Saingan Dari Sains, 7 Pseudosains Ini Masih Banyak Dipercaya Orang

Saingan Dari Sains, 7 Pseudosains Ini Masih Banyak Dipercaya Orang 1

Pseudoscience atau pseudosains adalah pernyataan, teori, atau praktik yang diklaim ilmiah padahal tidak sesuai dengan praktik ilmiah. Pseudoscience berasal dari kata Yunani pseudo artinya “salah” dan science berasal dari kata latin scientia yang berarti “pengetahuan”. Jadi, pseudosains adalah ilmu pengetahuan atau informasi yang seolah-olah ilmiah namun pengetahuan tersebut tidak valid dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah.

Pseudosains sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun ilmu pengetahuan sekarang ini sudah maju, tetap saja masih banyak orang-orang yang mempercayai pseudosains ini. Ada banyak pseudosains, seperti teori bumi datar, pemalsuan Apollo 11, UFO, dan masih banyak lagi, Inilah 6 contoh pseudosains yang masih banyak yang percaya.

Teori bumi datar

Saingan Dari Sains, 7 Pseudosains Ini Masih Banyak Dipercaya Orang 3

Teori atau gagasan bahwa bumi itu datar muncul dalam filsafat Yunani kuno pada abad ke-6 SM dimana teknologi antariksa masih belum semaju sekarang. Saat ini, teknologi dan ilmu pengetahuan sudah maju dengan pesat. Kita bisa dengan mudah mengetahui bentuk permukaan bumi kita dengan menggunakan teknologi saat ini, tetapi masih ada juga yang percaya bahwa bumi itu datar dan menyebut dirinya sebagai Flat-Earthers.

Para Flat Earthers atau penganut bumi datar percaya bahwa bumi berbentuk cakram datar yang dikelilingi oleh dinding es yang sangat besar dan curam dan menahan air laut. Selain itu, mereka menolak adanya gravitasi, mereka berdalih bahwa benda yang jatuh berakselerasi hingga 9,8 m per detik ke tanah. Mereka juga menjelaskan terjadinya siang dan malam karena matahari dan bulan yang berdiameter 50 km mengelilingi bumi pada ketinggian 5.500 km.

Kiamat 2012

Saingan Dari Sains, 7 Pseudosains Ini Masih Banyak Dipercaya Orang 4

Pada 2012 dan tahun-tahun sebelumnya, internet dibuat heboh dengan sebuah teori yang mengatakan bahwa bumi akan kiamat dalam waktu dekat, tepatnya tahun 2012. Kiamat tersebut awalnya diperkirakan terjadi pada Mei 2003, tetapi kiamat tersebut tidak terjadi dan diundur ke 21 Desember 2012.

Ada banyak spekulasi-spekulasi yang terjadi pada bumi pada tahun tersebut, mulai dari bumi akan bertabrakan dengan planet yang bernama Niburu atau planet X atau Eris, kerak bumi berputar 180 derajat atau pembalikan medan magnet bumi, meteor raksasa yang akan menabrak bumi, matahari akan menyemburkan badai api atau biasa disebut jilatan api dan masih banyak lagi spekulasi-spekulasi tentang bagaimana bumi hancur pada tahun 2012 dan semua itu terbukti tidak benar.

Segitiga Bermuda

Saingan Dari Sains, 7 Pseudosains Ini Masih Banyak Dipercaya Orang 5

Segitiga Bermuda atau Bermuda Triangel atau segitiga setan adalah wilayah di samudera Atlantik di antara pulau Bermuda, Puerto Rico, dan Florida. Konon, di segitiga Bermuda tersebut ada lebih dari 50 kapal dan 20 pesawat yang menghilang secara misterius. Misteri segitiga Bermuda ini dilaporkan pertama kali pada abad ke-19, dimana beberapa kapal ditemukan sudah ditinggalkan tanpa alasan yang jelas dan tidak mengirimkan sinyal tanda bahaya dan tidak pernah terlihat lagi.

Selain itu, pesawat dilaporkan hilang dan saat dilakukan misi pencarian, puing-puingnya belum ditemukan. Ada banyak teori yang bermunculan untuk menjelaskan tentang misteri tersebut, misalnya sebuah teori bahwa kapal atau pesawat tersebut dihancurkan oleh gelembung gas metana raksasa yang mudah terbakar yang keluar dari bawah laut dan terkena petir atau percikan listrik yang membuat kapal atau pesawat terbakar tanpa sisa.

Ada juga teori adanya geomagnetik misterius yang membuat navigasi menjadi bermasalah dan teori aneh lainnya seperti karena “energi kristal” dari kota Atlantis yang hilang, adanya portal ke dunia lain dan juga tentang adanya pangkalan alien di segitiga Bermuda.

Cerita tentang kengerian segitiga Bermuda ini ditulis oleh Charles Berlitz. Sayangnya, cerita tentang segitiga Bermuda tersebut dibantah karena tidak memiliki bukti penelitian yang kredibel, banyak kesalahan-kesalahan dalam cerita dan bermacam teori-teori yang tidak ilmiah. Cerita-cerita yang ia tulis terkesan seperti khayalan sang penulis itu sendiri yang jauh dari kata ilmiah.

Cryptozoology (Pencarian makhluk-makhluk yang belum terbukti keberadaannya)

Saingan Dari Sains, 7 Pseudosains Ini Masih Banyak Dipercaya Orang 6

Cryptozoology diambil dari kata Krypto yang artinya “sembunyi”. Cryptozoology atau bisa juga disebut sebagai cryptids adalah hewan atau tanaman yang dipercaya ada namun tidak bukti dengan konkret. Contoh dari makhluk cryptozoology adalah Bigfoot, monster Loch Ness, Yeti, Homo Floriensis, Ningen dan masih banyak lagi.

