Saat-saat Masa keemasan Bunyodkor 2008

Saat-saat Masa keemasan Bunyodkor 2008

Salah satu andalan klub asal Uzbeekistan bernama Bunyodkor, pernah mengalami masa kejaayaan saat membeli beberapa pemain bintang, bahkan salah satunya pemain yang meraih balon d’Or tahun 199, asal Brasil Rivaldo Vitor Borba Ferreira yang merupakan pemain duetnya bersama Ronaldo de Lima.

Tepatnya pada tanggal 25 Agustus tahun 2008, saat itu sebuah klub asal negara Uzbekistan mengontrak pemain seharga 200 milyar bernama Rilvaldo, dengan durasi kontrak selama dua tahun, seperti diketahui Rivaldo merupakan pemain yang cukup populer saat itu.

Baca juga  Liga Inggris Everton 2-1 Arsenal, Catatan Buruk Meriam London
Saat-saat Masa keemasan Bunyodkor 2008

Bahkan klub yang baru berdiri tahun 2005 belum punya pengalaman banyak di kancah persepakbolaan khususnya di Uzbekistan, dan tiba-tiba saja, publik dikejutkan dengan kedatangan pemain dunia saat itu.

Kiprah

Saat-saat Masa keemasan Bunyodkor 2008

Awalnya klub berkompetisi di kompetisi kasta ketiga Liga Uzbekistan, namun perlahan mereka naik ke kasta tertinggi hingga akhirnya tahun 2007 merekaa meraih posisi keduaa dibawah klub terkenal lainnya Pakhtakor Tashkent, dan mengejutkan banyak pihak, sekaligus membawanya berkompetisi di ajang Liga Champions Asia pada tahun 2008 saat itu.

Baca juga  Valeri Bojinov, Debut Usia 15 Tahun di Lecce

Awal yang baik, dimana saat itu meruapakan masa keemasan klub yang baru saja berdiri, namun langsung merenovasi stadion berstandar FIFA, tak hanya itu beberapa pemain top Barcelona menjadi incaran, tak hayal pemain top asal Kamerun saat itu, Samuel Eto’o yang mendapatkan tawaran emas bermain dalam jangka waktu pendek. Namun Eto’o menolak dengan hormat, dengan kedekatan klub dengan Barcelona dan akhirnya memrekrut Rivaldo dengan durasi dua tahun. 

Baca juga  Fakta Menarik Chris Wood, Penyerang Newcastle United Asal Selandia baru

Pemilik

Sementara untuk pemilik klub, tak bisa dipungkiri saat itu klub dimiliki oleh Perusahaan Besar bernama Zeromax, merupakan sebuah perusahaan yang berpusat di Swiss kemudian bergerak di beberapa bidang, diantaranya di bidang gas, minyak, dan emas. Namun pelaksanaan kerjanya di Uzbekistan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Zaenal