Sejarah Kota Pekalongan Disebut Kota Batik

Sejarah Kota Pekalongan Disebut Kota Batik 1

Pekalongan merupakan Kabupaten yang berada di pesisir Utara Laut Jawa dan masuk dalam provinsi Jawa Tengah. Pekalongan berbatasan dengan Kabupaten Batang di sebelah timur dan di sebelah barat berbatasan dengan Tegal.Kota Pekalongan berada di sebelah timur berjarak sekitar 400 km dari Jakarta dan berjarak 100 km dari kota Semarang.

Kota Pekalongan terdiri dari empat bagian yaitu Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Barat Pekalongan timur, Pekalongan Selatan.Pekalongan disebut kota batik karena banyak produksi batik di kota ini, makanya disebut Kota Batik disetiap rumah-rumah zaman dulu batik diproduksi seperti home industri.

Sejarah Kota Pekalongan Disebut Kota Batik 3

Batik Pekalongan telah menjadi satu dengan Kota Pekalongan, hal ini dibuktikan dengan antusias masyarakat Pekalongan selalu eksis dan tetap bertahan meskipun terkendala zaman, dengan tetap konsisten memproduksi batik-batik lokasi, dengan selalu pemikiran-pemikiran baru, dan batik pekalongan telah jadi nafas masyarakat Kota Pekalongan.

Sejarah

Batik Pekalongan ini telah ada sejak tahun 1800, dan sebenarnya tidak ada yang tahu persis kapan batik Pekalongan ini mulai diproduksi. Batik Pekalongan ini telah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan telah menjadi tradisi Kota Pekalongan sejak awal berdirinya produksi batik dengan 1000 keluarga memproduksi batik lokal.

Hal ini telah menjadi tradisi turun-temurun mulai dari nenek moyangnya yang memproduksi batik, kemudian keturunannya juga semua produksi batik.Sudah menjadi predikat tersendiri bagi masyarakat kota Pekalongan untuk menjadi entrepreneur atau pengusaha, baik pengusaha batik maupun pengusaha di bidang lainnya.

Namun sebenarnya tidak hanya batik saja bagi keluarga yang dulunya tidak memproduksi batik, namun mereka menggeluti bidang lain seperti usaha kain dan juga industri rumah tangga lainnya. Banyak sekali berdiri gerai batik atau toko batik yang biasanya di punyai oleh pribadi maupun kelompok keluarga. Grosir sentono merupakan grosir terbesar yang toko khusus batik dan merupakan pasar terbesar dan paling lengkap di Kota Pekalongan.

Selain itu batik tersedia dalam produksi desain sprei baju sandal dan lainnya. Sebenarnya dijual lagi dengan berbagai motif dan jenis. Sesuai dengan tipe jenis kelamin dan juga usia konsumen. 

Museum Batik

Sejarah Kota Pekalongan Disebut Kota Batik 4

Di Pekalongan sendiri ada namanya museum batik yang sudah ada sejak tahun 1990, yang kemudian direnovasi tahun 1998 sampai dengan sekarang museum tetap dibuka untuk publik. Berbagai jenis dari semua jenis tipe dari batik zaman dulu sampai era modern ini.Selain itu di museum batik ini kita juga bisa belajar membuat batik melalui workshop yang dapat kalian jalankan di sini.

Belajar membatik

Sejarah Kota Pekalongan Disebut Kota Batik 5

Kalian bisa belajar membuat motif batik dengan contoh kecil kain yang disediakan bisa dibawa pulang kenang-kenangan bawa Anda pernah belajar batik.Hal itulah yang menjadi sejarah dimana Kota Pekalongan dijuluki Kota Batik, dan karena memang sejak zaman dulu masyakarat nya memproduksi batik dalam jumlah banyak dan juga di setiap rumah-rumah memang memproduksi batik ini.

Selain itu Pekalongan dijuluki sebagai Kota Batik dunia dan juga dijuluki kota kreatif di Asia Tenggara, karena mayoritas masyarakatnya memproduksi batik. Hal itu dinamakan world city of batik.

Sejarah Kota Pekalongan Disebut Kota Batik 6

Bahwa satu hal yang menjadi pengalaman kita belajar membatik adalah pembelajaran kita dalam hal kesabaran, ketekunan, ketelitian, agar hasilnya juga baik. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Tri Muhammad