Salah Kaprah Terhadap Sebutan Wibu


Salah Kaprah Terhadap Sebutan Wibu 1

Wibu adalah istilah penghinaan untuk orang selain bangsa Asia, terutama terhadap orang Bule yang tergila-gila dengan kebudayaan Jepang, terutama anime. Mereka sering bertingkah seolah-olah sedang tinggal di Jepang, meskipun bukan orang Jepang dan tidak tinggal di Jepang. 

Sebutan Wibu juga sering ditujukan untuk orang barat yang bertingkah sok ketimur-timuran, khususnya meniru Jepang. Orang-orang barat itu ingin menjadi ninja atau samurai. Mereka menjadikan Jepang sebagai tanah suci bagi para Wibu. Mereka berusaha untuk lebih Jepang dari orang Jepang asli.

Di barat, Wibu dikenal juga dengan istilah seperti Weeaboo, Weebs, Wappanese, atau Japanophilia. Sebelum istilah ini dikenal luas, gejala-gejala wibu sudah tampak sejak lama. 

Film barat yang sok ketimur-timuran

Dragon Ball Evolution
Dragon Ball Evolution

Jauh sebelum prusahaan barat Dragon Ball ke layar lebar, sebenarnya sudah ada film-film barat yang bertingkah sok ketimur-timuran. Film-film itu mengangkat seni beladiri timur dan menjadikan orang barat sebagai tokoh utamanya. Contoh film-film lama yang pernah terkenal adalah American Samurai, American Ninja, dan American Shaolin. 

Kemudian tingkah sok ketimur-timuran itu merambat ke perbuatan yang disebut sebagai pemutihan. Salah satu contohnya adalah film Dragon Ball Evolution. Dimana tokoh-tokoh Dragon Ball karya Akira Toriyama itu adalah orang Asia, tetapi perusahaan film malah menggantinya dengan orang-orang barat. Hasilnya, film ini mendapatkan banyak kecaman dari para penggemar anime Dragon Ball.

Bahasa campur aduk

Kamus bahasa Jepang
Kamus bahasa Jepang

Gejala dalam kehidupan sehari-hari juga tampak dari cara mereka berbicara. Orang-orang barat itu gemar mencampur aduk bahasa aslinya dengan sedikit kata-kata dari bahasa Jepang. Tingkah orang-orang itu seringkali membuat orang-orang di sekitarnya merasa risih. Alasannya karena para wibu mengucapkan kata-kata itu dengan nada sok keren atau sok imut. 

Mereka mendapatkan kata-kata itu dari anime yang sering ditontonnya. Meski demikian, mereka lebih sering menonton anime yang disulih suara dengan bahasa mereka, misalnya bahasa Inggris atau Spanyol. Sebagian besar dari mereka malas untuk membaca sarikata yang muncul di bagian bawah layar. 

Bertingkah menggelikan

Wibu sungguhan
Wibu sungguhan

Tingkah dan perilaku para Wibu seringkali terkesan sangat berlebihan. Terlalu berlebihan dalam menyukai tokoh-tokoh anime kesukaannya. Tidak hanya anime, mereka juga terlalu menggilai barang-barang yang berhubungan dengan anime. Tidak sedikit pula dari mereka yang terlalu memaksakan diri agar terlihat lebih asia dari bangsa asia sendiri. Mereka juga tidak jarang bertingkah menggelikan ketika meniru kebiasaan bangsa asia.

Kesimpulan

Sebutan Wibu di Indonesia mengalami salah kaprah. Orang-orang yang suka membaca manga, menonton anime, suka cosplay, dan belajar bahasa Jepang malah terkena imbasnya. Mereka seringkali dituduh sebagai wibu oleh orang-orang yang tidak mengetahui siapakah wibu itu sebenarnya.

DI lingkungan tertentu, wibu menjadi kata ejekan untuk bahan gurauan. Sesungguhnya, wibu adalah sebutan untuk orang-orang selain bangsa asia yang bertingkah sok ketimur-timuran. Sebutan ini lebih sering ditujukan kepada orang kulit putih, orang barat, atau bangsa kaukasia. Dan orang Indonesia lebih sering menyebut bangsa mereka sebagai bule.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rinka

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap