Sejarah Dunia Pada tanggal 2 September 1945

Sejarah Dunia Pada tanggal 2 September 1945 1

Situasi damai di benua Eropa setelah berlangsungnya Perang Dunia I hanya memakan waktu selama 15 tahun. pada tahun 1930-an keadaan politik dunia semakin menjadi jadi, keadaan itu menyerupai keadaan ditahun 1900 – 1912. sebelum Perang Dunia I meletus hebat kala itu. ada sebab dan akibat yang memicu terjadinya Perang Dunia 2, yaitu Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September tahun 1939.

Gempuran yang dilakukan oleh Jerman kala itu telah membuka pertempuran dunia yang awalnya sempat mengira tidak akan terjadi Perang namun malah sebaliknya. dan kita tidak lupa ada alasan khusus yang membuka Perang Dunia II di sebuah Kawasan Pasifik adalah pangkalan Angkatan Laut Amerika di Bom disuatu tempat yang bernama Pearl Harbour. pengeboman itu dilakukan oleh Jepang pada tanggal 7 Desember 1941. 

Perang Dunia II pun berakhir setelah sekutu menjatuhkan bom di Hiroshima dan Nagasaki. kala itu Jepang pun langsung menyerah, lalu Perang Dunia II secara resmi telah berakhir pada tanggal 2 September 1945.

Inilah beberapa penyebab Perang Dunia II

Siapa yang tidak mengenal Adolf Hitler?? ya, dari situ tentara Jerman menginvasi sebuah Kota Merdeka yang bernama Danzig, Polandia di tanggal 1 September 1939.

Sebuah invasi yang dilakukan oleh Jerman sendiri, mendorong seluruh negara negara fasis yang lain untuk melakukan penyerangan di Kawasan Eropa serta Asia Pasifik.

Jepang sendiri sebagai negara fasis pun berusaha untuk mengambil alih Asia Pasifik, seperti China, Korea, dan negara negara yang berada di Kawasan Asia Tenggara tidak lupa juga yaitu Indonesia. 

Masa kependudukan Jepang di Indonesia sendiri relatif singkat yaitu di tanggal 1 Maret 1942 – Agustus 1945. yang Jepang tinggalkan di Indonesia sendiri berupa ketakutan, penderitaan, kemiskinan, serta sebuah trauma untuk masyarakat Indonesia.

Perang Dunia II pun berakhir

Setelah Jepang menyerah dan tidak disertai syarat kepada sekutu, setelah Amerika Serikat sendiri menjatuhkan bom di kota Nagasaki dan Hiroshima di tanggal 6 – 9 Agustus tahun 1945.

Peristiwa pengeboman itu menelan kurang lebih korban jiwa sebanyak 120.000 orang. kemudian, setelah pengeboman di Nagasaki kaisar Jepang waktu itu bernama Kaisar Hirohito langsung memerintahkan Jepang untuk menyerah tanpa syarat. 

Jepang sendiri menerima syarat syarat yang dilontarkan oleh sekutu pada tanggal 15 Agustus, dan pada tanggal 2 September Jepang benar benar resmi menyerah di atas sebuah kapal perang bernama Missouri yang berlabuh di perairan Tokyo.

Efek dari Perang Dunia II

Perang itu merupakan Perang terbesar sepanjang sejarah militer dunia. korban pun banyak berjatuhan, total korban yang berjatuhan selama Perang ini yakni sebanyak 40 Juta orang. Efek Perang pun membawa dampak besar untuk seluruh dunia yakni di bidang Ekonomi, Politik, serta Sosial.

1. Bidang Sosial

Adanya keinginan kuat dari negara negara dunia yang menginginkan kedamaian abadi. tekad ini muncul dari sebuah lembaga international dan bermartabat yaitu bernama Perserikatan Bangsa – Bangsa yang dikenal dengan istilah PBB ditahun 1945.

2. Dampak dari Ekonomi

Seusai berakhirnya Perang Dunia II, keadaan ekonomi di dunia mengalami situasi keos dengan ketakutan Amerika Serikat kepada pihak dari Komunis dan itu berpengaruh besar kepada negara negara yang sedang dalam masa kesulitan tersebut. 

Amerika sendiri memberikan sebuah bantuan berupa ( Kredit ) bagi negara negara eropa yang kena dampak akibat Perang Dunia I, contohnya saja melalui Marshall Plan pada tahun 1947, mulai dari situ paham paham komunis pun dapat dibendung di kawasan Eropa.

dan Jerman pun muncul sebagai industri yang sangat besar setelah mendapatkan bantuan dari Amerika Serikat.

3. Politik

Munculnya istilah Adikuasa dan Superpower yaitu Amerika Serikat dengan sistem liberalismenya dan Uni Soviet dengan komunisnya. dan terjadinya persaingan dari kedua ideologi tersebut yang mengakibatkan munculnya Perang Dingin waktu itu. Perang Dingin sendiri berakhir setelah Uni Soviet terpecah belah pada tahun 1991.***

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.