Selamat Datang Di Era Virtual


Selamat Datang Di Era Virtual 1

Virtual yang berawal dari adanya signal sehingga dengan mudah nya orang bisa berinteraksi hanya dengan melalui komputer , laptop dan ponsel . Biasanya akses yang sering digunakan untuk virtual ini adalah melalui aplikasi khusus untuk melakukan kegiatan virtual atau pun sosial media lainnya .

Manfaat dari era virtual

Berikut beberapa manfaat dari era virtual :

Mudahnya melakukan silahturahmi dengan kerabat keluarga , sahabat , teman dan yang lainnya . Contohnya seperti idul fitri lebaran tahun sebelumnya dan tahun ini dimana masyarakat dilarang untuk mudik , maka kegiatan saling bermaaf maafan ini dilakukan secara virtual . Sehingga adanya hastag di sosial media lebaran virtual .

Memudahkan kegiatan , dimasa pandemi virtual masih menjadi salah satu cara untuk memudahkan kegiatan atau rutinitas yang biasanya dilakukan secara langsung . Misalnya sekolah yang diadakan secara virtual ini , webinar , kegiatan keagaaman seperti kajian online dan yang lainnya.

Menjadi tidak gaptek atau gagap teknologi , dengan adanya virtual ini seseorang akan di paksa secara tidak langsung untuk bisa memahami teknologi ini . Karena di tuntut untuk mengerjakan tugas atau melakukan hal lainya yang harus dilakukan secara virtual .

Nah itulah beberapa manfaat dari virtual , dibalik manfaatnya pasti ada sisi negatifnya . Tidak sedikit juga yang menyalahkan era virtual ini khusus nya untuk anak muda banyak yang terjebak dengan virtual ini ,

Sisi negatif virtual

  • Halusinasi

Kenapa halusinasi ? Karena kita sering berkomunikasi atau bekerja dengan orang lain secara virtual . Oke mungkin sekedar bekerja sama tidak akan terlalu mengganggu halusinasi . Tetapi dengan sering berkomunikasi lebih tepatnya seorang yang sedang merasa dirinya jatuh cinta dengan orang yang dikenal melalui sosial media entah secara sengaja atau pun tidak sengaja maka itu akan membuat nya berhalusinasi .

Mereka akan merasa nyaman dan jatuh cinta hanya dengan modal ketikan , call atau pun vidio call . Tanpa disadari mereka bisa bucin hanya dengan layar ponsel tanpa adanya tindakan nyata . iya dia ada dan nyata tetapi hanya didunia maya  dan itu bisa membuat halusinasi terganggu . Jatuh cinta secara virtual boleh tapi jangan terlalu berlebihan ya , karena jatuh cinta nya virtual tetapi sakit nya nyata .

  • Kurang bersosialisasi

Kurang bersosialisasi dikehidupan nyata , virtual memang asik anda jadi mempunyai banyak teman dari berbagai penjuru di negeri ini indonesia bahkan bisa sampai ke luar negeri , itu bisa menambah pengetahuan anda tentang satu daerah . Tetapi karena terlalu asik dengan dunia virtual anda menjadi kurang respon di dunia nyata . Karena terlalu asik dengan layar ponsel nya .

Nah itulah beberapa dari sisi negatif era virtual .

Itulah kehidupan dimana satu objek mempunyai dua sisi yaitu sisi positif dan sisi negatif .  Tidak usah menyalahkan kemajuan teknologi ini , tidak ada yang salah dengan era digital ini . Justru kita harus mendukung nya dengan memanfaatkannya kearah positif agar kita pun merasakan kemajuan dari teknologi ini .

Maka dengan itu bijaklah menggunakan sesuatu secara online ini seperti penggunaan sosial media dan tetap kendalikan diri juga agar tetap bisa hidup normal didunia nyata . Sehingga bisa hidup seimbang antara virtual dengan kenyataan .


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Siti Holipah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap