Rindu Seseorang? Sedih? Marah? Kecewa? Inilah Beberapa Tips yang Bisa Kamu Lakukan

Rindu Seseorang? Sedih? Marah? Kecewa? Inilah Beberapa Tips yang Bisa Kamu Lakukan

Tentu, sakit dan sedih rasanya saat kita merindukan seseorang yang tidak memiliki perasaan yang sama dengan kita. Atau sedang marah dengan pasangan? Baru putus cinta, mungkin? Atau sedang kecewa dengan pasangan?

Cinta adalah sesuatu yang sulit untuk dipahami dan dikontrol, bahkan seorang psikiater dan psikolog klinis yang dalam kesehariannya bergelud di bidang hormon dan neurotransmitter manusia pun sulit menaklukan perasaannya sendiri.

Mengerti bukan berarti dapat 100% mengobati, akan tetapi dapat meminimalisir rasa sakit yang kita rasakan. Selain memberi pengertian terhadap perasaan kita, distraksi juga diperlukan agar kita bisa melupakannya dan move on. Karena berlarut-larut dalam kesepian dan kesedihan bukanlah hal yang baik. Oleh karena itu, kali ini, aku akan membagi beberapa tips untuk mendistraksi pikiran dari perasaan yang kalian rasakan saat ini.

Ini dia 3 tips ampuh dalam mengalihkan perasaan kalian.

1. Ekspresikan Perasaan Kalian

Ambillah buku diary atau jurnal kalian! Jika tidak punya, kalian bisa menggunakan perangkat elektronik, seperti mengetiknya di note smartphone atau laptop kalian. Anggap benda tersebut sebagai orang yang sedang kalian pikirkan. Ekspresikan perasaan kalian di dalamnya. Apa yang membuat kalian rindu padanya, kenangan-kenangan yang kalian miliki, dan bagaimana perasaan serta situasi kalian di masa lalu dan masa kini. Ekspresikan se-detail mungkin. Menangislah jika diperlukan.

2.  Istirahat Sejenak

Setelah kalian puas mengekspresikan perasaan kalian, duduklah! Tarik nafas panjang dan hembuskan perlahan. Ulangi hal ini hingga diri kalian kembali merasa damai.

3. Hargai Diri

Peluk diri dengan butterfly hug dan tersenyumlah! Puji dan berterima kasihlah pada diri kalian karena telah berani mengutarakan perasaan dengan jujur.

Pelukan Kupu-Kupu (Butterfly Hug). Sumber: klikdokter
Pelukan Kupu-Kupu (Butterfly Hug). Sumber: klikdokter

Perasaan tidak akan pernah bisa diprediksi. Tidak apa bersedih sesekali. Terimalah perasaan kalian. Tidak perlu malu dan berbohong pada diri sendiri. Diri kalian berharga. Oleh karena itu, jika perasaan itu datang lagi, kalian bisa melakukan hal yang sudah tertera diatas hingga kalian merasa lebih baik dan mampu melakukan hal atau pekerjaan lain.

Adalah hal yang normal jika kita rindu, sedih, kecewa, atapun marah pada seseorang. Mau dia orang yang memiliki ikatan dengan kita ataupun tidak, perasaan harus tetap diutarakan. Alangkah baiknya jika kita bisa mengutarakannya langsung. Tapi, tidak masalah jika hanya Tuhan dan diri kalian sendiri yang dapat mengetahuinya, karena itu pun cukup. Semoga tulisan ini dapat membantu. Terima kasih telah peduli pada diri kalian 🙂 Salam.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Mar'atus Salihah