Semua Tahapan Skincare-mu Sia-sia Kalau Melewatkan Satu Tahap Ini!

Semua Tahapan Skincare-mu Sia-sia Kalau Melewatkan Satu Tahap Ini! 1

Dunia kecantikan dan perawatan wajah seolah tidak ada habisnya untuk kita ulas. Berbagai produk dan metode-metode untuk memaksimalkan skincare semakin  banyak beredar di media sosial yang bersumber dari berbagai penjuru dunia.

Saat ini, ada berbagai macam produk skincare dari berbagai brand yang viral dan menjadi ‘racun’. Namun, tau nggak sih kalau semua tahapan skincare kamu nggak akan maksimal kalau melewatkan satu tahapan ini? Satu tahapan penting itu adalah menggunakan tabir surya. Nah, di sini kita akan membahas pentingnya menggunakan tabir surya di antara semua tahan skincare kamu yang lain.

Semua Tahapan Skincare-mu Sia-sia Kalau Melewatkan Satu Tahap Ini! 3

Sinar matahari sudah menjadi sahabat untuk kita yang memang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, tapi sinar matahari juga bisa menjadi musuh berat untuk kesehatan kulit kita. Sinar UV pada matahari membawa banyak pengaruh buruk untuk kulit, seperti kulit menggelap, sunburn, memicu timbulnya flek hitam, menyebabkan penuaan dini hingga yang terparah adalah kanker kulit.

Tabir surya sendiri melindungi wajah dengan cara menyerap atau memantulkan sinar UVA dan UVB yang mengenai wajah sehingga wajah terlindungi dari paparan sinar matahari.

Meningkatkan Kelembapan Kulit Wajah

Formula tabir surya atau sunscreen/sunblock biasanya hampir mirip dengan pelembab wajah pada umumnya yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

Mengurangi Risiko Terkena Kanker Kulit

Radiasi sinar UVB dalam matahari banyak memberi pengaruh buruk bagi kulit. Selain bisa membuat kulit terbakar (sunburn), paparan sinar UVB yang terus-menerus bisa menyebabkan kanker kulit atau melanoma. Satu-satunya cara untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan tabir surya secara disiplin setiap harinya.

Mencegah Penuaan Dini

Selain sinar UVB yang bisa menyebabkan kanker kulit, ada pula sinar UVA yang bisa merusak sel-sel kulit yang terkena sinar matahari dan menyebabkan garis-garis halus pada wajah (keriput), menimbulkan flek-flek hitam, hingga berkurangnya elastisitas kulit.

Penggunaan tabir surya pun harus dilakukan secara benar agar perlindungan dari tabir surya bisa bekerja dengan maksimal. Berikut ini cara penggunaan tabir surya yang dianjurkan:

  • Gunakan tabir surya setiap hari, bahkan saat tidak keluar rumah. Hal ini dianjurkan karena paparan radiasi sinar UV bukan hanya saat kulit kita terpapar langsung oleh sinar matahari, tapi saat kita berada di dalam rumah pun begitu. Sinar lampu dan radiasi-radiasi dari peralatan di  dalam rumah pun dapat menyebabkan penuaan dini.
  • Gunakan tabir surya 15-30 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari langsung. Gunakan tabir surya dengan takaran secukupnya dan tidak terlalu sedikit. Beberapa pakar kulit dan kecantikan mengatakan bahwa takaran penggunaan tabir surya ada dua ruas jari untuk wajah. Dan jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang tabir surya minimal setiap 2 jam.
  • Setelah pulang ke rumah sehabis beraktivitas di luar, segera bilas bagian tubuh yang dioleskan tabir surya karena beberapa tabir surya memiliki kandungan yang dapat memicu komedo.

Nah, itu dia kenapa sangat penting menggunakan tabir surya dalam rangkaian skincare yang kita lakukan. pilih sunscreen yang sesuai dengan kondisi wajah dan jangan malas pake sunscreen lagi, yah.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.