Selaksa Manfaat dari Aktivitas Menanam Tanaman Hias

Selaksa Manfaat dari Aktivitas Menanam Tanaman Hias 1

Aktivitas menanam tanaman adalah hal yang mendatangkan kebaikan, terutama bagi lingkungan. Salah satu jenis tanaman yang dapat kita tanam di sekitar rumah kita adalah tanaman hias.

Seperti tanaman lainnya, tanaman hias turut memberi kontribusi bagi terciptanya ekosistem yang lebih sehat di Bumi ini. Kehadiran bermacam tanaman hias akan memberikan keseimbangan ekologis bagi lingkungan kita.

Tanaman hias, misalnya, dapat ikut membersihkan karbordioksida dari atmosfir, menyaring zat-zat beracun dan memproduksi oksigen melalui proses fotosintesis. Ini membuat udara di sekitar menjadi lebih bersih.

Tak sedikit pula tanaman hias yang membentuk hubungan simbiosis dengan jamur dan bakteri. Hal demikian pada gilirannya menambah dan meningkatkan nutrisi ke tanah sekitarnya.

Peran tanaman hias dalam ikut meningkatkan keanekaragaman hayati tidak bisa pula dipandang remeh. Dengan jenis dan ragamnya yang melimpah, pembudidayaan tanaman hias akan mendorong terjadinya peningkatan keanekaragaman hayati bukan saja terkait dengan khazanah flora, tetapi juga dengan khazanah fauna.

Beragam tanaman hias dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi capung, kupu, burung serta kumbang. Oleh sebab itu, keberadaan tanaman hias dapat turut menjaga eksistensi beberapa jenis capung, kupu, burung maupun kumbang.

Terkait dengan kesehatan personal, tanam hias juga memberikan manfaat yang tidak kecil. Ada korelasi positif antara tanaman hias dengan kesehatan mental. Selain menambah nilai estetika, tanaman hias yang ditanam di sekitar rumah kita membuat tempat tinggal kita bernuansa lebih alami.

Sejumlah penelitian mengungkap bahwa mereka yang dekat dengan alam merasa jauh lebih bahagia daripada mereka yang tidak. Dan tanaman hias yang ditanam dan tumbuh di halaman rumah dapat membantu kita untuk merasa lebih dekat dengan alam.

Di samping itu, keberadaan tanaman hias juga akan membuat kita lebih damai dan rileks, menjadikan kita tidak mudah mengalami stres. Stres sendiri dapat membuat daya kekebalan tubuh menurun sehingga membuat lebih mudah terserang sejumlah penyakit.

Sejumlah tanaman hias, seperti melati, kenanga, sedap malam, kemuning dan cempaka, misalnya, dikenal pula memiliki aroma yang khas dan harum. Aroma bunga-bunga tersebut dapat berfungsi sebagai aroma terapi yang membuat kita lebih rileks dan membikin suasana hati lebih positif.

Jika suasana hati positif, kekebalan tubuh meningkat. Jika kekebalan meningkat, tingkat kesakitan menurun. Sebuah penelitian di Norwegia menunjukkan bahwa tingkat sejumlah penyakit menurun sampai 60 persen berkat keberadaan tanaman di sekitar rumah.

Di samping sebagai tanaman hias, beberapa tanaman juga dapat berfungsi sebagai obat alami (herbal), yang berguna untuk mengatasi sejumlah gangguan penyakit. Ambil contoh, kembang sepatu yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Lalu, kumis kucing untuk mengatasi gangguan saluran kemih atau juga bunga kaca piring untuk obat diabetes melitus.

Kemampuan belajar

Sementara itu, tanaman hias ternyata dapat membantu pula dalam meningkatkan kemampuan belajar. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk ditanam di lingkungan sekolah maupun kampus perguruan tinggi. Beberapa kajian menyimpulkan bahwa tanaman hias dapat meningkatkan fokus dan kejernihan mental. Hal ini akan membuat kita lebih fokus mengerjakan tugas-tugas yang ada.

Dalam karyanya bertajuk 7 Science-Backed Health Benefits Plants, Karen Reed menyatakan antara lain bahwa baik orang dewasa maupun anak-anak akan mendapatkan keuntungan dengan memiliki tanaman di rumah. Menurutnya, orang dewasa akan mampu lebih fokus pada pekerjaan maupun tugas kampus, sementara anak-anak akan lebih mudah mempelajari pelajaran-pelajaran sekolah.

Lebih jauh, Karen Reed menyatakan bahwa anak-anak yang menderita gangguan mental atau mengalami kondisi mental yang kurang baik juga bisa mendapatkan manfaat dari keberadaan tanaman. Reed berpendapat fitonutrien pada tanaman, yang membantu menenangkan pikiran, dapat menciptakan suasana yang lebih nyaman pada saat belajar.

Nah, mengingat beragam manfaatnya yang tidak kecil, sudah selayaknya kita menghijaukan lingkungan rumah, lingkungan kampus dan sekolah maupun lingkungan kantor dengan menanam aneka tanaman hias.***

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Waku