Cryptozoology banyak dikritik dan ditolak oleh dunia akademis. Ada kesepakan dari para akademisi bahwa cryptozoology merupakan pseudosains karena proses penyelidikannya diyakini tidak mungkin pernah ada dan tidak mengikuti metode ilmiah. Cerita tentang makhluk-makhluk cryptids tersebut pun dikemas seperti cerita rakyat yang tidak nyata.

Cryptozoology juga memiliki kesamaan dengan pseudosains-pseudosains lainnya seperti ufology dan ghost hunter (berburu hantu).

Hipnotis

Saingan Dari Sains, 7 Pseudosains Ini Masih Banyak Dipercaya Orang 7

Melihat kata hipnotis, yang ada di pikiran kita adalah suatu kondisi dimana seseorang merasa linglung atau tidak sadarkan diri dan bersugesti seperti yang disugestikan oleh si penghipnotis untuk melakukan sesuatu atau melihat sesuatu seolah-olah itu nyata. Tapi, bukan itu hipnostis yang sebenarnya. Yang kamu lihat di acara televisi yang menampilkan seorang penonton disugesti oleh penghipnotis seolah-olah melihat sesuatu itu sebenarnya hanya akting, hipnoterapi merupakan proses perbaikan diri, bukan hiburan.

Hipnotis identik dengan tidak sadarkan diri sudah melakukan sesuatu, sebenarnya itu juga salah, justru sebaliknya, saat di hipnotis, seseorang akan berada pada keadaan sangat bahkan terlewat sadar. Karena keadaan yang sangat sadar tersebut, kamu memiliki kendali penuh atas pikiranmu dan tidak akan kehilangan kendali.

Ada lagi kesalahpahaman tentang hipnotis ini, yaitu hipnotis dapat membuat seseorang mengaku atau mengatakan yang sebenarnya, itu juga salah, hipnotis tidak bisa memaksa orang untuk mengatakan yang sebenarnya atau mengaku. Selain itu, hipnotis juga tidak akan membuat perasaan dan ingatannya menghilang setelah hipnotis, itu semua mitos.

Pendaratan Apollo 11 palsu

Saingan Dari Sains, 7 Pseudosains Ini Masih Banyak Dipercaya Orang 8

Ini sebenarnya masih berhubungan dengan poin ke 1, yaitu Flat Earthers. Para penganut flat earth menganggap pendaratan Apollo 11 ke bulan merupakan tipuan dan menganggap itu sebuah konspirasi bumi bulat yang diatur oleh NASA dan lembaga pemerintah lainnya. Para pengikut Flat Earth Society menolak percaya dengan gambar-gambar yang menampilkan bumi berbentuk bulat yang diambil dari satelit.

Astrologi

Saingan Dari Sains, 7 Pseudosains Ini Masih Banyak Dipercaya Orang 9

Astrologi adalah sebuah ilmu atau keyakinan yang mengklaim bahwa posisi dan kesejajaran bintang dan planet akan memengaruhi kehidupan kita sehari-hari seperti suasana hati, kepribadian, lingkungan setiap individu, tergantung dari kapan ia lahir.

Astrologi telah ditolak oleh komunitas ilmiah karena tidak dapat dibuktikan kevalidatannya secara ilmiah dan tidak lebih dari kebetulan. DetikHealth melakukan survey yang terdiri dari 267 orang, sebanyak 57% menjawab ramalan astrologi untuk seru-seruan saja, 33% membacanya untuk hiburan, dan 10%-nya menjadikan ramalan zodiak atau astrologi sebagai referensi hidup.

Di negara maju saja seperti Amerika Serikat, 25% warganya percaya pada astrologi dan menganggapnya ilmiah. Tujuan dari astrologi adalah untuk menginformasikan individu tentang jalan hidupnya berdasarkan posisi planet dan zodiak (12 konstelasi astrologi) pada saat kelahiran dan pembuahannya. Dibandingkan masa lalu, saat ini kepercayaan terhadap ramalan-ramalan astrologi atau zodiak sudah menurun dan akan terus begitu.

Sumber Referensi:

1. https://www.scientificamerican.com/podcast/episode/flat-earthers-what-they-believe…
2. https://physicsworld.com/a/fighting-flat-earth-theory/
3. https://www.nasa.gov/topics/earth/features/2012-superFlares.html
4. https://www.nasa.gov/topics/earth/features/2012.html
5. https://examples.yourdictionary.com/examples-of-pseudoscience.html
6. https://www.britannica.com/place/Bermuda-Triangle
7. https://www.Livescience.com/amp/23435-bermuda-triangle.html
8. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Kriptid
9. https://gshypnosis.com/does-hypnosis-work-understanding-the-science-of-hypnothera…
10. https://en.m.wikipedia.org/wiki/List_of_topics_characterized_as_pseudoscience
11. https://hypnosis.edu/articles/myths
12. https://wtamu.edu/~cbaird/sq/mobile/2013/03/23/how-does-astrology-work
13. https://www.scientificamerican.com/article/is-astrology-real-heres-what-science-says
14. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3491519/penjelasan-psikologi-di-balik…
15. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Astrology_and_science
16. https://www.britannica.com/topic/astrology/Purposes-of-astrology

Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fathurrahman Al-Rasyid

   

Memikirkan kamu saja sudah berat, apalagi memikirkan hidup #bukanmain *lah kok jadi iklan rokok?