Selain Menyedapkan Masakan, Ini Manfaat Seledri Untuk Kesehatan


Selain Menyedapkan Masakan, Ini Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

Seledri merupakan salah satu bahan masakan yang mudah kita temukan di dapur. Seledri bermanfaat untuk menambah rasa sedap pada masakan, terutama pada masakan berkuah, seperti bakso, soto, dan sup.

Penggunaan seledri pada masakan biasanya ditambahkan paling akhir saat masakan sudah siap untuk disajikan, yaitu dengan menaburkannya di atas masakan.

Selain untuk menyedapkan masakan, tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Apium Graveolens ini belakangan juga diolah menjadi sajian-sajian yang digemari masyarakat, seperti jus, smoothie, salad, hingga keripik.

Selain untuk menambah rasa sedap pada masakan dan dijadikan olahan-olahan yang digemari masyarakat, seledri ternyata memiliki berbagai kandungan yang baik untuk tubuh.

Dikutip dari jurnal kedokteran UNILA, seledri memiliki kandungan seperti air, karbohidrat, protein, serat, kalsium, zat besi, yodium, kalium, vitamin (A, K, C), dan sebagainya.

Berdasarkan kandungan yang dimiliki seledri tersebut, seledri memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2020 dan dipublikasikan di Jurnal Kefarmasian Indonesia, menjelaskan beberapa manfaat seledri untuk kesehatan tubuh seperti berikut.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Sumber: Pinterest

Beberapa kandungan dalam seledri, ketika dikonsumsi akan melenturkan pembuluh darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah, serta mencegah tekanan darah tinggi.

Selain itu, beberapa kandungan dalam seledri seperti kalium, bersifat diuretik (mendorong produksi urine), sehingga akan mengurangi volume darah untuk menghindari terjadinya hipertensi.

2. Mengobati Reumatik dan Asam Urat

Sumber: Pinterest

Seledri memiliki efek sebagai antiinflamasi (bahan atau obat yang berfungsi mengurangi peradangan atau rasa sakit).

Kandungan antiinflamasi ini dapat dimanfaatkan untuk menangani masalah reumatik dan asam urat.

Pemanfaatan seledri untuk menurunkan kadar asam urat ini dapat dilakukan dengan membuat jus seledri atau rebusan daun seledri yang dikonsumsi secara rutin.

3. Mengatasi Sembelit

Sumber: Pinterest

Kandungan seledri yang paling berperan untuk mengatasi sembelit adalah air dan serat.

Seledri mengandung serat larut dan serat tidak larut yang sangat bermanfaat untuk saluran pencernaan.

4. Menurunkan Demam

Sumber: Pinterest

Seledri dapat digunakan untuk menurunkan suhu tubuh. Caranya ialah dengan menumbuk seledri sampai halus dan tambahakan sedikit air, lalu oleskan seledri yang sudah dihaluskan tersebut di kening.

Selain rutin mengonsumsi olahan seledri, sangat disarankan juga mengonsumsi makanan-makanan sehat lain untuk menjaga kesehatan tubuh.

Imbangi juga dengan olahraga dan gaya hidup sehat agar makanan-makanan sehat yang kita konsumsi dapat berfungsi dengan baik dalam proses metabolisme tubuh.