Tips Memilih Rumput Futsal Yang Cocok Untuk Lapangan Futsal Anda


Tips Memilih Rumput Futsal Yang Cocok Untuk Lapangan Futsal Anda 1

Rumput futsal adalah salah satu faktor terpenting dalam merancang sebuah lapangan futsal. Hal ini karena dengan menggunakan jenis rumput yang tepat akan membantumu dalam perencanaan ketika akan mengatur biaya untuk membangun sebuah lapangan futsal.

Ketika anda salah menggunakan jenis rumput futsal, bisa-bisa anda malah boncos pada biaya dalam membangun lapangan futsal, karena tidak cocok sehingga tidak bisa digunakan untuk bermain. Selain itu, ada faktor lain, yaitu seperti lokasi lapangan yang berada di dalam ruangan (Indoor) ataupun luar ruangan (Outdoor).

Untuk area lapangan yang berada di dalam ruangan (Indoor) sendiri, umumnya semua pemilik usaha lapangan futsal menggunakan rumput yang berjenis sintetis. Hal ini dipilih karena perawatan rumput sintetis yang lebih mudah jika dibandingkan dengan rumput asli.

Selain itu, harga rumput sintetis futsal juga terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan rumput asli karena biaya perawatanya yang mahal.

Namun, sebelum anda memutuskan untuk membangun sebuah lapangan futsal yang menggunakan rumput, anda juga harus memperhatikan aturan standar lapangan futsal Internasional yang dibangun oleh FIFA. Lapangan futsal sendiri terdapat 4 jenis dimana masing-masing memiliki kekurangan maupun kelebihan.

Tips Memilih Rumput Futsal Yang Cocok Untuk Lapangan Futsal Anda 3

Beberapa jenis lapangan futsal menurut standar FIFA adalah:

  • Jenis lapangan futsal Taraflex
  • Jenis lapangan futsal Vynil
  • Jenis lapangan futsal Parquette
  • Jenis lapangan futsal Karpet Plastik

Walau begitu, di Indonesia umumnya terdapat dua jenis lapangan futsal yang banyak tersedia dan digunakan. Kedua lapangan futsal tersebut adalah, lapangan futsal yang menggunakan rumput dan lapangan futsal yang menggunakan semen.

Pada lapangan futsal yang menggunakan semen, para pemilik usaha lapangan futsal biasanya menggunakan lapangan jenis ini pada area diluar ruangan atau outdoor. Untuk lapangan futsal yang menggunakan semen memiliki keunggulan berupa perawatan yang murah, namun lapangan ini juga memiliki kekurangan yang cukup serius, yaitu resiko cedera yang cukup tinggi, mengingat permukaan dasar dari lapangan yang keras.

Untuk lapangan futsal yang menggunakan jenis rumput sintetis memiliki keunggulan yang cukup banyak, diantaranya adalah kontrol bola menjadi lebih mudah karena aliran bola menjadi tidak begitu liar, perawatan lapangan yang tidak terlalu rumit, kemudian lapangan ini juga lebih aman karena empuk apabila dibanding lapangan semen yang keras.

Untuk jenisnya, rumput sintetis sangat beragam, mulai dari rumput sintetis berjenis jepang, rumput sintetis berjenis swiss, rumput sintetis berjenis Golf. Lapangan futsal sendiri biasanya menggunakan rumput sintetis berjenis Swiss dengan ketebalan 3 cm hingga 5 cm.

Kemudian, bahan baku dari rumput sintetis terdapat beberapa jenis, mulai dari polyethylene, Nilon dan polypropylene. Dari ketiga bahan diatas, rumput futsal sintetis berbahan polypropylene memiliki harga yang paling bersahabat namun tetap memiliki ketahanan atau durability yang tangguh.

Nah, dipasaran sendiri harga rumput sintetis futsal terbilang sangat beragam mulai dari harga yang murah hingga yang mahal. Harga dari rumput futsal tersebut mulai dibanderol dari 150 ribuan dan harga termahal mulai dari 200 ribuan.

Namun jangan terkecoh dengan harga rumput sintetis futsal yang murah, karena faktanya jika anda tidak jeli, bisa jadi lapangan futsal anda tidak akan bertahan lama. Sehingga akan menyebabkan kerugian untuk anda dikemudian hari.

Tak hanya kualitas rumput futsal yang bagus saja, anda juga perlu memilih tim dari jasa yang akan anda pakai untuk instalasi rumput di lapangan. Karena apabila tim pemasang rumput belum berpengalaman, bisa jadi akan mempengaruhi ketahanan serta kerapihan dari rumput futsal itu sendiri.

Dan terakhir adalah, ketika anda tengah mencari rumput futsal, sebaiknya anda mencari rumput futsal sintetis yang memiliki garansi serta sertifikat berstandar internasional. Dengan memiliki garansi, maka anda akan memiliki sebuah jaminan apabila rumput milik anda rusak ketika dalam masa garansi, maka pihak penjual akan mengganti kerusakan tersebut.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andra Hermawan

   

1 Comment
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap