Sejarah Kabupaten Ciamis Hingga Kerajaan Galuh

Sejarah Kabupaten Ciamis Hingga Kerajaan Galuh 1

Ciamis merupakan kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat, yang berdekatan dengan Kota Banjar dan Tasikmalaya. Kabupaten Cilacap ini berbatasan atau  berdekatan dengan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.Sejarah Kabupaten Ciamis sendiri dikorelasikan dengan kerajaan Galuh dalam beberapa abad yang lalu. Nama Ciamis sering dikaitkan dengan nama Galuh yang merupakan kerajaan tertua di kota Ciamis.

Sejarah Kabupaten Ciamis Hingga Kerajaan Galuh 3

Banyak yang menyebut nama Kabupaten Ciamis dengan nama Galuh, yang merupakan cikal baka kabupaten Ciamis ini. Sejarah kerajaan Galuh belum bisa ditafsirkan secara komprehensif dan memiliki definisi yang terbagi dalam beberapa versi sejarah. Sejarah kerajaan Galuh hanya berupa mitos atau legenda dan belum secara pasti menuliskan secara secara benar hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal ,diantaranya kurangnya perhatian masyarakat Kabupaten Ciamis menelusuri sejarah kerajaan Galuh ini.

Selain itu juga para sejarawan tidak bersemangat untuk menelusuri sejarah kerajaan Galuh mengingat yang besar dalam waktu yang cukup lama. Sejarah merupakan tonggak keberhasilan berdirinya pemerintahan sekarang ini, dan keberhasilan pemerintah yang akan datang tolok ukurnya di keberhasilan perjuangan masa sekarang ini. Galuh sendiri berasal dari kata bahasa sansekerta yang berarti batu permata. Sementara arti lain kata Galuh berarti seorang ratu yang belum menikah.

Sejarah Kabupaten Ciamis Hingga Kerajaan Galuh 4

Menurut definisi lainya kata Galuh sendiri berasal dari kata galeuh” yang memiliki definis atau arti berupa inti atau bagian tengah dari batang kayu yang paling keras. Sejarah kota Ciamis awal mulanya memang memiliki sejarah panjang dengan kerajaan Galuh di Ciamis. Awal mulanya Kerajaan Galuh ini dipimpin oleh Ratu Galuh, kemudian terjadi perselisihan antara anak Ratu Galuh Ciung Wanara yang berselisih dengan saudaranya sendiri bernama Hariang Banga. 

Sedangkan sebutan Nama Galuh sendiri terbagi dalam beberapa bagian wilayah termasuk wilayah Galuh (Wilayah Purbalingga), Rajagaluh (Wilayah Majalengka), Sirah Galuh (Wilayah Cilacap), Galuh Timur (wilayah Bumiayu), Segaluh serta Sungai Begaluh (Leksono), Samigaluh (Wilayah Purworejo), dan Hujung (Ujung) Galuh di wilayah Jawa Timur.Kemudian ceritanya pada pertengahan tahun 1642, Adipati Jayanagara melakukan pemindahan dari ibukota Kabupaten Galuh ke Barunay atau wilayah Imbanagara, kemudian pemindahan yang terjadi pada tanggal 12 Juni 1642, dijadikan tolok ukur sebagai hari jadi Kabupaten Ciamis sampai dengan sekarang. 

Jika dikaji dari beberapa sejarah dahulu kala, Kabupaten Galuh dahulu namanya sebelum berubah namanya menjadi Kabupaten Ciamis, hal tersebut terjadi pada dekade kedua di abad ke 20 atau pada kurun waktu tahun 1915. Hal tersebut terjadi pada saat Galuh lepas dari wilayah Administratif Cirebon atau setelah Galuh dilepaskan dari wilayah administratif Cirebon.

Pemerintah Kerajaan Galuh memang terus mengalami transisi kepemimpinan, hal tersebut dibuktikan dari beberapa sejarah meski dari awal masih berupa mitos atau legenda, namun secara tahun memang sudah jelas, dan beberapa sejarawan menulis sejarah Kabupaten Galuh yang kemudian berganti menjadi Kabupaten Ciamis memiliki cerita tersendiri, hingga akhirnya pemerintah Kabupaten Ciamis menetapkan hari jadi Kabupaten Ciamis, dan masih menjadi perdebatan banyak pihak mengenai penetam hari jadi Kabupaten Ciamis ini.

Menurut beberapa ahli mengatakan hal tersebut sudah benar mengingat pemindahan ibu kota dari Kabupaten Galuh ke Harunay memang tepat pada tanggal itu.  

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

pinkyboy