Selalu Sabar dan Optimis, Inilah 5 Tips Saat Menerima Kritikan Pedas di Tempat Kerja

Selalu Sabar dan Optimis, Inilah 5 Tips Saat Menerima Kritikan Pedas di Tempat Kerja

Saat bekerja di sebuah perusahaan atau dimana saja kita bekerja pastinya sudah menjadi hal yang biasa jika kita sering mendapatkan kritikan dari sesama rekan kerja atau atasan.

Dan biasanya kritikan – kritikan tersebut cenderung pedas dan menyakitkan hati jika didengarkan dan di masukkan ke dalam hati.

Karena itu, kita sebagai pekerja harus tetap sabar dan mampu menghadapi berbagai macam kritikan di dengan 5 cara berikut ini.

Selalu Sabar dan Optimis, Inilah 5 Tips Saat Menerima Kritikan Pedas di Tempat Kerja

1. Selalu Mendengarkan

Selalu dengan posisi mendengarkan saja ketika kita sedang di kritik atau mendapatkan ucapan pedas dan menyakitkan hati oleh sesama rekan kerja atau atasan.

Memang kita akan merasa sedih karena mendengar sesuatu hal yang tidak enak untuk didengar tetapi jangan dipendam dan bersedih terlalu lama, karena hidup ini memang sudah seharusnya mengalami siklus seperti itu dan tetap harus berjalan serta pekerjaan yang harus kamu selesaikan.

Baca juga  Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Saat Proses Wawancara Kerja

Anggap saja ini adalah langkah agar karirmu akan semakin maju dan berkembang.

2. Merespon Segala Sesuatu Dengan Kepala Dingin dan Tenang

Ketimbang kita merasa marah dan kesal karena merespon orang yang sedang beradu mulut terhadap kita, sebaiknya direspon dalam keadaan tenang dan kepala dingin.

Hal itu karena, jika kita merespon dengan rasa marah dan kesal akan berdampak buruk juga bagi kita karena memiliki sikap yang tidak pantas untuk dilakukan.

Tetapi jika kita merespon dengan kepala dingin dan tenang maka mereka  akan menilai bahwa kamu adalah orang yang profesional dan mau berubah demi majunya sebuah perusahaan

3. Jangan Terlalu Dipikirakan dan Dimasukkan ke Hati

Apapun soal pekerjaan yang kita kerjakan, sebaiknya jangan terlalu dipikirkan dan masukkan ke dalam hati, terlebih lagi mengenai kritikan pedas yang orang lain ucapkan kepada kita.

Baca juga  Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Kerja

Ketika sedang merasa lelah, marah dan semua ucapan yang tidak enak di dengar dimasukkan ke hati pastinya kita akan semakin merasa sedih dan bisa saja menjadi stres.

Oleh karena itu, lebih baik tetap bersikap profesional dan mengerti soal penempatan emosional serta urusan pekerjaan dan mana yang memang urusan pribadi.

4. Buatlah Semuanya Menjadi Motivasi

Semua kritikan dan ucapan pedas yang diucapkan rekan kerja kepada kita, sebaiknya hal itu bisa kita jadikan sebagai motivasi supaya ke depannya kita bisa menjadi sesosok orang yang lebih baik lagi.

Memang terkadang kita harus mendapatkan kritikan dan perlakuan yang tidak enak bagi kita dahulu, lalu dari situlah kita akan dibentuk dan maju walaupun seburuk apapun kritikan yang dilontarkan kepada kita asalkan kita bisa berpikir positif dan mau berubah itu bukanlah suatu masalah yang besar.

Baca juga  Temukan Pekerjaan yang Cocok Untukmu Berdasarkan Astrologi

5. Jangan Selalu Bersikap Defensif

Walaupun kita sedang mengalami kritikan negatif dari rekan kerja maupun atasan sebaiknya jangan selalu kita meresponnya dengan cara membela diri.

Meskipun memang merasa tidak salah dalam hal apapun, tetapi lebih baik jika kita mau menerimanya karena mungkin dan bisa saja kritikan tersebut memang benar adanya.

Jika kita ingin maju dan berkembang dalam kita, akan lebih baik jika bisa menerima kritikan dari orang lain walaupun itu adalah kritikan yang pedas dan menyakitkan hati.

Itulah ke – 5 tips yang siap kamu jadikan dan terapkan dalam pekerjaan kamu saat sedang menerima kritikan pedas oleh rekan kerja atau atasan.

Intinya adalah kita harus tetap sabar dan selalu optimis dalam melakukan sebuah pekerjaan, karena itu, tetap berpikir positif dan jadikan motivasi agar kita semakin maju ya !

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng