Sedikit Tips Ini Mungkin Bisa Mengatasi Rasa Kesepianmu Saat Pandemi

Sedikit Tips Ini Mungkin Bisa Mengatasi Rasa Kesepianmu Saat Pandemi 1

Kalian pernah kesepian? Em, mungkin kesepian bisa diibaratkan dengan perasaan yang sunyi, merasa sendirian, terasing, atau juga hampa. Kadang beberapa dari kita juga pernah mengalami hal ini meskipun ia sedang  berada di tengah-tengah keramaian banyak orang. Maksudnya, sekalipun ia sudah ditemani oleh orang-orang bahkan hingga orang terdekat sekalipun, tetap saja rasa sepi dapat menyelimuti hati dan pikiran. Bisa gitu ya?

pixabay.com
pixabay.com

Apalagi di masa pandemi seperti ini. Banyak manusia yang biasanya menikmati hingar bingar dan kehidupan sosial yang begitu pekat namun secara tiba-tiba dipaksa keadaan untuk menepi, di dalam rumah saja. Pastinya, hal ini membuat tingkat kesepian yang dialami oleh masyarakat semakin bertambah.

Dilansir dari DosenPsikologi.com kesepian bisa melanda pada usia berapapun, baik orang dewasa maupun anak-anak. Kesepian bisa dilatarbelakangi sejak individu berusia dini karena memiliki kebiasaan menyendiri atau disebabkan oleh trauma serta perasaan kecewa yang amat parah. Dan jika dibiarkan, hal ini dapat menjadi kondisi yang serius bagi kesehatan jiwa seseorang.

Adapun gejala perasaan kesepian di antaranya :

Suasana Hati yang Berubah

Maksudnya, kondisi atau suasana hati seseorang benar-benar mudah sekali berubah. Kadang ia akan merasa senang lantas sedih. Hal ini tentunya akan menjadi sering. Dan berlanjut pada kondisi yang tidak dapat dikendalikan atau hati yang menjadi labil.

Minder

Orang yang kesepian akan beralih atau menghindari kerumunan di dalam jalinan komunikasi dalam kelompok sosial. Ia akan merasa takut karena seolah bertemu dengan orang asing.

Gampang Merasa Bosan

Seseorang akan mengalami hal ini apabila dia sedang berada dalam tekanan yang sangat berat. Oleh sebab itu, seseorang bisa merasa bosan dengan mudah dalam melakukan sesuatu.

Cemas

Ketakutan yang dialami seseorang yang kesepian biasanya tidak beralasan. Bahkan berlebihan.

Depresi

Biasanya diakibatkan oleh perasaan hati yang begitu sedih serta kecewa yan bersamaan di dalam hidupnya maupun kepada orang lain.

pixabay.com
pixabay.com

Menutup Diri

Orang yang kesepian akan cenderung menutup diri, menghindari interaksi sosial, dan lebih memilih dunianya sendiri dengan menyendiri.

Ditinjau dari alodokter.com ada beberapa cara untuk mengatasi rasa kesepian dalam diri kita, yakni :

1. Lakukan Hobimu

pixabay.com
pixabay.com

Sebab, dengan melakukan kegiatan yang kita sukai akan membuat pikiran kita teralihkan dari rasa  bosan dan kesepian. Ada baiknya jika hal ini dilakukan dengan beberapa orang yang memiliki minat serta hobi yang sama dengan kita, sebab hal tesebut tentunya akan lebih menyenangkan daripada dengan orang-orang yang hanya ada namun kurang berkenan dengan perilaku kita. Dengan menemukan orang-orang yang satu frekuensi dengan kita, maka kita kemungkinan bisa merasa lebih senang dan bersemangat.

2. Punya Hewan Peliharaan

pixabay.com
pixabay.com

Hal berikutnya yang dapat membantu membuang rasa kesepian kita adalah dengan memiliki hewan peliharaan. Sebab dengan adanya hewan tersebut bisa menjadi solusi untuk mengusir rasa kesepian kita. Kadang kala sering kita jumpai bahwa ada beberapa orang yang juga menganggap hewan peliharaannya seperti sahabat sendiri.  Dan ini baik untuk terapi kesehatan mental lho. Hem, mungkin kamu tertarik mencobanya?

3.  Menjauhi Media Sosial

pixabay.com
pixabay.com

Keseringan berselancar di media sosial justru akan membawa dampak negatif bagi diri kita. Sebab hal ini akan membuat pikiran kita berkelana ke mana-mana, misal kita akan sering membandingkan diri dengan orang lain, dan akan lebih merasa kesepian saat melihat postingan orang lain yang nampak lebih sempurna.

4. Pergilah ke Mana yang Engkau Suka

pixabay.com
pixabay.com

Ya, pergilah ke tempat yang kamu suka. Namun di masa pandemi begini masih sulit memang untuk merasa bebas berpergian. Setidaknya, di lingkungan dekat-dekat rumah sendiri, temukan posisi yang paling menyenangkan untuk membuat tenang diri dan segala keluh kesah. Kamu tetap bia membuat rencana ke tempat favoritmu itu ketika COVID-19 ini benar-benar telah mereda dan tiada. Semoga lekas ya 🙂

5. Konsultasi  dengan Para Ahli

Jika beberapa alternatif di atas dan atau dari berbagai sumber di sekitar kamu tidak bisa mengatasi rasa kesepianmu yang sudah terlampau berat, tidak ada salahnya untuk pergi ke para ahli yang dapat mengatasi masalahmu. Contohnya psikolog, konselor, dan atau terapis. Mungkin saja masalahmu sudah serius dan butuh bantuan lebih lanjut. Tidak mengapa untuk meminta bantuan. Bukan kamu sendiri saja yang mengalami hal ini di luar sana, karena ini semua demi kebaikan bersama.

Tidak perlu khawatir merasa demikian, wajar karena setiap manusia pasti mengalami kondisi yang berbeda. Hal ini lebih baik segera diatasi daripada berlanjut pada dampak yang lebih parah.

Referensi :

  • https://dosenpsikologi.com/gangguan-psikologis-kesepian
  • https://www.alodokter.com/jangan-merasa-sendiri-terlalu-lama-usir-dengan-cara-ini

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.