Sejarah Holi : Festival India yang Indah dan Penuh Warna

Sejarah Holi : Festival India yang Indah dan Penuh Warna

Bagi kalian yang suka nonton film-film atau film dari , pasti kita tentunya tidak asing dengan acara atau . Di mana yang biasanya kita ketahui bahwa di dalamnya ada kegiatan saling melempar dan menghamburkan serbuk warna serta menyemprotkan air kepada orang lain yang juga turut berpartisipasi.

Sumber gambar : pinterest
Sumber gambar : pinterest

yang dilaksanakan oleh umat Hindu di memiliki pesona tersendiri. Selain terkesan indah karena banyak warna yang tercampur, ada kebahagiaan yang juga tersirat di dalam ukiran wajah masyarakat ketika melaksanakannya. Hal ini membawa keistimewaan tersendiri yang tentu saja akan berbeda dengan tradisi-tradisi di negara lain.

Nah buat kalian para penggemar film-film dan para penggemar kebudayaan khususnya, tidak ada salahnya kita mengobati rasa penasaran kita tentang sejarah salah satu ini. Yuk simak pemaparan berikut.

Baca juga  Mengenal India Lebih Dekat (Bagian Pertama)

Asal Usul

ini bertumbuh dari salah satu legenda dalam agama Hindu yakni ketika Dewa Wishnu berhasil mengalahkan iblis perempuan bernama Holika. Di mana Dewa Wishnu juga membakar iblis tersebut sampai mati.

Di sisi lain, memiliki kaitannya dengan legenda atau kisah cinta Krishna dan Radha. berawal dari kesedihan salah satu dewa agama Hindu ini atau Khrisna, di mana ia memiliki perbedaan warna kulit dengan kekasihnya, Radha. Ia pun bercerita kepada ibundanya. Lantas sang ibunda memberikan saran yang baik, di mana Khrisna disuruh untuk mewarnai kulit Radha agar serupa dengannya. Sehingga mereka bisa mencintai tanpa rasa sakit akibat perbedaan yang ada.

Baca juga  7 Negara yang Pernah Memindahkan Ibukotanya

Hal inilah yang membuat dinamakan dengan Warna atau Cinta.

Sumber gambar : pinterest
Sumber gambar : pinterest

Makna Warna dalam

Ada 2 sebutan dalam , yakni Holika Dahan dan Rangwali .

Holika Dahan berlangsung saat malam hari sebelum masyarakat melaksanakan Rangwali Holi keesokan harinya.

Dalam Holika Dahan, ada kegiatan untuk membakar tumpukan kayu sebagai simbol untuk menandakan kebaikan yang mampu mengalahkan kejahatan. Atau bisa dikatakan sebagai memperingati kalahnya iblis Holika oleh Dewa Wishnu.

Nah, pada esok paginya masyarakat Hindu akan berkumpul di halaman terbuka atau ruang publik untuk saling melempar atau menghambur serbuk warna atau yang biasa disebut dengan gulal kepada orang-orang terkasih.

Ini sebagai bentuk simbolis dari Khrisna dan Radha.

Zaman dulu, gulal atau serbuk warna dibuat oleh masyarakat dengan menggunakan bahan kunyit serta berbagai jenis bunga. Namun saat ini bahan sintetis lebih banyak dipakai.

Baca juga  Adat Pernikahan Muslim di India

Makna 4 Warna Utama dalam Gulal

Pertama ada warna merah yang melambangkan cinta, lalu warna biru yang mencerminkan kulit Dewa Khrisna, kuning artinya warna kunyit, dan yang terakhir adalah warna hijau yang menyimbolkan musim semi sebagai awal baru. Festival ini berlangsung untuk keluarga, teman, serta pasangan kekasih.

Nah bagaimana para pembaca sekalian, tertarik dengan festival Holi ini? Kayaknya seru ya apalagi kalau dilakukan dengan orang-orang terdekat. Selain itu, kita juga bisa belajar banyak tentang kebersamaan dari festival ini. Ya kan?

Baiklah, terimakasih sudah membaca. Jangan lupa baca artikel lainnya yah. Sampai jumpa lagi 🙂

Referensi :

https://journal.sociolla.com/lifestyle/meriahnya-festival-holi-di-

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Soreane Sore