Sebuah kisah mengharukan perjuangan mendapatkan hak bertahun-tahun


Sebuah kisah mengharukan perjuangan mendapatkan hak bertahun-tahun 1

Kisah ini berawal dari adanya perusahaan besar , masuk ke Indonesia pada tahun 1995 . Setelah sekian lama perusahaan beroperasi, perusahaan tersebut ingin melakukan pembebasan lahan dengan masyarakat setempat, yang sudah menjaga dan merawat lahan tersebut dari jaman nenek moyang sampai sekarang bahkan menjadi warisan turun temurun. pada saat perusahaan tersebut sudah membebaskan lahan milik masyarakat dengan cara ganti rugi lahan berupa uang, perusahaan tersebut langsung melakukan aktifitas penggalian lahan tersebut, sekian lama perusahaan tersebut beroperasi timbullah sebuah masalah dengan masyarakat setempat tentang pembebasan lahan.

Masalah tersebut adalah pada saat proses aktifitas penggalian perusahaan tersebut melewati batas lahan yang belum di bebaskan oleh perusahaan tersebut. Salah satu pemilik lahan (ahli warisan) yang belum di bebaskan  perusahaan tersebut telah menggali (merusak lahan) dan telah mengambil SDA (batu bara) sekitar 20 hektar lokasi yang belum dibebaskan oleh perusahaan tersebut. Pada saat permasalahan tersebut terus berjalan tidak ada titik temu atau solusi dari pihak perusahaan terkait aktifitas menggali melewati batas lahan yang belum di bebaskan. Masalah tersebut berlangsung lama, segala macam cara agar bisa mencari titik temunya (solusi) secara baik-baik, dari polsek , polres, sampai polda,  tetap tidak ada titik temunya, masalah ini sudh berlangsung selama 6 tahun,sudah berkali-kali mediasi dengan perusahaan tetap tidak ada titik temunya. 

 Setelah mencari solusi permasalahan tersebut  tak kunjung dapat titik temunya, pemilik warisan tersebut  langsung mengadukan perusahaan ke Pengadilan Negeri . pada saat proses persidangan berlangsung sangat mengejutkan dari pihak Kuasa hukum perusahaan tersebut, dalam pembelaannya yaitu  pihak perusahaan selalu membahas tentang izin pertambangan dalam pembelaannya tersebut, sehingga mengancam ahli waris ingin menuntut ahli waris karna ahli waris menghalangi operasi perusahaan dan telah merugikan perusahaan karna pihak perusahaan tidak bisa bekerja di lahan tersebut.

Seluruh dalam ruangan pengdilan kebingungan, Karena yang di permasalahkan dari pihak ahli waris adalah aktifitas penggalian perusahaan  melewati batas lahan yang belum di bebaskan bukan mempermasalahkan izin pertambangan . kuasa hukum ahli waris mengatakan izin pertambangan itu sangat benar, sangat sah . Cuman dalam perkara ini adalah tentang perbatasan lahan, karena pihak perusahaan melewati batas lahan yang belum di bebaskan bukan masalah tentang perizinan pertambangan.

sehingga dalam persidangan tersebut dimenangkan oleh pihak ahli waris 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

zeky saputra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap