Sekilas definisi, sejarah, tujuan dan perkembangan INTERNET


Sekilas definisi, sejarah, tujuan dan perkembangan INTERNET 1

Halo teman teman ku dari abad ke-21, apa kabar dalam pandemi covid-19 ini? Baik baik sajakah? Sedang sakit? Atau lagi kena terinfeksi virus? Usahakan tetap jaga kesehatan teman teman, karena sakit itu ngga enak dan sehat itu mahal teman teman.

Pasti nggak asing lagi dari sebuah kata yang terdiri dari 8 huruf dan kegunaannya adalah mendekatkan yang jauh dan mungkin sekarang bisa disebut kebutuhan utama generasi sekarang, apalagi kalau bukan “internet”.

Tau nggak? Menurut survei hootsuite yang diterbitkan tahun 2021, pengguna internet seluruh dunia sudah menyentuh angka 4,6 miliar jiwa dan jika dibandingkan dengan penduduk bumi yang berjumlah 7,7 miliar, maka kurang lebih 60% penduduk bumi sudah terhubung satu sama lain, entah itu jaraknya jauh atau dekat.

Angka segitu nggak sedikit loh teman teman, bahkan sekarang ini masih terus bertambah dan bertambah, ngga tau sampai berapa persen bertambahnya 10 tahun kedepan, apakah sampai 100%? Tapi kalau menurutku sih tidak sampai, mungkin paling tinggi 98% (hanya opini).

Penggunanya internet sekarang nggak cuma orang dewasa aja, balita umur 3 tahun sudah dikenalin internet sama orang tuanya dengan alasan agar anaknya tidak ketinggalan jaman, padahal umur segitu masih umur umur untuk anak mendapatkan kasih sayang orang tua, bukan doktrin pengetahuan internet.

Tapi pernah nggak tiba tiba terbesit di pikiran tentang apa itu internet, sejarahnya dan cara kerjanya? Pasti pernah dan pernah juga mencarinya di internet, tapi penjelasannya terlalu ribet, panjang dan sulit untuk dipahami. Gimana kalau simak penjelasan dibawah, barangkali lebih jelas dan lebih mudah dipahami dari sebelah. Berangkat….

APA ITU “INTERNET”

Menurut wikipedia, internet (portmanteau dari interconnected network) itu adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (tcp/ip) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jaringan privat, publik, akademik, bisnis, dan pemerintah lokal ke lingkup global, dihubungkan oleh beragam teknologi elektronik, nirkabel, dan jaringan optik.

Kalau menurut saya, internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain skala global dengan menggunakan protokol (tcp/ip) agar bisa terhubung dengan perangkat elektronik seluruh dunia yang terhubung dengannya.

SEJARAH “INTERNET”

Kita kembali ke abad ke abad ke-20 sekitar tahun 1969, united states department of defense atau departemen pertahanan amerika serikat melalui lembaga advanced research project agency (a.r.p.a) membuat sebuah proyek jaringan komputer yang bernama advanced research project agency network (arpanet). Arpanet adalah cikal bakal lahirnya internet (interconnection-networking). Proyek arpanet ditemukan dari hasil perpaduan dari perangkat lunak (software) yang berbasis unix dengan perangkat keras (hardware), dari perpaduan itu, para pengembangnya menyadari bahwa proyek tersebut dapat membantu manusia saling terhubung satu sama lain melalui saluran radio.

Pada saat itu saluran radio tersebut dihubungkan dengan komputer di wilayah wilayah rawan guna mengatasi serangan saat perang terjadi dan menghindari pertukaran informasi terpusat.

Dulu arpanet hanya terhubung dengan 4 situs saja, yaitu  stanford research institute, university of california, santa barbara, university of utah. Mereka bekerja sama dan membentuk suatu jaringan terstruktur pada saat itu dan pada bulan oktober 1972, proyek ini dikenalkan kepada khalayak publik. Tak lama setelah itu, proyek arpanet berkembang pesat ke seluruh daerah dan banyak universitas di amerika yang ingin bergabung, sehingga pengembang dari arpanet kewalahan menghadapi dan mengaturnya.

