Sejarah Masjid Turk, Warisan Budaya di Karachi Pakistan

Sejarah Masjid Turk, Warisan Budaya di Karachi Pakistan

Bangunan suatu masjid selalu dikaitkan dengan beberapa warisan budaya, khususnya antara satu dengan yang lain berbeda, hal tersebut nampak dari desainnya yang mengandung unsur kebudayaan dan di setiap pun berbeda.

Tak terkecuali bangunan masjid bernama , yang berada di ini. Banyak yang mengatakan bahwa masjid ini memang memiliki desain yang kental dengan nuansa desain Turki.

Banyak arsitek-arsitek Turki terkenal, dengan suatu bentuk desain dari orang  yang merupakan seorang pen desain yang berasal dari Turki sukses menunjukkan kemampuannya dengan berbagai desain struktur bangunan bersejarah dunia.

Sejarah Masjid Turk, Warisan Budaya di Karachi Pakistan

Bagaimana tidak, mereka sukses membuat suatu bangunan melalui desain yang hebat dan sangat indah dan elok menurut sejarah. Adanya masjid yang terlihat megah ini, salah satunya menjadi simbol yang cukup bersejarah dan menjadi ikon penting sebagai salah satu desain dari masjid Utsmaniyah yang memiliki karakteristik dengan bentuk kubah di bagian tengahnya yang cukup dikenal, dengan berbagai struktur yang menjadi pendukung masjid ini terlihat semakin indah.

Baca juga  4 Fakta Menarik Negara Pakistan, Ada Jalan Raya Paling Berbahaya di Dunia

Adanya beberapa ornamen – ornamen yang membuat bangunan masjid ini terlihat memiliki struktur secara ikonik, dengan diantara ada bangunan lain dari masjid Ottoman, di Istanbul yang dibuat oleh Arsitek Ottoman saat itu dan dikenal dengan namanya Masjid Biru.

Hal tersebut juga nampak dari struktur bangunan yang sama halnya ada di dan , dimana hal ini juga mengadopsi dari desain di Turki oleh arsitek Turki yang juga memberikan pengaruh terhadap desain bangunan masjid di serta bangunan bersejarah di sekitar .

Sejarah

Ada Arsitek asal Turki yang juga mendesain dan merencanakan untuk membangun bangunan besar juga di daerah , dan Masjid yang terkenal di adalah yang cukup terkenal di daerah , dimana itu menjadi ikon dan tidak lain adalah peran serta dari Arsitek asal Turki yang memberikan kontribusi besar berdirinya bangunan masjid di daerah tersebut.

Baca juga  Jangan Cari Perkara, Negara - Negara Ini Punya Senjata Nuklir

Pada beberapa abad silam, para arsitek yang juga merupakan tokoh sejarawan, tidak memiliki rincian mengenai bangunan masjid yang telah berdiri tersebut.

Karena juga sudah sangat lama masjid itu terbangun. Sebuah tulisan ada dalam bangunan masjid dan belum dapat dipastikan siapa yang telah membuat masjid tersebut dan masih belum terjawab hingga sekarang.

Dalam perjalanannya masjid telah mengalami beberapa renovasi dengan beberapa perubahan bahan seperti di bagian lantai dengan beberapa bahan seperti marmer, dan juga batuan kuning.

Bangunan

merupakan karya perpaduan antara dua arsitek terkenal salah satunya dengan perpaduan arsitek Turki yang juga memberikan kontribusinya terhadap bangunan bersejarah tersebut.

Baca juga  Jangan Cari Perkara, Negara - Negara Ini Punya Senjata Nuklir

Bangunan tersebut dicat dengan warna hijau dengan kombinasi putih, dengan ruangan untuk sholat yang besar, menjadi satu kesatuan dan ada bagian kecil yang menjadi satu.

Sementara pilar utama bangunan, seperti bagian dindingnya terbuat dari bahan marmer dan dengan perpaduan dengan bahan kayu, ada lampu gantung yang terbuat dari bahan cermin putih, dan bagian lantai yang sudah marmer.

Sementara di bagian luar ada bangunan menara dan bagian berbentuk lengkung yang ada di dalam masjid tersebut. Dan masjid ini pada dasarnya berbentuk persegi dengan tambahan menara berjumlah empat dan memiliki bentuk menyerupai sebuah bentuk pensil panjang. Beberapa pandangan mengatakan jika masjid ini ada hubungannya dengan orang Turki atau karena ada campuran dengan desain Turki, dan banyak yang mengatakan jika ada hubungan budaya antara Turki dengan salah satunya adalah di ini.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Zaenal