Sejarah Hoffenheim, Pemain Bintang


Sejarah Hoffenheim, Pemain Bintang

Klub bernama lengkap Sportgemeinschaft 1899 Hoffenheim e.V. salah satu kandidat klub papan atas di helatan Bundeliga Jerman, patut diperhitungkan dalam beberapa tahun terakhir. Klub yang bermarkas di Stadion Rhein Neckar Arena dengan kapasitas penonton 30.000 penonton disulap menjadi klub besar saat ini, oleh salah seorang Konglomerat Jerman bernama Dietmar Hopp, atas kesuksesannya membangun klub ini menjadi klub yang diperhitungkan di kancah Bundeliga Jerman.

Klub ini didirikan pada tahun 1899 dan berbasis di Kota Hoffenheim, Jerman dan berjuluk Die Kraichgauerachtzehn99 dan pertamakali masuk ke kompetisi kasta tertinggi Bundeliga pada tahun 2008.

Sejarah

Sejak pertama kali mentas di ajang bergengsi Bundesliga pada musim2007/2008 pertanyaan muncuk dari banya pihak, ada yang kontroversial ada yang mendukung. namun belum sampa disitu, klub yang awalnya biasa-biasa saja siapa sangka ujug-ujug atau tiba tiba muncul sebagai tim yang mampu bersaing dengan klub papan atas Bundeliga.

Sosok Dietmar Hopp, yang paling urgent dibalik awal tonggak kesuksesan Hoffenheim meraih tempat di kompetisi Jerman. Ia merupakan salah satu suksesor pengusaha perangkat lunak di Jerman, karena memiliki dukungan material yang kuat secara finansial ia mendorong klub ini untuk tamapil progresif dalam waktu yang instan.

Anggapan banyak orang, jika klub ini naik peringkat karena kekuatan finansial atau suntikan dana yang besar dari pemilik baru, namun hal tersbut tak digubris oleh pihak manajemen. Meski dipandang sebelah mata, dan mereka naik tahta karena suport materi yang berlebih, karena awal mula klub ini berada di kasta bawah Liga Jerman.

Dietmar Hopp

Pada awalnya Hopp sendiri selaku pemilik sudah lebih awal dalam menyuntik klub ini untuk setingkat lebih baik dan makin baik dari waktu ke waktu, tahun 1990 an menjadi awal Hopp memberikan banyak dukungan tidak hanya secara finansial namun moril dan semangat para pemain dan manajemen hingga akhirnya tekad yang besar membuat klub ini meraih apa cita-cita yang telah lama dinanti.

Tahun 2005 awal Hopp memberikan dukungan penuh dari aspek finansial secara besar-besaran, Dengan harapan klub ini dapat naik ke kasta paling tinggi di Liga Jerman. Berbagai upaya dengan perombakan manajemen perekrutan pemain pemain potensial berkualitas, staff, pelatih berpengalaman berbagai upaya dilakukan demi satu tujuan.

Alhasil di musim 2007/2008 mereka sukses finish di papan atas divisi dua, dan sukses mengantar mereka promosi ke Bundesliga ditangan Hopp, itu menjadi musim terbaiknya dan ambisi besar serta harapan Hopp dan klub tersampaikan. Meski berbagai pro kontra komentar positif negatif banyak terlontar, namun Hoffenheim tampil dingin dan mampu bersaing dengan klub-klub Bundesliga.

Stadion Rhein-Neckar Arena

Stadion berkapasitas 30.000 penonton ini merupakan home base dari klub Hoffenheim yang telah selesai di bangun menggantikan stadion Hopp, stadion ini beralamat juga di Jalan Dietmar Hopp, di Kota Hoffenheim. Stadion ini memiliki sejarah panjang kesuksesan klub ini mentas di ajang Bundesliga Jerman.

Pemain Bintang

1. David Alaba

Salah satu jebolan akademi Bayern Muenchen ini pernah merumput di Hoffenheim lo. Statusnya dipinjamkan saat dirinya tampil angin-anginan selama membela de roten, namun pada akhirnya ia kembali ke klub asalnya. Alaba merupakan bek sayap tangguh dengan determinasi dan kecepatan serta staminanya yang sangat baik. Ia salah satu bek terbaik dunia dan pernah berseragam Hoffenheim.

2. Kevin Kuranyi

Salah satu penyerang hebat pada masanya, dan mantan penyerang Schalke, Kevin Kuranyi juga pernah mengeyam bersama Hoffenheim musim 2015/2016, meskipun hanya satu musim saja. Ia merupakan salah satu penyerang terbaik dunia saat masih membela timnas Jerman.

3. Ryan Babel

Sempat menjadi andalan Liverpool, ia juga pernah bermain untuk Hoffenheim pada musim 2011/2012 meski sempat hilang radar pasca meninggalkan Anfield, namun bermain satu musim sudah cukup membuat namanya akan dikenang di klub ini.

4. Roberto Firmino

Salah satu andalan Liverpool saat ini yang paling trengginas, Roberto Firrmino menjadi salah gelandang terbaik saat ini,bersama Liverpool ia telah memberikan banyak kontribusi bagi tim yang bermarkas di Stadion Anfield ini. Namun sebenarnya Firmino ini didatangkan Liverpool dari klub Jerman ini lo. Ia salah satu andalan Hoffenheim saat itu dilini tengah.