Selamat Tahun Baru dan Selamat Hari Introvert Sedunia

Selamat Tahun Baru dan Selamat Hari Introvert Sedunia 1

Hai, bagaimana 2020-mu ?. Ada berapa banyak pelajaran hidup yang di ajarkan semesta untukmu?. Semoga detik ini kita masih mampu berdiri tangguh menjalani ribuan pelajaran hidup lagi di tahun berikutnya ya.

Tahun 2020 kemaren dunia sedang berpihak pada kaum introvert, dimana kita dianjurkan untuk stay at home dan social distancing selama pandemi. Sebagian besar aktifitas dilakukan secara daring sehingga mengurangi segala aktifitas yang dilakukan di luar rumah serta bertemu dengan banyak orang. Keadaan seperti ini justru membuat kaum introvert merasa nyaman dan tidak begitu menyiksa baik dari segi fisik ataupun mental. Justru seakan menemukan surga dunia yang selama ini di bayangkan. Karena dengan melakukan aktifitas di rumah saja tidak akan membuang terlalu banyak energi karena tidak bertemu dengan banyak orang. Justru akan mencharger banyak energi dan akan lebih produktif. seperti kita tahu bahwa kaum introvert akan menemukan banyak ide dan ispirasi ketika dalam keadaan menyendiri. Sehingga tidak jarang hal itu mengakibatkan label ansos (anti sosial) kerap di sematkan pada kaum introvert ini.

Kita hidup di dunia yang didominasi oleh kaum ekstrovert. Maka dari itu memiliki kepribadian introvert seakan sesuatu yang aneh. Beberapa stigma masyarakat seakan memandang introvert adalah pribadi yang sombong, anti sosial, dan penyendiri. Tak jarang memaksa kita untuk berubah menjadi sama seperti mereka.

Susan Cain

Don’t think of introversion as something that needs to be cured.

Quotes ini seakan ada relevansinya dengan dicetuskannya Hari Introvert International yang di publikasikan melalui blognya oleh seorang Psikolog yang bernama Felicitas Heyne anggota afiliasi internasional APA ( American Psychological Association) yang diperingati setiap tanggal 2 Januari. Peringatan pertama hari Introvert Internasional ini dilakukan pada tahun 2011. Dalam blognya Heyne mengajak orang orang untuk memahami introvert sebagaimana kita harus memahami mereka sebagai ekstrovert. Sehingga memberi dukungan terhadap introvert untuk menghadapi dan menerima segala sesuatu yang menjadi jati dirinya. Dengan begitu tidak akan ada lagi stigma negatif tentang arti menyendirinya introvert, pun sebagai introvert juga tidak akan merasa berat untuk menjadi dirinya sendiri. 

Alasan mengapa hari Introvert Internasional jatuh pada tanggal 2 Januari adalah karena tanggal tersebut sebagian besar introvert akan kembali me time lagi setelah berlibur dan bersosialisasi dengan banyak orang untuk menyambut awal tahun. Sekali lagi bertemu dengan banyak orang akan menghabiskan energi mereka dan perlu di recharge untuk mengembalikan energi tersebut dengan menyendiri dan menghindari sosialisasi dengan siapapun. 

 

Lynette Crane

Confident introverts don’t avoid social situations. They just make wise choices. 

Seorang introvert menyendiri bukan karena dia anti social, tapi memang itulah pilihan yang paling bijak untuk menenangkan diri dan mengeksploitasi ide. namun jangan lupa sebagai makhluk sosial kita juga perlu berkomunikasi satu dengan yang lain. Maka untuk kaum introvert jangan terlalu nyaman dan terus menerus menyendiri ya, boleh lah sekali kali mencoba membuka diri dan bersosialisi dengan orang orang sekitar. Semoga artikel kali ini bermafaat ya. Selamat Tahun Baru dan Selamat Hari Introvert Internasional untuk kamu yang berkepribadian istimewa ini.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.