Selamat Ulang Tahun Ozzy Osbourne


Selamat Ulang Tahun Ozzy Osbourne 1

Sebagai anak yang tumbuh era 2000-an, saya mendengar lagu Black Sabbath pertama kali tentu saja dalam serial game Guitar Hero dalam Playstation. Lagu apa lagi kalau bukan lagu yang berjudul Iron Man. Sebuah lagu yang lantunan gitar dan vocal yang begitu ikonik dan selalu menempel di telinga saya hingga sekarang.

Hari ini, 3 Desember seorang pelopor dan pendiri Black Sabbath ternyata ulang tahun. Vocalis metal yang dikenal dengan nama Ozzy Osbourne ini lahir di kota Birmingham, Inggris, pada tanggal 3 Desember 1948. Ozzy adalah anak ke 4 dari 6 bersaudara. Ozzy adalah anak dari keluarga kelas pekerja. Sang ayah bekerja sebagai pengrajin perkakas di GEC, lalu ibunya bekerja sebagai karyawan di sebuah pabrik.

Gelar Ozzy ia peroleh ketika dia belajar di sekolah dasar. Sebagai seorang yang mengidap disleksia, Ozzy kecil terus berjuang melawan dalam pelajarannya. Gangguan otak yang itu membuat ia susah untuk membaca dan menulis. Akibatnya, Ozzy sering dibully oleh teman-temannya sebagai anak idiot dan bodoh.

Saat sekolah, Ozzy sangat menyukai mata pelajaran kesenian seperti drama, dan juga menjadi penggemar berat The Beatles ketika berusia 14 Tahun. Ozzy begitu jatuh cinta dengan lagu The Beatles yang berjudul She Loves You. Sehingga kecintaan pada The Beatles pulalah yang meumbuhkan hasrat dan cita-cita Ozzy untuk menjadi penyanyi Rock.

Selamat Ulang Tahun Ozzy Osbourne 3

Pada usia 15 tahun, Ozzy terpaksa keluar dari sekolah dan bekerja sebagai kuli di perusahaan konstruksi. Ozzy juga sempat menjadi tukang ledeng, pembuat perkakas, pekerja di tempat pemotongan hewan. Namun, era itu juga menjadi era paling buruk dari perjalanan hidup ozzy. Ia seringkali melakukan serangkaian kejahatan kecil yang berpuncak dengan hukuman penjara singkat karena perampokan.

Ozzy sempat ditangkap polisi karena merampok dan sang ayah membiarkannya karena dianggap sebagai pelajaran bagi hidupnya. Karir musik Ozzy sendiri dimulai pada tahun 1967. Saat itu,  Geezer Butler merekrut Ozzy sebagai vokalis bersama bandnya yang bernama Rare Breed. Tak lama kemudian, band tersebut bubar. Setelah menempatkan sebuah iklan di sebuah koran, pada 1968 Osbourne dan Butler bergabung dengan gitaris Tony Iommi dan drumer Bill Ward untuk membentuk band yang terinspirasi blues Earth. Sementara earth mendapatkan nama secara lokal, itu tidak lama hingga grup mulai bereksperimen dengan arah yang lebih keras, mengeraskan suara musik yang kemudian mencipatakn genre heavy metal, dimana mereka mendapatkan perhatian dari produser rekaman. Sejak nama grup sudah dipakai oleh grup lain, mereka mengadopsi nama Black Sabbath pada 1969, yang mengambil referensi dari film klasik Boris Karloff.

Film itu menginspirasi mereka dengan lirik-lirik yang memunculkan kengerian dan ketika. Ozzy dan personil lainya begitu tertarik untuk membuat lagu seram dan berat. Black Sabbath akhirnya menjelma sebagai salah satu pelopor band Metal pertama di seluruh dunia. Meskipun kita tahu ada dua band yang sebenarnya sudah mengusung musik Heavy Metal jdi akhir era 60an seperti Uriah Heep dan Deep Purple, Namun kalo didengar dari lagu-lagunya, Black Sabbath hadir dengan musik dan lirik yang jauh lebih berat dan gelap.

