Sejarah Berdirinya Kabupaten Puworejo


Sejarah Berdirinya Kabupaten Puworejo 1

Kabupaten Purworejo merupakan sebuah daerah yang berada di wilayah provinsi Jawa Tengah dan berada dekat berbatasan dengan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta serta Kebumen dan Magelang. Kabupaten Purworejo memiliki sejarah tersendiri berdirinya Kabupaten ini dulunya dikenal sebagai wilayah tanah bagelan wilayah ini memang segani ketika zaman kerajaan karena memiliki sejarah beberapa orang-orang yang menjadi tokoh Sentral.

Purworejo sendiri juga merupakan daerah pengembangan agama Islam di tanah Jawa khususnya di wilayah Selatan Salah satu tokoh ulama ternama Sunan Geseng menjadi ulama besar yang menyebarkan agama Islam di kawasan Purworejo di wilayah timur sungai lukulo dan juga mempengaruhi penyebaran agama Islam di Daerah Istimewa Yogyakarta dan di wilayah Magelang.

Puworejo menjadi wilayah pusat penyebaran agama islam di wilayah Jawa bagian selatan, khususnya wilayah Yogyakarta dan wilayah Banyumas, Kebumen, Magelang yang menjadi wilayah penyebaran agama islam di tanah jawa selatan.

Sejarah Berdirinya Kabupaten Puworejo 3

Purworejo merupakan kerajaan Mataram Islam dengan para tokoh dagelan. dengan mengandalkan pasukan andalan satu Wijaya dan bertahta bergelar Panembahan Senopati ini dulunya memang sangat berpengaruh dalam operasi militer sehingga nama bagian ini cukup disegani di Purworejo. dulunya Purworejo ini menjadi tempat dimana Pangeran Diponegoro saat itu melakukan pertempuran di kawasan India Belanda dan kota Purworejo dibagi menjadi beberapa wilayah Kadipaten. 

Wilayah yang terbagi dalam beberapa daerah di Purworejo memang terkenal luas, dan merupakan wilayah pusat kerajaan Mataram di Jawa Selatan, juga menyimpan banyak tokoh penting saat itu selain tokoh kerajaan, juga tokoh oenting pada jaman kemerdekaan Indonesia. Puworejo sendiri memang melahirkan tokoh penting yang kita kenal hingga sekarang ini. 

Beberapa tokoh-tokoh penting seperti WR Supratman komponis lagu kebangsaan Indonesia Indonesia Raya Ahmad Yani Sarwo Edi Wibowo dan Jendral Urip Sumoharjo merupakan tokoh-tokoh penting Indonesia saat itu. Wilayah Bagelen merupakan Kadipaten dan berbatasan wilayah Banyumas dan Magelang. Selain itu nama Purworejo sendiri juga memiliki sejarah tersendiri pemberian nama tersebut hingga menjadi nama Kabupaten Purworejo hingga sekarang.

Sedangkan untuk penamaan Puworejo sendiri memang tak banyak yang tahu. menurut catatan sejarah kerajaan Mataram, yang saat itu ditulis oleh Pangeran Diponegoro pada saat masa di dalam pengasingan dan dalam Babad Kedung Kebo, RAA Tjokronegoro, nama Purworejo sendiri dihaturkan oleh RAA Tjokronegoro pada 27 Februari 1831.

Pada saat bulan Ramadhan, pada saat setelah salat Tarawih dan tadarus Alquran, pada malam dini hari, Adipati Tjokrojoyo yang saat itu menjabat sebagai Bupati di Brengkelan, mengumumkan penggantian nama Brengkelan menjadi Purworejo, dan saat itu pula, nama Raden Tumenggung Tjokrojoyo diubah menjadi menyampaikan perubahan yakni Brengkelan menjadi Purworejo. Pada saat itu diumumkan bahwa beliau yang semula Kanjeng Raden Tumenggung Tjokrojoyo Raden Adipati Arya (RAA) Tjokronegoro.

Pada 27 Februari 1831 sebuah waktu dimana penggantian nama wilayah yang terbagi dalam beberapa wilayah yaitu Tanggung, Brangkilen, Kedungkebu, Loano, Bragolan, Banyuurip yang awalnya merupakan bagian dari wilayah Kadipaten Brengkelan menjadi nama Purworejo hingga sekarang menjadi Kabupaten Purworejo yang kita kenal.

Nah itu tadi sejarah Kabupaten Purworejo yang kita kenal hingga sekarang, dan tidak banyak yang mengetahui sejarah Kabupaten ini hingga kita dewasa baru mengetahui awal mula berdirinya Kabupaten Purworejo ini hingga sekarang.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lystha AK

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap