Selain Dapat Mencegah Kanker, Ini Manfaat dari Buah Semangka

Selain Dapat Mencegah Kanker, Ini Manfaat dari Buah Semangka 1

Ei para pembaca yang baik, apa kalian penyuka buah-buahan? Apalagi buah semangka? Ya! Selain rasanya yang manis dan segar, buah semangka memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Meskipun yang sedikit mengganggu adalah bijinya, namun hal tersebut bisa diatasi dengan memblendernya menjadi jus bagi kalian yang sama-sama tidak mau ribet jika harus mengkonsumsi buah ini dengan tanpa biji.

Sumber gambar : pinterest 
Sumber gambar : pinterest 

Selain jus, semangka juga biasanya kita temui di olahan makanan lainnya. Seperti di dalam sup buah, es krim, smoothies, dan lainnya. Ya, tidak hanya enak, semangka juga memiliki berbagai macam manfaat loh untuk kesehatan. Apa saja itu? Penasaran? Simak penjelasan seperti ditinjau dan dikutip dari Klikdokter, berikut.

1. Membantu Memenuhi Kebutuhan Air dalam Tubuh

Alias menghidrasi tubuh. Yap, semangka menang memiliki banyak kandungan air. Selain konsumsi rutin air putih tiap harinya, tubuh kita juga bisa mendapatkan tambahan unsur air dari buah semangka. Sebab di dalam semangka terdapat kandungan 92% air yang bisa pula membuat si konsumennya kenyang lebih lama.

Sudah segar, sehat, enak lagi. Betul tak? Wkwk.

2. Memiliki Limpahan Nutrisi di Dalamnya

Sumber gambar : pinterest
Sumber gambar : pinterest

Benar sekali. Kalian sedang tidak salah baca. Semangka mempunyai banyak nutrisi yang memiliki banyak manfaat di dalamnya yang bisa berfungsi bagi tubuh. Buah semangka memiliki kandungan kalori yang rendah, yakni sekitar 46 kalori dari tiap 154 gram buahnya. Dalam satu gelas semangka yang berisi kalori demikian, sama halnya mengandung 20% vitamin C serta 17% vitamin A, magnesium, vitamin B1, vitamin B5, dan B6, karotenoid, juga likopen serta beta-karoten.

3. Mencegah Kanker

Sebab kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah semangka bisa mencegah pertumbuhan kanker juga melawan radikal bebas. Ey, bukan hanya itu saja para pembaca. Semangka juga mampu menghambat tumbuhnya tumor karena kandungan cucurbitacin E-nya.

4. Bisa Jaga Sehatnya Jantung

Sumber gambar : pinterest
Sumber gambar : pinterest

Dalam suatu penelitian mengatakan jika likopen dalam buah semangka bisa menurunkan kolesterol di tubuh. Banyaknya vitamin tadi juga bisa menjaga kesehatan jantung kalian. Bahkan kandungan citrulline dalam semangka bisa menurunkan tekanan darah.

5. Menjaga Sehatnya Sistem Pencernaan

Ya karena banyaknya kandungan air serta serat dalam buah semangka, bisa membantu BAB lebih baik. Selain rasanya yang nikmat dikonsumsi saat panas-panas, buah semangka mampu membuat pencernaan menjadi lebih baik, mengurangi terjadinya sembelit, dan yang jelas sangat berguna bagi tubuh.

Maka, jangan ragu lagi ya untuk makan buah yang satu ini. Tidak ada ruginya kok. (Asal jangan berlebihan).

6. Mampu Turunkan Radang dalam Tubuh

Radang dalam tubuh biasanya terjadi akibat adanya penyakit kronis. Maka, semangka adalah salah satu buah yang bisa mengatasi hal tersebut. Karena tingginya kandungan zat antioksidan di dalamnya.

Kandungan likopen dalam semangka juga mampu menjaga kesehatan otak serta dapat menghambat laju perkembangan penyakit alzheimer.

Nah itu-itu dia tadi manfaat dari buah semangka, para pembaca. Kalau kalian penggemar buah yang satu ini, wah salut. Karena selain banyak kandungan air serta vitamin, buah semangka bisa membantu tubuh kita untuk melawan penyakit tertentu seperti tadi. Siap lah.

Jangan lupa makan buah-buahan ya para pembaca, dan sampai jumpa lagi 🙂

Referensi :

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2696839/manfaat-semangka-yang-perlu-anda-tahu

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Soreane Sore