Sejarah Indonesia: Kolonisasi Pemerintah Belanda

Sejarah Indonesia: Kolonisasi Pemerintah Belanda

Kolonialisme Belanda terdapat dua periode yakni; pertama periode (1605-1799) dan yang ke dua yaitu ketika pemerintahan belanda mengambil alih aset yang dimilikinya (1825) dan setelah Napoleonic Wars, ekspansi wilayah kekuasaan merluas keseluruh wilayah indonesia. 

Berdasarkan kolonialisme yang diterapkan -negara asia tenggara, wilson tulisannya menguraikan terdapat dua bentuk yakni; liberal colonialism (inggris dan ) dan repressive colonialism  (,belanda,perncis).

Baca juga  Sejarah Indonesia: Kolonialisasi VOC

Setelah runtuhnya Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada akhir abad ke-18, yaitu pada tanggal 1 Januari 1800, setelah Belanda dikalahkan dalam Eropa dan diambil alih oleh Perancis, Hindia Belanda menjadi bagian dari Perancis, walaupun pemerintahan dijalankan oleh Pemerintahan Belanda (sampai 1806), meskipun di bawah selanjutnya

Baca juga  Nyi Mas Melati, Dipersimpangan Mitos dan Sejarah
di kuasa Belanda (sampai 1810).

Sejak itu, meletuslah perang  kekuasaan antara (Belanda) dan Inggris Raya, yang telah mengalihkan kekuasaan dari berbagai wilayah Hindia Belanda dan membuat kesepakatan, termasuk Amiens, tentang penyerahan Tuntang. Selama periode ini pada tahun

Hindia Belanda berturut-turut diperintah oleh gubernur Overstraten, Wiese dan Dandels, yang terakhir adalah Janssens. Pada masa Daendel, Raya Pos (kini jalur Pantura) dibangun dan jajahannya meluas hingga  Lampung, tetapi Inggris kehilangan Ambon, Ternate dan Tidor.

Baca juga  Sejarah Indonesia: Nasionalisme Menuju Kemerdekaan Indonesia

Ketika Prancis mencaplok Belanda pada tahun 1810, Prancis dikibarkan di Batavia, dan Dendel kembali ke Eropa untuk berperang di bawah komando Napoleon. Penggantinya, Janssens, tidak memerintah lama. Karena Inggris yang dipimpin oleh Lord Minto datang dan merebut dari Perancis-Belanda.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sorrydah