Sejarah Kota Aceh Besar, Kota Kelahiran Cut Nyak Dien

Sejarah Kota Aceh Besar, Kota Kelahiran Cut Nyak Dien

Kabupaten merupakan salah satu wilayah yang termasuk kedalam wilayah provinsi dari Daerah Aceh Kabupaten Aceh Besar ini dahulu adalah merupakan daerah pemekaran Banda Aceh yang saat ini sudah berdiri menjadi Kotamadya.

Kota ini yang dulunya memang terkenal sebagai wilayah kerajaan dari Aceh di mana Aceh Besar ini merupakan tempat dimana lahirnya pahlawan Cut Nyak Dien yang terkenal dan dulunya memang merupakan sebuah wilayah kerajaan Aceh dari Kota Sabang.

Sejarah Kota Aceh Besar, Kota Kelahiran Cut Nyak Dien

menurut tatanan geografis mayoritas wilayah di Kabupaten Aceh Besar ini merupakan daerah hulu di aliran Krueng di Aceh. 

Sementara ada yang berada di sebelah barat Pulau Sumatera atau bernama Pulau Benggala merupakan pulau yang masuk dalam daerah Aceh Besar.

Sementara ada Bandar Internasional bernama Sultan Iskandar ini merupakan internasional di Indonesia, yang menjadi pusat dari masuknya lalu lintas penerbangan dari luar Aceh.

Bandara internasional sebagai akses masuk keluarnya lalu lintas penerbangan di wilayah Aceh dan masuk dalam wilayah Aceh Besar.

Hal yang dimana salah satu pahlawan nasional Cut Nyak Dien adalah daerah yang merupakan seorang putri bangsawan yang taat dengan

Ia dikenal sebagai seorang yang memiliki semangat juang luar biasa ketika tentara Belanda saat itu beliau pun meninggal pada tahun 1908 di tempat pengasingannya di Sukabumi Barat.

Sedangkan rumah Cut Nyak Dien saat ini sudah direnovasi dan menjadi tempat bersejarah dan banyak dikunjungi oleh banyak di Aceh Besar.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Zaenal