Pentingnya Sejarah Kemerdekaan Indonesia Bagi Pembentukan Karakter Anak

sejarah kemerdekaan Indonesia

Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang ada biasanya ada di dalam kurikulum sekolah. Namun kebanyakan pelajaran sejarah hanya sebagai pelajaran saja bagi sebagian orang.

Sehingga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya tidak tersampaikan. 

Padahal pelajaran mengenai sejarah khususnya ini sangat penting bagi karakter seorang .

Lalu, seberapa pentingnya pelajaran sejarah yang menyangkut ini? Penjelasannya sebagai berikut:

Mengajarkan Nilai Setia Pada

Pentingnya Sejarah Kemerdekaan Indonesia Bagi Pembentukan Karakter Anak

Pertama adalah mengajarkan nilai setia pada . Ya, seperti yang telah diketahui bersama apabila di dalam mengandung banyak perjuangan dari banyak orang.

akan merasa betapa pahlawan zaman dahulu telah memperjuangkan sehingga mereka hanya tinggal meneruskan berbagai perjuangan yang mengancam nyawa tersebut.

Dengan pola pikir yang seperti itu, maka akan setia kepada negaranya hingga nanti saat mereka sudah dewasa bahkan sekolah di luar negeri.

bisa merasakan bagaimana perjuangan mendapatkan suatu kemerdekaan sehingga ia tidak akan meninggalkan tanah kelahirannya begitu saja bahkan bisa menumbuhkan rasa cinta dan ingin memajukan bangsa kelak saat sudah dewasa.

 

Baca juga  Dana Desa: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, & Prioritasnya

Mengingatkan pada Perjuangan Pahlawan

Pentingnya Sejarah Kemerdekaan Indonesia Bagi Pembentukan Karakter Anak

Selanjutnya, pelajaran sejarah juga dapat mengingatkan pada perjuangan para pahlawan di kita.

- akan lebih mengenal siapa tokoh-tokoh yang telah berperang habis-habisan mengorbankan nyawa mereka untuk pertahanan .

Dengan mengingat berbagai perjuangan pahlawan ini maka akan mulai belajar bagaimana ia harus bertindak.

Bagaimana cara menghargai mereka yang telah berjuang demi sehingga ia bisa hidup dengan tenang, hidup dalam kedamaian seperti saat ini.

 

Dapat Menimbulkan Rasa Disiplin & Pantang Menyerah

Pentingnya Sejarah Kemerdekaan Indonesia Bagi Pembentukan Karakter Anak

Yang berikutnya, pelajaran sejarah dari ini dapat menimbulkan rasa disiplin dan pantang menyerah bagi - Anda.

Betapa disiplinnya pahlawan zaman dahulu sehingga mereka bisa bekerja sama melawan para penjajah dan memukul mundur mereka untuk kembali ke negaranya masing-masing serta tidak kembali lagi menjajah .

Anak bisa belajar dari kedisiplinan tersebut dan dapat melakukan berbagai tujuan hidup dengan semangat dan pantang menyerah.

Anak menjadi lebih percaya diri dengan apa yang mereka miliki dan terus menerus meningkatkan kemampuan dalam berbagai hal sehingga apa yang dicita-citakan dapat terwujud dengan sangat baik.

 

Baca juga  Sama Seperti Kita, Anak Juga Tidak Suka Dihakimi

Dapat Melatih Anak untuk Selalu Menghargai Orang Lain

Selanjutnya, Sejarah dalam ini juga melatih anak untuk selalu menghargai orang lain.

Ya, seperti yang telah diketahui bersama bahwa dijajah merupakan hal yang tidak menyenangkan dan tentunya membuat siapa saja menderita.

Dengan pengetahuan ini maka anak menjadi lebih menghargai sesamanya untuk tidak menjajah atau membuat orang lain tersiksa, kecewa atau merasa tidak suka dengan anak

Anak akan lebih menghargai dan toleransi kepada siapa saja sehingga terbentuklah jiwa sosial dan juga jiwa gotong royong yang tinggi.

 

Memberikan Anak Stimulus untuk Lebih Rajin Belajar

Dan yang terakhir adalah memberikan anak stimulus untuk lebih rajin belajar baik belajar sejarah itu sendiri atau pun yang lainnya.

Maksudnya adalah ketika anak merasa asyik dengan cerita masa lalu maka mereka akan rajin belajar untuk mempelajari setiap detail dari kisah kemerdekaan tersebut, dengan ini maka anak menjadi ikut dalam suasana dan mudah mengerti apa yang disampaikan dalam cerita.

Selain sejarah juga bisa membuat mereka semakin giat belajar.

Ya, dengan belajar yang rajin anak akan merasa bisa mengubah kita yang masih sangat jauh dari kata maju untuk bisa maju secara bersama-sama di kemudian hari sehingga bisa membawa berjaya.

Itulah beberapa pentingnya mengajarkan sejarah kepada anak sejak dini.

Jadi, dengan pelajaran sejarah kemerdekaan ini sangat penting jika anak dapat memaknainya dengan baik.

Terkadang di sekolah guru hanya mempelajari teori karena keterbatasan waktu, Anda sebagai lah yang seharusnya mampu mengembangkan pemikiran anak untuk bisa mengambil pembelajaran dan juga nilai positif dari pelajaran sejarah kemerdekaan itu sendiri.

Semoga bermanfaat dan semoga anak-anak kita dapat berguna untuk nusa, bangsa, dan .

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andra Hermawan