Sejarah Klub Chelsea Dari Awal Hingga Sekarang


Sejarah Klub Chelsea Dari Awal Hingga Sekarang 1

Chelsea merupakan salah satu klub sepakbola besar di kota London Inggris. Chelsea dijuluki the best atau Cibiru merupakan salah satu klub profesional di Premier League Liga Inggris Chelsea sendiri berdiri pada tahun 1905 dan menjadi tim besar 3 Tahun 2003 klub ini dibeli oleh pengusaha asal Rusia Roman abramovich.

Klub ini bermarkas di stadion Stamford Bridge dan merupakan salah satu klub raksasa di Eropa dan menjadi the big four di Liga Inggris namun sendiri memiliki sejarah berdirinya klub ini hingga sekarang menjadi klub besar di Eropa maupun dunia. sejarah klub ini didirikan pada tahun 1905 oleh Henry augustus gusmiar bermarkas di Stamford Bridge athletic ground di Fulham London Barat.

Sejarah Klub Chelsea Dari Awal Hingga Sekarang 3

Pada tanggal 10 Maret 1905 klub ini bernama Chelsea Football Club atau Chelsea FC awalnya menggunakan nama Fulham sesuai dengan nama daerah namun diganti. menjadi London FC karena bermarkas di Stamford Bridge.Chelsea sendiri meraih gelar pertama juara liga Inggris untuk pertama kalinya pada tahun 1955 dengan merubah beberapa lembaga dan mengembangkan beberapa fasilitas serta pembinaan pemain muda.

Kemudian pada tahun 1970 meraih gelar pertama Piala FA dan 1965 piala liga setelah meraih gelar juara di kompetisi Eropa pertamanya saat menjuarai Piala winners 1970 1971 ketika mengalahkan Real Madrid di partai final. namun ketika menginjak tahun 1980 and Chelsea sendiri mengalami kemunduran atau kemerosotan tidak mengalami krisis keuangan akibat adanya proyek renovasi stadion yang membuat Chelsea akhirnya terdegradasi.

Akibat kemerosotan chelsea ini beberapa suporter atau pendukung chelsea sempat mengalami kerusuhan serta. keluarnya beberapa pemain bintang Chelsea ini membuat Chelsea semakin terpuruk. kemudian ketika nama Liga Inggris bernama Premier League Pada tahun 1998 pelatih Gianluca vialli mampu menjadi pelatih yang membuat Chelsea menjadi naik kembali. Chelsea sukses meraih dua gelar Piala FA 1 piala liga 1 piala Winner dan satu Piala Super Eropa pada akhir periode 90-an.

Nama pemain bintang Seperti gianfranco Zola menjadi pemain kunci di kubu Chelsea pada era tersebut Chelsea kemudian meraih bermain kembali di Liga Champions pada tahun 2001. menginjak tahun 2003 seorang pengusaha asal Rusia Roman abramovich membeli Chelsea kemudian berinvestasi secara besar dengan mendatangkan beberapa pemain hebat atau pemain mahal di Chelsea dan menjadikan klub ini sebagai salah satu klub paling kaya di dunia.

Pelatih ternama Jose Mourinho atau spesial dan ketika itu menggantikan Claudio ranieri sukses membuat Chelsea menjadi klub yang ditakuti di Inggris maupun di dunia meraih masa kejayaan di Chelsea ketika meraih dua gelar Liga Inggris berturut-turut tahun 2005 dan tahun 2006 kemudian satu gelar Piala FA 2 piala liga dan 1 gelar community Shield.

Chelsea sendiri sukses lolos ke partai final tahun 2008 Liga Champions tiga berhadapan dengan klub sama-sama Inggris Manchester United namun ketika Inter kalah di bawah kendali pelatih Carlo Ancelotti. namun tahun 2011-2012. Chelsea sukses meraih gelar juara liga Champions ketika mengalahkan Bayern Munchen di partai final di bawah asuhan Roberto di Matteo. 

Di bawah kepemimpinan Roman abramovic Chelsea sukses menjadi salah satu klub top dunia dengan sederet pemain-pemain bintang kelas dunia seperti Didier Drogba Michael essien Andriy Shevchenko AC aicool Fabregas Torres maupun beberapa bahan pengikat seperti peter cek dan juga John Terry sukses mengisi pos tim berjuluk the best ini dan menjadi klub terpopuler baik di Inggris maupun di dunia


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lystha AK

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap