Sehat Mental dengan WELLNESS


Sehat Mental dengan WELLNESS 1

Apa yang dimaksud dengan kesehatan mental? Kesehatan mental merupakan suatu kondisi dimana seseorang dapat berfungsi secara normal dalam menjalankan hidupnya, khususnya ketika menyesuaikan diri untuk menghadapi masalah- masalah yang dijumpai sepanjang hidupnya. Orang yang sehat mentalnya ia mampu mengelola stress, bekerja secara produktif, dan dapat berperan dalam kegitan sosial.

Lalu bagaimana dengan mental yang tidak sehat? Mental yang tidak sehat ditandai dengan stress, depresi, percaya diri yang berlebih, mudah marah, emosional gampang berubah, tidak percaya diri, dll. Itu beberapa indikasi yang sering dijumpai, apakah anda mengalaminya? Hehe, jangan dibiarkan yaa, karena itu akan mengganggu segala aspek kehidupan kita.

Untuk menjaga mental agar tetap sehat, alangkah baiknya kita menerapkan WELLNESS. Apa itu WELLNESS? Berikut ini jawabannya:

W

Water, air putih berperan sangat penting dalam proses kerja jantung dan ginjal. Dengan meminum air putih yang cukup, berarti cairan tubuh kita terpenuhi yang nantinya akan berdampak pada kesehatan fisik. Jika fisik sehat maka hal ini akan menunjang kesehatan mental, sama seperti istilah mensana in corpore sano.

E

Environment, lingkungan disini berperan penting sekali dalam kesehatan mental. Lingkungan tidak hanya tentang suatu tempat tapi juga lingkungan sosial, orang- orang yang berada disekeliling anda. Disinilah pentingnya dalam memilih lingkungan yang sehat, jika lingkunganmu toxic maka jangan segan untuk keluar karena itu akan sangat mempengaruhi hidup anda.

L

Laughter, tertawa juga berdampak baik untuk kesehatan mental lho. Cobalah untuk banyak senyum, ramah pada orang lain, janganlah terlalu kaku. Orang yang tidak pernah tersenyum itu menandakan kalau hatinya beku, tidak peduli pada apa yang terjadi disekelilingnya.

L

Life drug free, jangan pernah sekali- kali mencoba obat- obatan terlarang. Ini sangat merugikan diri sendiri, merusak diri, dan tidak ada gunanya.

N

Nutrition, perhatikanlah setiap makanan yang anda makan. Tidak hanya memperhatikan dari segi enaknya saja, tapi perhatikanlah kandungan gizinya. Makanan enak hanya akan terasa beberapa detik dilidah, namun selanjutnya? ya itu akan bermanfaat buat tubuh atau tidak, ngapain hanya memanjakkan lidah tapi tidak ada gunanya.

E

Exercise, lakukanlah olahraga secara rutin. Ini bermanfaat bukan hanya buat fisik anda tapi juga mental anda. Menurut penelitian, olahraga dapat membantu mengurangi stress, meningkatkan mood, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kualitas tidur.

S

Sleep, tidur yang berkualitas. Ini tidak diukur dari lamanya waktu tidur tapi bagaimana ia tidur dengan nyenyak dan ketika bangun merasa rileks. Tapi usahakan jangan begadang dan bangunlah pagi agar mood anda tetap terjaga.

S

Spiritual, hubungan dengan Tuhan. Tak bisa dipungkiri memang mental yang sehat selalu berkaitan dengan Tuhan. Ketika terhubung dengan Tuhan kita akan merasakan ketenangan, kedamaian yang itu hanya bisa dirasakan oleh orang- orang yang yakin. Semakin yakin maka semakin tenang hatinya, dan segala urusan dunia selalu dikaitkan dengan Tuhan. Maka dekatkanlah diri kepada Tuhan, niscaya urusanmu didunia akan terasa ringan.

WELLNESS berarti kesehatan, juga bagaimana agar kita tetap sehat terutama secara mental yaitu dengan perbanyak minum WATER, pilih  ENVIRONMENT yang mendukung, perbanyak LAUGHTER, harus LIFE DRUG FREE, banyakin EXERCISE, SLEEP yang berkualitas, dan tingkatkan SPIRITUAL.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Diahir

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap