Sebelum bermain Futsal, Ini Yang Harus Kalian Tahu

Sebelum bermain Futsal, Ini Yang Harus Kalian Tahu 1

Olahraga Futsal makin banyak digemari pecinta olahraga sepakbola di tanah air. Tak hanya karena bisa melepas keringat dan juga hanya sekedar mencari hiburan saja.

Namun tahukan anda jika futsal ini tentunya berbeda dengan olahraga sepakbola yang sering kita lihat.

Keduanya memang sekilas nyaris mirip, sama sama menggunakan media bola sebagai alat utamanya. Namun sejatinya kedua olahraga ini ada perbedaan mendasar.

Meski sama-sama bermain bola, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan diantaranya, Olahraga Futsal ini dimainkan di lapangan dengan ukuran beberapa kali lebih kecil dari lapangan sepakbola biasa.

Sementara sepakbola biasa lebih dimainkan di lapangan dengan ukuran besar dan terdiri dari sebelas pemain sebagai ciri khas sepakbola pada umumnya.

Sebelum bermain Futsal, Ini Yang Harus Kalian Tahu 3

Sementara futsal hanya dimainkan oleh 5 pemain saja, dan bisa dimainkan di lapangan indoor atau didalam gedung.

Bagi kalian yang ingin mencoba bermain futsal namun belum begitu faham dengan olahraga satu ini agar aktivitas futsalmu semakin menarik dan kamu lebih jago lagi bermain, nah ini beberapa hal yang harus kamu tahu dan kamu pelajari tentang teknik-teknik bermain futsal yang baik.

Bola Yang Digunakan

Pada dasarnya antara sepakbola dengan futsal menang sama sama menggunakan bola yang bentuknya tak jauh berbeda dengan sepakbola pada umumnya.

Namun bola yang digunakan di olahraga futsal ini terbilang khusus dan bentuknya lebih kecil dari sepakbola biasa.

Bola futsal di rancang sebaik mungkin dengan pantulan bola tidak terlalu besar ketimbang di olahraga sepakbola pada umumnya. Dimana setiap futsal dimainkan bola baik passing atau umpan maupun shooting atau tembakan lebih banyak mendatar, berbeda dengan sepakbola biasa yang biasanya dimainkan dengan umpan umpan atas atau lambung, mengingat dimensi lapangan nya yang lebih kecil sehingga tak memungkinkan untuk seiring melakukan umpan umpan lambung dan juga tembakan yang mengarah keatas.

Teknik dasar bermain

Dalam hal teknik bermain antara futsal dengan sepakbola biasa tentunya berbeda, dilihat dari cara passing atau umpan, menggiring bola, dan juga shooting kegawang ada beberapa hal mendasar yang harus kalian kuasai.

Meski bagi mereka yang suka olahraga sepakbola namun bermain di lapangan besar, akan terlihat gugup dan kaget jika kalian belum terbiasa futsal.

Lakukan latihan umpan pendek satu dua sentuhan, pasalnya hal ini yang menjadi modal berharga kalin bermain futsal dimana, dengan kapasitas lapangan yang minim dan juga durasi waktu yang lebih pendek, futsal biasanya memperagakan permainan yang lebih cepat dibandingkan sepakbola biasa.

Hal inilah yang menuntut kita agar sesegera mungkin memberikan bola ke rekan setim lain. Dan tidak terlalu lama membawa bola. Futsal juga identik dengan permainan sepak bola atraktif dengan beberapa gaya bermain yang lebih mengandalkan skill bermain yang beda.

Durasi waktu

Untuk olahraga futsal sendiri memang berbeda dengan sepakbola pada umumnya dimana durasi waktu yang dimainkan lebih pendek dan kita harus selalu aktif bergerak dilapangan.

Dengan waktu 2×20 menit, memaksa stamina kita lebih banyak dibandingkan sepakbola biasa. Dan juga dengan jumlah pemain lebih sedikit tak ada kata lain selain harus terus aktif bergerak menjemput bola.

Nah itu tadi beberapa hal yang harus kalian tahu sebelum bermain futsal bisa untuk referensi kalian  yang baru pertama kali ingin bermain futsal.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.