Seni Musik Lo-Fi: Menenangkan dan Fokus

Seni Musik Lo-Fi: Menenangkan dan Fokus

Apakah sebelumnya kamu sudah mengetahui musik Lo-Fi? jadi, musik Lo-Fi ini kepanjangan dari “Low Fidelity” musik ini memiliki kualitas suara yang lebih rendah dari kebanyakan musik pada umumnya.

Banyak juga yang menyebutnya gabungan antara hip-hop dan jazz, tapi apapun itu biasanya orang mengenal dengan musik ambience (suara desir ombak, rintik hujan, sepoi angin serta gemericik air). 

Jenis musik ini sempat eksis pada tahun 90-an dan belakangan mulai populer kembali di platform streaming yaitu YouTube Live serta Spotify. 

Sedangkan menurut laman MasterClass, musik Lo-Fi mengacu pada musik dengan karakteristik yang khas, yaitu suara rendah dan tidak halus dengan sedikit kebisingan.

Baca juga  Mitos atau Fakta? Penggunaan Earphone yang Lama Dapat Menyebabkan Ketulian!
Seni Musik Lo-Fi: Menenangkan dan Fokus
Seni Musik Lo-Fi: Menenangkan dan Fokus

Kalau kamu memang memilih mendengarkan musik saat mengerjakan sesuatu, musik jenis ini wajib menjadi opsi ketika jenuh mendengar musik pop.

Musik yang menenangkan tanpa suara, membantu kamu berpikir fokus, namun saya yakin banyak yang tidak setuju dengan opini ini.

Atau kamu memang lebih memilih suasana hening tanpa suara untuk bisa berfokus? apapun itu lakukan supaya pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik.

Baca juga  Kita, Pemuda Miskin Literasi

Kembali ke musik Lo-Fi, kamu bisa melakukan pencarian melalui platform Spotify dengan keyword “lofi” atau melalui YouTube Live, berikut salah satu contoh channel yang 24 jam streaming live music Lo-Fi : Chill Hop, Lofi Girl, Dreamy dan The Bot Leg Boy. 

Seni Musik Lo-Fi: Menenangkan dan Fokus

Menariknya lagi channel YouTube “Answer In Progress” pernah melakuan penelitian mengenai Lo-Fi dan mendapatkan view 2,1 juta.

Mereka menyebutkan ada beberapa komponen penyusun musik jenis ini, yaitu Jazz Instrumental, ketukan drum dengan bass dan snare (boom – bap) yang dipelopori oleh produser dan rapper J Dilla, biasanya ketukan bass dan snare musik Lo-Fi diputar 75 hingga 90 ketukan permenit.

Baca juga  Berkendara di Jalan Raya Jaman Now, Sekolah Kesabaran Gratis

Biasanya setiap orang mempunyai kapasitas dan tipe pekerjaan yang berbeda yang menuntut mereka berfokus 100% atau mungkin kamu lebih suka suasana hening untuk mengerjakan sesuatu? 

Menurut channel tersebut, musik Lo-Fi mempunyai dua manfaat, yaitu membantu memblokir suara yang menggangu serta menjadi stimulan untuk mengerjakan sesuatu dengan nada-nada mereka yang halus. Jadi gimana, sudah mendengar Lo-Fi hari ini?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fitra Suseno