Seiring berjalannya waktu, Black Sabbath semakin terkenal dan mendapat banyaj penghargaan. Black Sabbath amenjadi ikon band metal yang memicu lahirnya band Metal baru. Ozzy sempat keluar di thn 1977 dan kembali lagi ke Black Sabbath thn 1978. Tak lama kemudian Black Sabbath menggelar konser untuk mempromosikan album barunya yg berjudul Say Never Die!. Pada konser itu Black Sabbath menghadirkan Van Halen sebagai band pembukanya, yang kelak melambungkan nama Van Halen sehingga menjadi terkenal dan setara dengan Black Sabbath.

Selamat Ulang Tahun Ozzy Osbourne 4

Pada tahun 1979, Ozzy bertekad bulat untuk keluar dari Black Sabbath. Keinginan itu dipicu karena  pertengkaran antara Ozzy dan Tony Iommi. Tony Iommi tidak menyukai gaya hidup Ozzy yg suka mabuk dan narkoba. Ozzy juga sempat bertengkar dengan Geezer Butler yang sama mabuk di kamar hotel lalu dipisahkan oleh Tony Iommi.

Setelah kepergian Ozzy, Black Sabbath akhirnya merekrut mantan vokalisnya Rainbow yaitu Ronnie James Dio. Setelah keluar dari Black Sabbath, Ozzy sempat ingin membuat band baru dengan Gary Moore namun tidak terjadi. Sehingga Ozzy  bersolo karir dengan merilis album pertamanya yang berjudul Blizzard of Ozz dengan merekrut Randy Rhoads, Bob Daisley, Lee Kerslake dan Don Airey.

Dalam perjalanan hiduonya Ozzy pernah memacari putri dari manajernya Black Sabbath bernama Sharon Arden. Sharon Arden menjadi manajernya Ozzy dan mereka menikah pada tahun 1982. Ozzy juga sempat stres berat hingga membatalkan konsernya saat mendengar kabar Randy Rhoads tewas karena kecelakaan pesawat pada tahun 1982. Gary Moore sempat ditunjuk sebagai penggantinya namun Gary menolak, hingga pilihan jatuh ke tangan Jake E.Lee.

Meski sering gonta-ganti formasi, bandnya Ozzy ini bisa dibilang sukses karena albumnya selalu meraih platinum. Di album No Rest for the Wicked thn 1988, Ozzy baru saja merekrut salah satu gitaris terbaik dunia yaitu Zakk Wylde. Single Mama I’m Coming Home adalah single Ozzy yang paling terkenal pada 1991. Pada 1997, akhirnya Ozzy balik lagi dengan Black Sabbath dan sukses membuat festival musik Metal yang dinamakan Ozzfest di tahun 1996.

Selamat Ulang Tahun Ozzy Osbourne 5

Ozzfest masih tetap berjalan hingga sekarang, dan sukses menghadirkan band-band Metal kelas dunia. Ozzy hingga sekarang tetap bertahan bersama Black Sabbath dan pernah sukses membuat acara Reality Show di TV. Program itu membahas sepputar keluarganya yaitu The Osbournes.

Sepanjang karirnya, Ozzy tidak bisa lepas dari kontroversi. Mulai dari lirik lagu dan keanehan yang ia lalukan di panggung. Ozzy juga sempat dituduh mengajarkan aliran sesat kepada pemuda saat mendengarkan lirik lagu “Mr.Crowley”. Ia dituduh sebagai pemuja Aleister Crowley, yaitu pendiri agama sesat. Pada tahun 1981, Ozzy melakukan aksi  menggigit burung merpati dan kelelawar yg masih hidup hingga mati dan mengeluarkan banyak darah. Tidak lupa juga kontroversi lirik Suicide Solution yang dituduh sebagai lirik yang mengajarkan anak muda untuk bunuh diri.

Terlepas dari banyaknya kontroversi, Ozzy dan Black Sabbath tetap menjadi pelopor musik metal, dan berkat mereka saya bisa mendengar band-band metal berkelas dan juga  yang lahir setelahnya untuk mengisi satu bagian dalam hidup saya.  Selamat Ulang Tahun Pangeran Kegelapan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Wanda Rahmat Putra

   

Hanya pelaku dan penikmat kesenian. Kebetulan menyukai teater, sehingga lagi aktif di komunitas Actor Idea Padang Panjang. Hobinya begadang, sambil baca-baca buku, juga berdiskusi hingga belajar nulis.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap