Selamat Tinggal Masa Lalu


Selamat Tinggal Masa Lalu 1

Segala hal yang telah kita jalani selama hidup di dunia ini membuat kita menjadi tahu mana yang benar – benar harus dilakukan maupun tidak. Namun terkadang kita melalui segala hal tanpa tahu resiko yang akan terjadi setelah itu. Jika keberuntungan datang kepada kita maka itu patut untuk disyukuri dan jika tidak maka harus cepat untuk berubah.

Semua yang telah terlanjur terjadi dalam hidup ini sebenarnya menjadi pelajaran bagi kehidupan kita. Apalagi kita sebagai manusia sering melakukan kesalahan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Inilah yang harus segera kita tinggalkan, mengingat kita tidak seharusnya terus berada di jalan yang salah.

Maka tinggalkanlah masa lalu yang benar – benar merugikan diri sendiri. Seperti misalnya kita dahulunya sangat suka sekali menghabiskan waktu dengan kumpul bersama teman untuk bermain game hingga larut malam. Tentu ini tidak ada manfaatnya. Maka untuk sekarang ini kita jangan sampai malah lebih parah dari yang dahulu, misalnya menghabiskan waktu dengan hanya baring saja dan bermalas – malasan padahal usia tidak memungkinkan lagi untuk bermalas – malasan. Jadi, seharusnya kita tinggalkan masa lalu yang kelam itu dan mulai dengan kehidupan yang baru lagi yang lebih bermanfaat, misalnya dengan rajin belajar untuk bisa lulus dengan hasil yang maksimal atau berusaha untuk mendapat pekerjaan sesuai yang kita inginkan.

Sebenarnya, selagi kita masih muda banyak sekali waktu untuk merubah diri kita menjadi lebih baik lagi. Serta, ketika merubah diri kita maka harus adanya niat. Agar masa lalu yang pernah kita lakukan tidak akan terulang untuk kedua kalinya atau sekian kalinya.

Ingatlah bahwa kita hidup hanya sekali. Maka lakukanlah hal yang positif dan teruslah berusaha untuk merubah diri menjadi yang lebih baik lagi. Agar hidup kita berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.

Tentunya dalam hal ini kita seharusnya mengingat bahwa dengan kesalahan yang pernah kita lakukan sebelumnya juga sangat menghancurkan orang terdekat kita yaitu keluarga kita terutama. Seharusnya kita harus dengan cepat sadar bahwa hal tersebut tidak dilakukan lagi. Mengingat orang terdekat sudah sangat kecewa dengan perilaku kita.

Jadi, lupakanlah masa lalumu yang kelam. Tetap semangat dan jangan pernah menyerah melalui segala tantangan. Walaupun melupakan dan meninggalkan masa lalu cukuplah berat. Namun, ingatlah bahwa kebahagiaan harus juga diperjuangkan. Jadi bangkitlah untuk berubah menjadi yang lebih baik lagi. Jangan sampai baru menyesal di hari tua. Kita lupakan semua dan ucapkan selamat tinggal masa lalu. Serta, kita buka lembaran baru dan yakinkan pada diri bahwa kita pasti bisa melewati itu semua.  


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rewina Dianti

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap