Sampah Menumpuk ? Kelola Sampah Dengan Baik & Ikuti 5 Tips Berikut Ini

Sampah Menumpuk ? Kelola Sampah Dengan Baik & Ikuti 5 Tips Berikut Ini 1

Jogja Darurat Sampah! Kalimat tersebut menjadi hastag yang ramai diperbincang, beberapa hari terakhir di media sosial, seperti facebook. Memang beberapa hari terakhir ini, tak tampak petugas kebersihan ataupun mobil sampah yang mengangkut sampah warga.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, beberapa akun facebook dan grup di FB mengatakan jika TPA Piyungan yang biasanya menjadi jujukan pembuangan sampah di Jogja ini, tutup sementara karena akses menuju tempat pembuangan sampah terpadu ini di tutup oleh warga sekitar. Akibatnya sampah terlihat menumpuk di beberapa sudut kota jogja.

Tentu hal ini, sangat mengganggu pemandangan dan juga kesehatan warga. Nah, untuk mengatasi banyaknya sampah yang menumpuk memang perlu kesadaran dari warga untuk membantu mengatasi tingginya volume sampah yang dihasilkan oleh masyarakat di Yogyakarta ini.

Berikut ini, 5 cara mengolah sampah, agar sampah bisa dikelola dengan baik.

 

1. Reduce, kurangi sampahmu

Sampah Menumpuk ? Kelola Sampah Dengan Baik & Ikuti 5 Tips Berikut Ini 3

Mengurangi sampah yang dihasilkan sangat diperlukan, agar tidak banyak sampah yang menumpuk. Cara untuk mengurangi sampah ini, salah satunya dengan menggunakan barang-barang yang bisa di pakai berulang. Contohnya menggunakan totebag saat berbelanja. Hal ini akan mengurangi sampah plastik.

Kamu juga bisa menggunakan tempat minum yang bisa dipakai berulang atau membeli bakso/soto menggunakan wadah sendiri seperti temoat makan atau rantang. Hal ini memang terlihat merepotkan. Namun hal tersebut bisa mengurangi sampah plastik.

 

2. Rause, gunakan kembali barang-barang yang ada

Sampah Menumpuk ? Kelola Sampah Dengan Baik & Ikuti 5 Tips Berikut Ini 4

Menggunakan kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai juga bisa mengurangi sampah lho! Contohnya kamu bisa menggunakan gelas plastik yang sudah tidak terpakai sebagai tempat pensil. Menggunakan sisi kertas yang masih kosong dan masih banyak lagi. Nah, jika terdapat barang-barang di sekitar tempatmu yang sudah tidak terpakai kamu bisa memanfaatkan dengan semaksimal mungkin agar bisa mengurangi sampah.

 

3. Recycle, daur ulang sampah kita

Sampah Menumpuk ? Kelola Sampah Dengan Baik & Ikuti 5 Tips Berikut Ini 5

Daur ulang sampah adalah hal terpenting yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memilah sampah organik dan sampah non organik. Sampah non organik seperti plastik yang tidak dapat di hancurkan oleh bakteri kamu bisa mendaur ulang menjadi berbagai macam kerajinan.

Misalnya daur ulang botol bekas untuk dijadikan celengan atau tempat pensil. Daur ulang plastik berwarna untuk dijadikan bunga, dan masih banyak lagi. Yuk, berkreasi dengan sampah yang bisa di daur ulang.

 

4. Energy Recovery, yuk hasilkan energi dari sampah

Sampah Menumpuk ? Kelola Sampah Dengan Baik & Ikuti 5 Tips Berikut Ini 6

Jangan menyepelekan sampah. Sampah yang menumpuk ternyata memiliki potensi besar untuk diubah menjadi energi lho!  Misalnya sampah rumah tangga bisa dijadikan sebagai pupuk kompos. Sampah plastik yang di bakar dengan incinerator akan menghasilkan gas yang mampu dikonversi menjadi energi.

 

5. Landfill, buanglah sampah yang benar

Sampah Menumpuk ? Kelola Sampah Dengan Baik & Ikuti 5 Tips Berikut Ini 7

Nah, hal terakhir yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah adalah dengan membuang sampah dengan benar. Buanglah sampah yang tidak mampu diolah kembali ketempat pemrosesan akhir untuk nantinya dilakukan penimbunan. Ingat hanya sampah yang tidak bisa dimanfaatkan lagi ya, yang dibuang.

Nah, itulah beberapa tips atau cara agar sampah disekitar mu bisa berkurang. Tentunya hal ini membutuhkan kesadaran dari masing-masing individu. Yuk, mari bergerak untuk mengurangi sampah, agar tidak ada lagi penumpukan sampah.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Kurniaty