang sama dengan dirinya di dunia nyata.

Baca juga  Review Dragon Nest M : Skill to Win, Rise and Fall

Hal tersebut benar-benar menunjukan kepada kita bahwa Asuna memang bukan seorang gamer.

Pada awal ketika Asuna memainkan game SAO dia dibantu oleh Misumi untuk mempelajari fitur-fitur yang terdapat pada dunia virtual dan game Sword Art online itu sendiri.

Sehingga ketika sebuah insiden terjadi diantara mereka, menyebabkan mereka berpisah, hal ini menjadi pemicu Asuna untuk menjadi kuat didalam game tersebut. Perpisahan dia dengan Misumi atau Mito (Nama Karakternya pada game SAO) membuat dia bertemu dengan player lain, dan itu ialah Kirito.

Ketika dia berpetualang dengan Kirito, Asuna perlahan mulai meredakan ambisinya untuk menjadi kuat dan menyelesaikan game tersebut dengan sembrono dan mulai menikmati hidupnya di dalam kastil Aincard. 

Topik utama pada film ini berisikan tentang perubahan yang terjadi pada Asuna yang mulanya hanya gadis biasa hingga menjadi pemain yang hebat dalam bertarung melawan beberapa monster hingga bos di game SAO.

Cerita pada film ini sangat menarik untuk diikuti, karena tidak terdapat pada series anime utamanya. Sehingga teman-teman tidak akan bosan menonton film ini.

Pada gambar background atau visual efek pada film ini tidak jauh berbeda dengan series utamanya, terutama pada visual efek yang terkait dengan game SAO. Namun, pada film ini kualitas dari gambar dan visual efek sendiri memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan series anime utamanya.

Baca juga  5 Pertandingan Olahraga Terbaik & Terseru di Anime

Begitu pula dengan backsound yang terdapat pada film ini, beberapa backsound tetap sama seperti series animenya seperti ketika bertarung melawan bos dan lainnya. Namun, pada beberapa bagian terdapat backsound yang baru dapat kita dengar ketika menonton film ini hingga lagu themesong yang dinyanyikan oleh LiSA yang berjudul Yuke.

Pada website myanimelist, film Sword Art Online Progressive memiliki rating 7,98 sedangkan pada website Imdb.com memiliki rating 7,4.

Meskipun memiliki rating yang terbilang cukup bagus, teman-teman semua disarankan untuk menonton film ini. Karena film ini menjadi awal dari film Sword Art Online Progressive selanjutnya yang menceritakan petualangan Asuna, Krito dan kawan-kawannya di dalam game Sword Art Online yang tidak terdapat pada series anime nya.

Adapun film kedua dari Sword Art Online Progressive telah diumumkan, dan akan tayang pada tahun ini yaitu 2022 dengan sub judul “Scherzo of Deep Night”. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

PSY Zeta