Dari kejadian itu, proyek arpanet dipecah menjadi dua, yaitu milnet yang dikhususkan untuk keperluan jaringan komputer militer dan arpanet dibuat baru yang agak kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas,dsb. Gabungan kedua nya dikenal dengan nama darpa internet, yang kemudian disederhanakan menjadi internet.

Sekitar tahun 1982, protokol standar tcp/ip dikenalkan ke khalayak publik, kemudian pada tahun 1986, sistem nama domain atau yang biasa kenal dengan istilah domain name system (dns) diterbitkan bersamaan dengan national science foundation network (nsfnet). Pada tahun 2000-an, proyek jaringan komputer ini berkembang sangat pesat dan mendunia.

Terus kapan internet masuk ke indonesia?

Sekitar tahun 1992 sampai 1994, indonesia sudah dimasuki jaringan internet global, berkat dari perkumpulan beberapa pihak yang bertujuan untuk sebagai pengembang internet di indonesia, nama perkumpulan itu adalah “paguyuban network”, nama anggota dalam perkumpulan itu sebagai berikut rms ibrahim, adisoemarta, suryono, muhammad ihsan, putu surya, robby soebiakto, firman siregar, adi indrayanto, dan onno purbo. Berterima kasih lah kalian kepada kesembilan orang tersebut, dari merekalah kalian bisa menonton youtube, scroll instagram mantan, scroll tik tok dan buat video joget joget nggak jelas.

TUJUAN “INTERNET”

Proyek arpanet pada awalnya hanya untuk kepentingan militer saja, yang tujuannya bertukar informasi dan sekarang pun masih tetap sama, tetap untuk bertukar informasi.

PERKEMBANGAN “INTERNET”

Dari awal diciptakan pada tahun 1969 hingga mendunia pada tahun 2000-an dan masuk ke indonesia pada 1992-1994, internet terus mengalami pengembangan, dari segi cakupan wilayah, kecepatan, penggunaan dan transmisi.

Dari cakupan wilayah, dulu yang cuma masih daerah sekitar arpanet (amerika serikat), sekarang sudah jauh lagi jangkauan nya, sudah terhubung ke negara-negara tetangga seperti kanada sama meksiko, jadi komunikasi dan pertukaran informasi tidak perlu menunggu hari lagi, bahkan sekarang sudah terhubung ke negara negara lain yang berbeda benua, intinya sudah mendunia lah, maka dari itu, kalau kamu mau nyari pasangan luar negeri seperti dari jepang atau korea selatan, jadi agak gampang, karena kamu sudah terhubung dengan mereka lewat internet . Hal ini dapat dilakukan karena adanya kabel fiber bawah laut dan satelit satelit luar angkasa yang terus membantu penyaluran jaringan internet, guna agar orang orang yang berbeda negara atau benua bisa saling terhubung satu sama lain tanpa perlu ketemu sama orangnya langsung.

Pernah nggak kalian melihat di atas icon jaringan yang ada di gadget kamu ada tulisan e, g, h, h+, 2g, 3g, 4g, 5g? Kalian tau ngga itu apa? Itu adalah hasil perkembangan dari segi kecepatan sinyal jaringan, arti g adalah singkatan dari generasi, saat artikel ini dibuat, generasi yang saya rasakan adalah yang generasi ke-4 dan beberapa tahun kedepan, generasi ke-5 akan diluncurkan dan dapat digunakan oleh warga dunia.

Segi penggunaan, yang dulunya untuk komunikasi antar markas militer, sekarang sudah tembus ke politik, sosial, budaya,dsb.

Banyak alat alat jaringan yang memudahkan kita untuk dalam ber transmisi informasi, hal ini terjadi karena perkembangan transmisi. Alat alat jaringan banyak sekali macamnya, kita bahas di lain artikel.

 


FIRMAN

   

Saya adalah bukan penulis ataupun jurnalis, saya nulis artikel untuk mengabadikan ilmu yang saya ketahui, barangkali berguna bagi orang lain, saya sangat bersyukur, hitung hitung bisa menjadi bekal untuk ke akhirat nanti.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap