Sejarah Klub Serie A, Bologna

Sejarah Klub Serie A, Bologna 1

Klub yang masih eksis di kompetisi sepakbola Serie A Italia bernama lengkap Bologna Football Club 1909. Klub yang berbasis di Kota Bologna, Emilia Romagna.

Klub ini didirikan pada tahun 1909, dan dijuluki Rossoblu atau si biru merah. Bologna sendiri bermain di stadion mereka bernama stadion Renato Dall’Ara, yang memiliki kapasitas 38 ribu penonton.

Bologna Football Club pernah menjuarai Serie A sebanyak 7 kali, klub ini awalnya dibuat oleh seorang orkestra yang berasal dari negara Austria, yang bernama Emilio Arnstein.

Sejarah Klub Serie A, Bologna 3

Arnstein begitu terpukau dengan dunia sepakbola, hingga membawanya membuat klub sepakbola di Austria yang bernama Black Star F.C.

Ketertarikan nya di dunia sepakbola sudah ia tekuni sejak ia masih di bangku kuliah, ia dan saudaranya akhirnya memutuskan membentuk klub sepakbola tersebut.

Kemudian selang beberapa waktu, ia dan juga petinggi kota Bologna sepakat membentuk klub yang diberi nama Bologna F.C pada tahun 1909, di kota Bologna.

Sponsor utama mereka bernama Carlo Sandoni, dengan beberapa petinggi Bologna yang menjabat sebagai orang penting di Bologna. Salah satunya bernama Louis Rauch yang diangkat sebagai presiden Bologna saat itu.

Sementara Emilio Arnstein dan Leone Vicenzi dibaiat  sebagai anggota dewan dari klub Bologna tersebut. Sementara dengan menggunakan warna Jersey mereka pertama kali yang diklaim mengadopsi Jersey kebanggaan klub Liga Inggris, Crystal Palace, yang menggunakan warna kebangaan mereka biru merah.

Di Awal karirnya menjadi sebuah klub, Bologna melakoni debut pertamanya saat melawan klub amatir bernama Virtus, dan Bologna menang telak saat itu dengan skor akhir 9-1.

Pertandingan tersebut berlangsung pada tahun 1910, dan diperkuat oleh beberapa pemain pertamanya saat itu, salah satunya Pessarelli.

Perjalanan Bologna ke Serie A begitu panjang hingga tergerus perang dunia pertama, setelah perang dunia pertama usai, ia bermain untuk beberpa kompetisi sepakbola di Italia, hingga pernah degradasi ke  Serie C. 

Kemudian pada musim 2007-2008, Bologna yang dikomandoi oleh Daniele Arrigone, sukses meraih tiket promosi langsung ke kompetisi sepak bola teratas di Italia.

Musim yang baik bagi Bologna setelah lama bercokol di kasta bawah Liga Italia, ia menjelma menjadi kekuatan baru di serie A pada musim pertama mereka tahun 2008/2009.

Ia sukses menundukkan raksasa Milan AC Milan, dengan skor 2-1 di San Siro. Awal musim yang baik bagi si biru merah, meski akhirnya mereka harus bermain tak konsisten di pertengahan musim.

Prestasi Bologna

Berbicara prestasi klub asal Bologna ini juga memiliki beberapa prestasi terbaik sejak klub ini berdiri, diantara nya dengan menjuarai kompetisi Serie A sebanyak 7 kali yaitu pada tahun 1925 ; 1929 ; 1936 ; 1937 ; 1939 ; 1941 ; 1964.

Sementara mereka juga pernah meraih trofi Coppa Itakai sebanyak 2 kali pada tahun 1970 dan 1974. Piala Mitropa sebanyak 3 kali pada tahun 1932 ; 1934 ; 1961, dan Piala UEFA Intertoto sebanyak 1 kali yaitu pada tahun 1998.

Meski saat ini Bologna tak meraih banyak penghargaan, namun klub terbilang sukses sejak klub ini berdiri, terbukti dengan beberapa Raihan gelar juara yang mereka raih, pada dekade tahun 1925 hingga 1964.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

All Sport